Sukses


9 Hadis tentang Akidah yang Bisa Jadi Panduan

Bola.com, Jakarta - Akidah merupakan satu di antara konsep penting dalam agama Islam. Secara umum, akidah dapat didefinisikan sebagai keyakinan atau kepercayaan yang kukuh terhadap ajaran-ajaran agama.

Dalam Islam, akidah memiliki peran penting karena merupakan landasan utama bagi setiap muslim dalam menjalani kehidupannya.

Akidah tidak hanya sekadar keyakinan atas keberadaan Allah Swt., tetapi juga mencakup keyakinan terhadap nabi-nabi, kitab-kitab suci, malaikat, hari kiamat, serta takdir.

Akidah juga mencakup konsep tauhid, yaitu keyakinan akan keesaan Allah Swt. yang menjadi landasan utama dalam beribadah.

Jadi, akidah merupakan dasar dari praktik dan kehidupan seorang muslim karena keyakinan yang kuat dan benar dalam akidah akan membimbing tindakan dan perilaku sehari-hari.

Selain itu, akidah menjadi sebagai landasan untuk memahami dan menjalankan ajaran Islam secara menyeluruh.

Ada banyak hadis yang menyoroti tentang akidah yang bisa jadi panduan di kehidupan sehari-hari.

Berikut sembilan hadis tentang akidah, Kamis (11/1/2024).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Akidah

Hadis tentang Akidah (1)

"Demi yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya. Tidaklah mendengar tentangku seorang dari umat ini, baik ia seorang Yahudi maupun Nasrani, lalu ia meninggal dunia (dalam keadaan) tidak beriman terhadap apa yang aku diutus dengannya (agama Islam) kecuali ia (pasti) termasuk (menjadi) penghuni neraka." (HR. Muslim)

Hadis tentang Akidah (2)

"Sesungguhnya orang-orang mukmin yang terbaik (mulia) adalah orang yang paling baik akhlaknya." (HR. Abu Hurairah)

Hadis tentang Akidah (3)

"Beritahu aku tentang iman! Rasulullah menjawab, 'Engkau beriman kepada Allah, Malaikat-Nya, Kitab-Kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, hari akhir, dan takdir (ketetapan Allah) yang baik maupun yang buruk'." (HR. Bukhari)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Akidah

Hadis tentang Akidah (4)

"(Ada) tiga hal yang barang siapa memilikinya di dalam dirinya maka ia akan menemukan manisnya iman, (yaitu); Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai daripada selain Keduanya, ia mencintai seseorang yang ia tidak mencintainya kecuali karena Allah dan ia merasa benci untuk kembali kepada kekufuran sebagaimana ia merasa benci jika dilemparkan ke dalam neraka." (HR. Bukhari)

Hadis tentang Akidah (5)

"Tidaklah kalian percaya kepadaku sedangkan aku adalah kepercayaan Zat yang di langit." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Akidah (6)

"Sesungguhnya Allah telah mengharamkan atas neraka siapa saja yang berkata, 'Laa Ilaa ha Illalah' berharap dengan ucapannya itu wajah Allah." (HR. Al Bukhari)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Akidah

Hadis tentang Akidah (7)

"Siapa yang hidup dari kalian setelahku maka akan melihat perselisihan yang banyak, wajib atas kalian untuk mengikuti sunahku dan sunah para khulafa’ rasyidin yang mendapatkan petunjuk setelahku, berpegang teguhlah dan gigitlah dengan gigi geraham kalian. Hati-hatilah dari perkara baru dalam agama; karena semua perkara baru adalah bid’ah dan semua kebidahan adalah kesesatan." (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi)

Hadis tentang Akidah (8)

"Sesunggguhnya Allah tatkala menetapkan takdir makhluk, menulis di sisinya di atas arsynya ‘sesungguhnya rahmatku mendahului marahku." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Akidah (9)

"Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sampai mereka bersaksi bahwasannya tidak ada ilah (Tuhan) yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwasanya Muhammad adalah utusan-Nya."  (HR. Bukhari, Muslim)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer