Sukses


9 Penyebab Sakit Kepala yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Sakit kepala adalah satu di antara masalah kesehatan yang dialami banyak orang. Namun, kadang-kadang sakit kepala bisa menjadi tanda dari suatu kondisi kesehatan yang lebih serius.

Ada beberapa penyebab sakit kepala yang perlu diwaspadai untuk mencegah terjadinya kondisi yang lebih parah.

Di antara penyebab sakit kepala yang perlu diwaspadai adalah meningitis. Meningitis adalah infeksi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang yang bisa menyebabkan sakit kepala yang parah.

Selain itu, pendarahan otak merupakan penyebab sakit kepala yang perlu diwaspadai. Pendarahan otak dapat disebabkan oleh trauma kepala, stroke, atau aneurisma.

Lantas, apa saja penyebab munculnya sakit kepala yang perlu kita waspadai?

Berikut sembilan penyebab sakit kepala yang perlu diwaspadai, Senin (22/1/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penyebab Sakit Kepala yang Perlu Diwaspadai

1. Migrain

Sakit kepala yang parah dan berdenyut di satu sisi kepala, biasanya disertai dengan mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya dan suara.

2. Tumor Otak

Penyebab sakit kepala yang terus-menerus dan bertambah parah, disertai dengan kebingungan, kelemahan pada tubuh, dan perubahan personalitas.

3. Stroke

Sakit kepala mendadak yang sangat parah, disertai dengan kesulitan berbicara, kelemahan pada tubuh, dan kehilangan keseimbangan.

4. Meningitis

Sakit kepala parah disertai dengan demam tinggi, kekakuan leher, dan sensitif terhadap cahaya.

5. Glaukoma

Sakit kepala yang terjadi karena tekanan yang tinggi pada mata, biasanya disertai dengan penglihatan kabur, penglihatan berwarna pelangi, dan nyeri mata.

3 dari 3 halaman

Penyebab Sakit Kepala yang Perlu Diwaspadai

6. Tekanan Darah Tinggi

Sakit kepala yang terjadi di bagian belakang kepala, sering kali disertai dengan pusing, penglihatan kabur, dan sesak napas.

7. Sinusitis

Sakit kepala pada bagian wajah dan dahi, disertai dengan hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan.

8. Dehidrasi

Sakit kepala akibat kekurangan cairan tubuh, disertai dengan mulut kering, haus, dan urine berwarna gelap.

9. Konsumsi Obat Berlebihan

Reaksi sakit kepala akibat konsumsi obat-obatan tertentu dalam dosis yang berlebihan, terutama obat penghilang rasa sakit.

Jika kamu mengalami sakit kepala yang terus-menerus atau disertai dengan gejala lain yang mencurigakan, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

 

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer