Sukses


Mengenal Karakteristik Benua Amerika, Ciri-Ciri, Pembagian Wilayah, dan Negara-negaranya

Bola.com, Jakarta - Benua Amerika merupakan satu di antara benua terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Benua Amerika diketahui menjadi benua terbesar kedua setelah Asia, dengan luas wilayah sekitar 42.292.000 km.

Dengan luasnya yang mencakup berbagai iklim, dari hutan hujan tropis hingga gurun pasir yang luas, benua ini menjadi rumah bagi berbagai ekosistem yang unik.

Berdasarkan sejarah, Benua Amerika kali pertama ditemukan oleh seorang pelaut dari Italia bernama Christopher Colombus, pada 1 Agustus 1498. Colombus menginjakkan kaki pertama kali di daratan Amerika, di Semenanjung Paria atau yang sekarang dikenal dengan nama Venezuela.

Pemberian nama Amerika berasal dari nama seorang pelaut Italia, yakni Amerigo Vespucci. Amerigo berhasil melakukan penjelajahan hingga ke Amerika pada 1501-1503. Sementara, Christopher Colombus, namanya diabadikan sebagai nama sebuah kota di Amerika.

Amerika tidak hanya kaya akan keindahan alam, tetapi juga memiliki keberagaman budaya yang menakjubkan. Dari pesisir timur hingga barat, dari utara hingga selatan, setiap bagian benua ini menyajikan warisan budaya yang memikat dan menyatu dalam perpaduan tradisi yang kaya.

Berikut karakteristik benua Amerika, ciri-ciri, pembagian wilayah, dan negara-negaranya, dilansir dari Bahan Ajar IPS Kelas IX terbitan MGMP Pati, Jumat (12/1/2024).

2 dari 7 halaman

Karakteristik Benua Amerika

Benua Amerika sering juga disebut sebagai Benua Merah. Sebutan itu didapat karena benua tersebut terdapat Suku Bangsa Indian. Suku Indian tidak berkulit merah sebenarnya, kulit mereka terlihat merah karena suku indian suka melumuri kulit dengan cat berwarna merah.

Benua Amerika adalah suatu daratan yang sangat luas di bagian barat bumi, mencakup bumi belahan utara dan bumi belahan selatan. Wilayahnya dibagi menjadi Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Benua ini awalnya dijuluki dengan "Dunia Baru". Benua ini dikenal sesudah kedatangan Columbus tahun 1492. Nama Amerika diambil dari Amerigo Vespucci seorang penjelajah berkebangsaan Italia.

3 dari 7 halaman

Ciri-ciri Benua Amerika

Letak Benua Amerika

Secara astronomis Benua Amerika terletak antara 830 LU – 550 LS dan 1700 BB - 350 BB. Amerika adalah benua terbesar sesudah Asia. Luasnya ±42.575.526 km2 .

Batas benua Amerika

Sebelah Utara adalah Samudra Arktik. Sebelah selatan adalah Laut Weddel, Samudra Atlantik, dan Samudra Pasifik. Sebelah timur adalah Samudra Atlantik. Sebelah barat adalah Samudra Pasifik.

Karakteristik Alam

  • Puncak tertinggi: Gunung Aconcagua (6.960 m)
  • Bagian terendah: Death Valley (86 m di bawah permukaan laut)
  • Sungai terpanjang: Sungai Amazon (6.300 km)
  • Danau Terbesar: Danau Michigan (58.016 km2)
4 dari 7 halaman

Bentang Alam Benua Amerika

  • Bagian barat wilayah benua Amerika didominasi oleh barisan pegunungan yang memanjang dari Alaska di utara hingga ujung Amerika Selatan di selatan.
  • Pegunungan yang utama yaitu Rocky Mountains (di wilayah Amerika Utara) dan Cordelleras De Los Andes (di wilayah Amerika Selatan). Jajaran pegunungan yang lebih kecil (dari utara hingga selatan) yaitu Alaska Range, Mackenziie Mountains, Coast Mountains, dan Sierra Madre Occidental.
  • Puncak tertinggi yaitu sebuah gunung Aconcagua (±6.960 m) yang terletak di Argentina. Pegunungan di barat Benua Amerika tersebut termasuk deretan pegunungan Sirkum Pasifik, yang gunung-gunung apinya tergolong masih aktif.
  • Kebalikan dari bagian barat, bagian tengah hingga timur benua Amerika relatif lebih landai membentuk suatu dataran dan pesisir pantai. Dataran rendah yang terkenal, misalnya dataran rendah di sekitar aliran sungai Missisipi (Amerika Utara) dan dataran rendah di sekitar aliran sungai Amazone (Amerika Selatan).
  • Di bagian tengah benua ini (Amerika Tengah) ditemukan plato, depresi, serta tanah genting. Misalnya Plato Tengah (2.500 m) bagian dari Pegunungan Mesa Central. Plato ini bersekat-sekat, dan melandai ke utara.
  • Depresi Celah Nicaragua ini memisahkan rangkaian pegunungan yang melintasi Guatemala, El Savador, dan Nicaragua. Depresi itu membentuk suatu dataran rendah dengan dua danau besar, yakni Danau Managua dan Nicaragua. Tanah genting ditemukan di wilayah Panama.
  • Bagian utara wilayah benua ini didominasi oleh cekungan. Sebagian besar danau di benua ini terdapat di Amerika Utara. Danau utama yaitu Great Lakes (Danau Superior, Huron, Michigan, Ontario, Erie), adalah danau terbesar di dunia.
  • Sungai-sungai utama yang mengalir di wilayah benua ini yaitu Sungai Missouri, Mississippi, Sungai Rio Grande, Sungai Colorado, Sungai Hudson, Sungai Amazone, Sungai San Juan, Sungai dan Parana.
  • Titik terendah di benua Amerika yaitu Death Valley (±86 m di bawah permukaan laut).
5 dari 7 halaman

Sosial Budaya Benua Amerika

Sebelum kedatangan penjelajah dari Eropa (Portugis dan Spanyol), benua Amerika sudah berpenghuni. Di bagian utara terdapat bangsa Indian dan Eskimo, bagian selatan dihuni bangsa Inca, dan beberapa suku menghuni wilayah tengah.

Dari penyelidikan purbakala diketahui bahwa mereka bahkan sudah mempunyai kebudayaan tinggi. Misalnya, bangsa Inca di Peru, bangsa Astec di Meksiko, dan Chebche di Colombia.

Sesudah kedatangan bangsa Eropa dan migrasi bangsa Asia (ras Mongoloid), penduduk benua ini makin beragam ras, juga bahasa dan agamanya.

  • Jumlah penduduk Amerika pada pertengahan 2007 mencapai 904 juta jiwa. Wilayah dengan penduduk terpadat yaitu Amerika Selatan (Argentina, Brasil, Kolombia, dan lain-lain).
  • Agama utama Sebagian besar penduduk Amerika Tengah dan Selatan yaitu pemeluk Katolik Roma. Di wilayah bagian utara sebagian besar penduduk yaitu pemeluk Kristen Protestan.
  • Bahasa yang digunakan secara resmi yaitu Inggris dan Prancis. Namun, beberapa bahasa lain juga bisa dijumpai seperti bahasa Spanyol dan Italia.
6 dari 7 halaman

Perekonomian Amerika

Negara-negara di Amerika Utara tergolong negara maju. Kegiatan industri dan perdagangan menjadi penopang penting dalam perekonomian negara-negara di kawasan tersebut.

Dalam kegiatan agraris pun (pertanian, peternakan, dan perikanan), konsep dan peralatan modern sudah diterapkan.

Selain itu, kegiatan pertambangan dan pengolahannya berperan penting. Sebaliknya, beberapa negara di Amerika Selatan masih tergolong sebagai negara berkembang. Perekonomian didukung oleh suatu kegiatan pertanian dan perikanan, serta pertambangan.

7 dari 7 halaman

Pembagian Wilayah dan Negara di Benua Amerika

Wilayah Benua Amerika, terbagi atas tiga wilayah, yakni sebagai berikut:

 Amerika Utara

Wilayah Amerika Utara ini terbentang dari Kutub Utara ke selatan sampai dengan Jazirah Florida dan dari Samudra Pasifik ke timur sampai Samudra Atlantik, mencakup bagian utara Meksiko, Teluk Meksiko, daratan Amerika Serikat, Kanada, dan Kepulauan Arktik.

Luas wilayah Amerika Utara ±24.500.000 km².

1. Kanada

2. Amerika Serikat 

3. Meksiko

 

Amerika Tengah

Wilayah Amerika Tengah ini meliputi suatu wilayah Kepulauan Karibia di Samudra Atlantik dan daratan Amerika Tengah, (mencakup seluruh Meksiko).

Luas wilayah Amerika Tengah ±253.926 km²

1. Kepulauan Bahama

2. Republik Kuba

3. Haiti

4. Republik Dominika

5. Puerto Rico

6. Saint Kitts dan Nevis 

7. Martinique

8. Antigua dan Barbuda

9. Barbados 

10. Jamaika

11. Saint Lucia 

12. Saint Vincent dan Grenadine

13. Belize 

14. Guatemala 

15. El Savador

16. Honduras 

17. Nikaragua

18. Kosta Rika 

19. Panama 

 

 

Amerika Selatan

Wilayah Amerika Selatan ini terbentang dari Terusan Panama sampai dengan Semenanjung Horn di selatan di wilayah Argentina.

Luas wilayah Amerika Selatan ±17.821.601 km².

 1. Guadeloupe 

2. Trinidad dan Tobago 

3. Venezuela 

4. Kolombia 

5. Guyana

6. Suriname 

7. Guiana

8. Brazil 

9. Equador 

10. Peru

11. Bolivia

12. Chili

13. Paraguay 

14. Uruguay 

15. Argentina 

 

Sumber: MGMP Pati

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer