Sukses


Bacaan Doa di Bulan Rajab yang Bisa Diamalkan

Bola.com, Jakarta - Bulan Rajab adalah bulan ketujuh dalam kalender Islam. Ini adalah satu di antara dari empat bulan suci dalam Islam, yang lainnya adalah Zulkaidah, Zulhijah, dan Muharam.

Bulan Rajab dihormati dan dianggap sebagai bulan yang istimewa oleh umat muslim di seluruh dunia.

Di bulan ini, umat muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, berdoa, dan memohon ampunan kepada Allah Swt. Bisa dibilang, bulan Rajab adalah waktu yang baik untuk melakukan berbagai amalan baik.

Namun, penting untuk diingat bahwa praktik-praktik ini adalah sunah atau anjuran, bukan kewajiban dalam Islam.

Setiap umat muslim bebas untuk memilih melakukan atau tidak melakukan amalan-amalan tersebut selama bulan Rajab. Niat yang ikhlas dan menjalankan ibadah sesuai ajaran agama Islam menjadi hal yang terpenting.

Berikut bacaan doa di bulan Rajab yang bisa diamalkan oleh setiap muslim, Senin (15/1/2024).

2 dari 5 halaman

Bacaan Doa di Bulan Rajab

  • Bacaan Doa Awal Rajab

"Ilahi ta'arradla laka fi hadzihil lailatil muta'arridlun wa qoshadaka fihil qoshiduna wa ammala fadllaka wa ma'rufakat tholibun wa laka fi hadzihil lailati nafahatun wa jawa-izun wa 'athoya wa mawahibun, tamunnu biha 'ala man tasya-u min 'ibadika wa tamna'uha mimman lam tasbiq lahul 'inayatu minka, wa ha ana 'abdukal faqiru ilaikal muammilu fadllaka wa ma'rufaka fain kunta ya maulaya tafadldlalta fi hadzihil lailati 'ala ahadin min kholqika wa jutta 'alaihi bi 'a-datin min 'athfika, fa sholli 'ala muhammadin wa alihi wa jud 'alayya bi thoulika wa ma'rufika ya rabbal 'alamin."

Artinya: "Wahai Tuhanku, pada malam ini orang-orang yang berpaling (dari rahmat-Mu) telah berpaling, orang-orang yang mempunyai tujuan telah datang (pada-Mu), dan para pencari telah mengharap anugerah dan kebaikan-Mu. Pada malam ini, Engkau mempunyai tiupan rahmat, piagam-piagam penghargaan, aneka macam pemberian dan anugerah. Engkau berikan semua itu terhadap hamba-hamba-Mu yang Engkau kehendaki. Dan Engkau tidak memberikannya terhadap orang yang tidak memperoleh pertolongan dari-Mu. Inilah aku, hamba-Mu yang sangat berharap pada-Mu, berharap anugerah dan kebaikan-Mu. Apabila Engkau, wahai Tuan kami, telah mengemukakan anugerah-Mu di malam ini terhadap seseorang dari makhluk-Mu, dan Engkau berikan kebaikan padanya dengan berbagai sambungan kelembutan-Mu, maka anugerahkan rahmat atas Nabi Muhammad saw. beserta keluarganya. Berikanlah padaku kekayaan dan kebaikan-Mu, wahai Tuhan seru sekalian alam."

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa di Bulan Rajab

  • Bacaan Doa Malam 1 Rajab

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

"Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya'bâna waballighnâ ramadlânâ."

Artinya: "Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Syakban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan."

  • Bacaan Doa Memohon Ampunan

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَتُبْ عَلَيَّ.

"Rabbighfirlii warhamnii watub 'alayya."

Artinya: "Tuhanku, ampunilah aku, sayangilah aku, dan terimalah tobatku."

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa di Bulan Rajab

  • Bacaan Sayyidul Istigfar

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

"Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani. Wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘udzu bika min syarri ma shana‘tu. Abu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abu’u bidzanbi. Faghfirli. Fa innahu la yaghfirudz dzunaba illa anta."

Artinya: "Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu kepadaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu, ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau."

5 dari 5 halaman

Bacaan Doa di Bulan Rajab

  • Bacaan Doa Istigfar Rajab

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَ أَتُوبُ إِلَيْهِ

"Astaghfirullabal-ladzi la ilaha illa huwa, wahdahu là syarika labu, wu atibu ilaib(i)."

Artinya: "Aku mohon ampunan dari Allah yang tiada tuhan kecuali Dia satu-satunya, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bertobat kepada-Nya."

  • Bacaan Doa Tasbih Rajab

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنْبَغِي التَّسْبِيحُ إِلَّا لَهُ، سُبْحَانَ الْأَعَزَّ الأَكْرَمِ، سُبْحَانَ مَنْ لَبِسَ الْعِزَّ وَهُوَ لَهُ أَهْلُ

"Subhaana man laa yanbaghit tasbiihu illaa lahuu, subhaanal a'azzal akraam, subhaana man labisal 'izza wahuwa lahu ahlun."

Artinya: "Mahasuci Zat yang hanya kepada-Nya tasbih dipanjatkan. Mahasuci Zat Yang Perkasa lagi Mulia. Mahasuci Zat yang menyandang keperkasaan, dan hanya Dia-lah yang memang pantas menyandangnya."

  • Bacaan Doa Pagi dan Sore Hari Bulan Rajab

سُبْحَانَ اللهِ الْحَيُّ الْقَيُّمِ

"Subhaanallaahil hayyul qayyuum."

Artinya: "Mahasuci Allah yang hidup kekal dan terus-menerus mengurus makhluk-Nya."

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer