Sukses


Bacaan Doa untuk Orang yang Berangkat Umrah

Bola.com, Jakarta - Umrah adalah ibadah yang dilakukan dengan mendatangi Tanah Suci Makkah. Umrah hukumnya sunah dan tidak termasuk rukun Islam.

Berangkat umrah merupakan momen spiritual yang membawa harapan, kegembiraan, dan rasa syukur bagi setiap muslim. Bisa berangkat umrah tentunya membahagiakan bagi seorang muslim.

Rasulullah saw. menganjurkan bacaan doa untuk orang yang akan berangkat umrah. Doa tersebut bisa dibacakan saat hendak melepaskan kepergian sanak saudara atau keluarga yang berangkat umrah ke Makkah.

Doa memainkan peran penting dalam perjalanan umrah seorang muslim. Selain itu, memanjatkan doa untuk orang yang berangkat haji dibaca dengan harapan agar Allah Swt. senantiasa melindunginya dan selamat hingga kembali ke negara asal.

Maka itu, penting bagi umat muslim mengetahui bacaan doa untuk orang yang akan berangkat umrah. Bagaimana bacaan doanya?

Berikut bacaan doa untuk orang yang berangkat umrah, disadur dari Liputan6, Selasa (23/1/2024).

2 dari 4 halaman

Doa untuk Orang Berangkat Umrah

Dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi, Al-Hakim dan Ibnu Hibban dijelaskan sunah mendoakan orang yang akan pergi haji atau umrah.

Jadi, doa untuk orang berangkat umrah ini tentu baik Anda lafalkan saat mengantarkan atau melepas keberangkatan mereka. Berikut doa untuk orang berangkat umrah:

Doa untuk orang berangkat umrah tulisan Arab:

فِيْ حِفْظِ اللهِ وَكَنفِهِ وَزَوَّدَكَ اللَهَ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَوَجَّهَكَ لِلْخَيْرِ أَيْنَمَا كُنْتَ

Doa untuk orang berangkat umrah Latin:

Fi hifdzillahi wa kanafihi wa zawwadakallahut taqwa wa ghafara dzanbaka wa wajjahaka lil khairi ainama kunta

Arti doa untuk orang berangkat umrah:

"Semoga engkau selalu dalam penjagaan Allah dan perlindungannya, semoga Allah memberikan bekal ketakwaan kepadamu dan mengampuni dosamu, dan semoga Allah memberikan kebaikan di mana pun kamu berada." 

3 dari 4 halaman

Doa untuk Orang Umrah Lainnya

Selain bacaan doa untuk orang umrah di atas, Anda juga bisa membaca doa lainnya, sebagai berikut:

Doa untuk orang berangkat umrah tulisan Arab:

أستودع الله دينك وأمانتك وخواتيم عملك

Doa untuk orang berangkat umrah Latin:

Astaudi’ullaha diinaka wa amanataka wa khawatima ‘amalika

Arti doa untuk orang berangkat umrah:

"Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatanmu yang terakhir kepada Allah."

4 dari 4 halaman

Doa agar Segera Melaksanakan Umrah

Selain doa untuk orang berangkat umrah, Anda juga mungkin ingin melaksanakan ibadah satu ini. Apalagi umrah juga merupakan ibadah yang sangat mulia. Agar harapan untuk umrah maupun haji segera terwujud, Anda bisa mengamalkan doa ini setiap hari:

Allahumma shalli ala sayyidina muhammadin shalatan tuballiguna biha hajja baitikal haram, wa ziyarata habibika muhammadin alaihi afdhalus shalati wassalam fi sihhatin wa 'afiyah wa bulughil marami wa ala alihi wa sahbihi wa sallim.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah selawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya selawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Husnul Abdi. Editor: Anugerah Ayu Sendari. Published: 6/7/2023)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer