Sukses


Contoh-Contoh Kingdom Monera dan Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Kingdom Monera adalah satu dari lima kingdom utama dalam sistem klasifikasi makhluk hidup. Kingdom ini terdiri dari organisme prokariotik, yang artinya sel-selnya tidak memiliki inti sel yang terbungkus membran.

Dalam kingdom ini, kita menemukan organisme prokariotik yang memiliki karakteristik unik, termasuk ketakberadaan inti sel yang terbungkus membran.

Meskipun mungkin terasa sederhana, kingdom monera memiliki peran penting dalam keragaman kehidupan di bumi.

Dua kelompok utama dalam kingdom ini adalah bakteri dan cyanobacteria, masing-masing memiliki peran dan sifat yang membedakannya.

Satu di antara ciri khas kingdom monera adalah beragamnya bentuk dan struktur sel organisme di dalamnya.

Kendati istilah "Monera" saat ini kurang umum digunakan dalam klasifikasi modern, pemahaman tentang organisme prokariotik tetap penting untuk bidang biologi dan ilmu pengetahuan lainnya.

Berikut contoh-contoh kingdom monera yang perlu diketahui, Selasa (23/1/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Kingdom Monera

 1. Bakteri

Bakteri merupakan kelompok organisme prokariotik yang tersebar luas di berbagai lingkungan, baik di darat, air, atau bahkan dalam tubuh organisme lain.

Mereka dapat memiliki bentuk yang beragam, seperti bola (kokus), batang (basil), atau spiral (spirilum).

Contoh bakteri termasuk Escherichia coli (E. coli), Staphylococcus aureus, dan Clostridium tetani.

2. Cyanobacteria

Cyanobacteria, atau alga biru-hijau, adalah organisme fotosintesis prokariotik yang mampu menghasilkan oksigen. Kendati mereka memiliki karakteristik bakteri, cyanobacteria memiliki kemampuan fotosintesis mirip dengan tumbuhan.

Contoh cyanobacteria meliputi Anabaena, yang terlibat dalam simbiosis dengan tumbuhan legum, dan Spirulina, yang digunakan sebagai suplemen nutrisi.

3 dari 5 halaman

Contoh Kingdom Monera

3. Archaebacteria

Meski banyak yang mengklasifikasikan Archaea sebagai kingdom tersendiri, beberapa sistem klasifikasi memasukkannya ke dalam kingdom monera.

Archaea adalah organisme prokariotik yang hidup di lingkungan ekstrem, seperti panas, asam, atau lingkungan yang memiliki konsentrasi garam tinggi.

Contoh archaea termasuk Methanogens, yang menghasilkan metana, dan Halophiles, yang hidup di lingkungan dengan kadar garam tinggi.

4. Nitrogen-Fixing Bacteria

Bakteri pembentuk nitrogen merupakan jenis bakteri yang memiliki kemampuan untuk mengubah nitrogen atmosfer menjadi senyawa yang dapat diserap oleh tanaman.

Contoh bakteri ini termasuk Rhizobium, yang bersimbiosis dengan akar tanaman kacang-kacangan, dan Azotobacter, yang hidup di tanah dan membantu meningkatkan ketersediaan nitrogen.

4 dari 5 halaman

Contoh Kingdom Monera

5. Bakteri Fotosintesis Unsur Belerang

Beberapa bakteri di kingdom monera melakukan fotosintesis menggunakan belerang sebagai sumber elektron, menghasilkan senyawa belerang sebagai produk sampingan.

Chromatium dan Thiobacillus adalah contoh bakteri fotosintesis belerang.

6. Bakteri Fermentatif

Bakteri fermentatif berperan dalam proses fermentasi, di mana glukosa diubah menjadi asam laktat atau etanol.

Lactobacillus, yang digunakan dalam pembuatan yoghurt dan fermentasi makanan, adalah contoh bakteri fermentatif.

7. Bakteri Fotosintesis Anoksigenik

Bakteri ini melakukan fotosintesis tanpa memproduksi oksigen. Rhodobacter adalah contoh bakteri fotosintesis anoksigenik yang dapat ditemui di lingkungan yang kurang oksigen.

5 dari 5 halaman

Contoh Kingdom Monera

8. Bakteri Penyebab Penyakit

Sejumlah bakteri dari kingdom monera dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Contoh termasuk mycobacterium tuberculosis, yang menyebabkan tuberkulosis, dan neisseria gonorrhoeae, yang menyebabkan penyakit menular seksual gonore.

9. Bakteri Decomposer

Bakteri pengurai atau decomposer memiliki peran penting dalam menguraikan bahan-bahan organik menjadi senyawa sederhana, mendaur ulang materi organik, dan melepaskan nutrisi ke dalam ekosistem.

Contohnya termasuk Clostridium dan Bacillus.

10. Bakteriofage

Meski bukan organisme hidup, bakteriofage (virus bakteri) juga terkait dengan Kingdom Monera karena mereka menginfeksi bakteri.

Bakteriofage dapat mengendalikan populasi bakteri dalam ekosistem dan digunakan dalam terapi bakteriofage sebagai alternatif antibiotik.

 

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer