Sukses


Bacaan Doa ketika Mendapat Rezeki atau Bantuan Tak Terduga

Bola.com, Jakarta - Ketika kehidupan menghadirkan rezeki yang tak terduga, doa menjadi wadah untuk menyuarakan syukur dan permohonan yang tulus kepada Sang Pencipta.

Dalam setiap perjalanan hidup, kadang kita dihadapkan pada momen-momen di mana rezeki atau bantuan datang dengan cara yang tak terduga.

Rezeki yang datang tanpa kita prediksi sering kali membawa kebahagiaan yang mendalam. Saat mendapatkan rezeki, kita perlu mengungkapan terima kasih dan doa yang khusyuk.

Doa menjadi alat untuk mengekspresikan rasa syukur atas anugerah yang diberikan sekaligus memohon agar rezeki yang diperoleh dapat bermanfaat serta menjadi berkah bagi kehidupan kita dan orang-orang di sekitar kita.

Setiap doa memiliki kekuatan tersendiri dan menjadi wujud penghormatan atas karunia yang diterima.

Berikut bacaan doa ketika mendapat rezeki atau bantuan tak terduga, disadur dari Dream, Senin (8/1/2024).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa ketika Mendapat Rezeki atau Bantuan Tak Terduga

Janji Allah Swt. untuk memberikan bantuan kepada hamba-Nya tertulis dalam wahyu-Nya dalam Al-Quran (QS. Ath Tholaq: 2-3). Janji ini terutama diberikan kepada hamba-Nya yang bertakwa.

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا } { وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

"Barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan jalan keluar baginya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka."

Doa ketika Menerima Bantuan yang Tidak Terduga

اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْئَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلَالًا وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعْبٍ وَلَا مَشَقَّةٍ وَلَا ضَيْرٍ وَلَا نَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍ

Innaka 'ala kulli ta'bin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin wa laa nashobin rizqan halalan wasi'an thoyyiban min ghairin, allahumma innii as'aluka an-tarzuqani syai-in qadir.

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa ketika Mendapat Rezeki atau Bantuan Tak Terduga

Doa ketika Menerima Bantuan yang Tidak Terduga

Apabila mendapatkan bantuan yang tak disangka, dianjurkan membaca doa ketika menerima bantuan yang tidak terduga berikut ini:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Ahamdulillahil ladzi rozaqoni hadza min ghairi hawlin minni wala quwwatin. Allohumma barik fihi.

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang telah memberikan rezeki ini kepadaku tanpa daya dan upayaku. Ya Allah, berilah keberkahan di dalamnya."

اللَّهُمَّ يَا مُفْرِجَ الْهَمِّ، وَيَا كَاشِفَ الْغَمِّ، وَيَا رَافِعَ الضُّرِّ، وَيَا مُجِيبَ دَعْوَةِ الْمُضْطَرِّ، ارْزُقْنِي رِزْقًا حَلَالًا طَيِّبًا تَرْضَى بِهِ نَفْسِي وَتَقْبَلُهُ مِنِّي

Allahumma ya mufrijal hammi wa ya kasyifal ghammi wa ya rafi'ad dzarri wa ya mujiba da'watil mudhtar, arzuqni rizqan halalan thayyiban tardha bihi nafsi wa taqbaluhu minni.

Artinya:

"Ya Allah, wahai yang menghilangkan kesusahan, wahai yang menghilangkan kesedihan, wahai yang mengangkat kesulitan, wahai yang mengabulkan doa orang yang terdesak. Berilah aku rezeki yang halal dan baik yang dapat menyenangkan hatiku dan Engkau menerima dariku."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Ketika Mendapat Rezeki atau Bantuan Tak Terduga

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ النَّارِ، وَأَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، وَأَسْأَلُكَ الْغِنَىَّ بِالْحَلَالِ

Allahumma inni as-aluka al-fawza bil-jannah, wa a'udhu bika min an-nari, wa as-aluka al-'afiyah fi ad-dunya wal-akhirah, wa as-aluka al-ghinaya bil-halal.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk meraih kebahagiaan surga, aku berlindung kepada-Mu dari neraka, aku memohon kesehatan dan keselamatan di dunia dan akhirat, dan aku memohon kekayaan dengan cara yang halal."

اَللّٰهُمَّ اَكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak-finii bihalaalika ‘an haraamika, wa ‘aghninii bifadhlika ‘amman shiwaaka.

Artinya:

"Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu." (HR Tirmidzi) 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Arini Saadah. Published: 19/9/2023)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer