Sukses


7 Hadis tentang Suami Menyakiti Istri yang Bisa Diresapi dan Direnungkan

Bola.com, Jakarta - Peran seorang suami terhadap istri sangat penting dan telah diatur dalam ajaran Islam.

Tugas seorang suami mencakup mengambil keputusan yang bijak untuk kebaikan keluarga, memberikan petunjuk moral, dan memastikan keamanan serta kesejahteraan keluarga secara keseluruhan.

Pada hakikatnya, seorang suami wajib menjadi kepala keluarga yang mengayomi keluarganya menuju jalan yang benar sesuai ajaran Islam.

Itulah mengapa, haram hukumnya seorang suami bebas mengatur-atur, berkata kasar, atau menyakiti hati istrinya.

Islam mengajarkan bahwa suami harus memperlakukan istrinya dengan lembut, menghormati hak-hak mereka, dan mencintai mereka dengan penuh kasih sayang.

Sebagai pengingat bersama, ada beberapa hadis tentang suami menyakiti istri yang bisa diresapi dan direnungkan.

Berikut tujuh hadis tentang suami menyakiti istri, Selasa (9//1/2024).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Suami Menyakiti Istri

Hadis tentang Suami Menyakiti Istri (1)

"Mu’awiyah bin Haidah pernah bertanya kepada Rasulullah, Wahai Rasulullah, apa saja hak istri terhadap suaminya? Rasulullah pun menjawab, Engkau beri makan istrimu jika engkau makan, dan engkau beri pakaian jika engkau berpakaian. Janganlah engkau memukul wajahnya, jangan menjelekkannya, dan jangan mendiamkannya kecuali di dalam rumah." (HR. Abu Dawud)

Hadis tentang Suami Menyakiti Istri (2)

"Dari Abdullah bin ‘Amr, beliau Shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda, 'Orang yang imannya paling sempurna di antara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya'." (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majjah)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Suami Menyakiti Istri

Hadis tentang Suami Menyakiti Istri (3)

"Seseorang cukup dipandang berdosa jika ia menelantarkan belanja orang yang menjadi tanggung jawabnya." (HR. Abu Dawud, Muslim, Ahmad, Thabrani)

Hadis tentang Suami Menyakiti Istri (4)

"Takutlah kalian kepada Allah Swt. tentang urusan istri kalian karena sudah mengambilnya dengan amanat dari Allah Swt. Serta kalian halalkan farjinya dengan kalimat Allah Swt. Maka, hak kalian atas mereka adalah supaya mereka kaum istri jangan mengizinkan orang yang kalian benci masuk ke rumahmu. Jika sampai mereka melakukannya maka pukullah dengan pukulan yang tidak menyakiti. Sedangkan hak mereka atas kalian adalah kalian berikan nafkah dan pakaian dengan cara yang baik." (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Suami Menyakiti Istri

Hadis tentang Suami Menyakiti Istri (5)

"Janganlah seorang mukmin laki-laki membenci seorang wanita mu’minah karena jika ia melihat ada akhlaknya yang tidak disenangi, niscaya ia akan menemukan akhlak lain yang ia senangi."(HR. Muslim)

Hadis tentang Suami Menyakiti Istri (6)

"Hendaklah engkau memberinya makan jika engkau makan, memberi pakaian jika engkau berpakaian, tidak memukul wajah, tidak menjelek-jelekkannya ..." (HR. Ibnu Majah)

Hadis tentang Suami Menyakiti Istri (7)

"Tiga golongan yang Allah Swt. tidak akan melihat mereka di hari kiamat adalah orang yang durhaka kepada orang tuanya, perempuan yang menyerupai laki-laki, dan ad-dayyuts atau seorang suami yang membiarkan perbuatan buruk di keluarganya." (HR. An-Nasa'i)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer