Sukses


Contoh Nilai Kebaikan dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Dalam berbagai kebudayaan dan agama, nilai kebaikan sering dianggap sebagai fondasi utama untuk membangun masyarakat yang harmonis dan sejahtera.

Dari kecil, seseorang diajarkan untuk berbuat baik kepada sesama, menghormati orang lain, dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral.

Contoh konkret dari nilai-nilai tersebut dapat ditemukan dalam sikap dan tindakan sehari-hari yang tecermin dalam kehidupan bermasyarakat.

Satu di antara contoh yang nyata adalah sikap tolong-menolong di antara sesama. Ketika seseorang bersedia membantu tanpa pamrih, seperti membantu tetangga yang kesulitan, atau memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, itu adalah manifestasi dari nilai kebaikan.

Tindakan ini tidak hanya menciptakan ikatan sosial yang kuat, tetapi juga menghasilkan rasa saling percaya dan keamanan di suatu lingkungan.

Dalam dunia yang diwarnai tantangan dan ketakpastian, nilai kebaikan menjadi pedoman yang dapat membimbing kita untuk tetap berpegang pada prinsip-prinsip moral dan menjalani kehidupan dengan penuh makna.

Berikut contoh nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari, dilansir dari laman Dosensosiologi, Selasa (30/1/2024).

2 dari 4 halaman

Contoh Nilai Kebaikan dalam Kehidupan Sehari-Hari

1.  Tidak Mencaci di Media Sosial

Satu di antara permasalahan sosial yang timbul akibat adanya globalisasi ialah mencaci di media sosial. Hal ini sejatinya tidak ada nilai kebaikan yang hadir karena bisa mengakibatkan down mental terhadap orang yang dicaci.

Jadi, bijak dalam menggunakan media sosial bisa dikatakan sebagai bagian dari nilai kebaikan.

2.  Sopan Santun

Sopan santun adalah bentuk tindakan sosial bernilai kebaikan yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal itu karena kita hidup di tengah-tengah masyarakat sehingga harus dapat menunjukkan sopan santun ketika berinteraksi dengan orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Contoh sopan santun tersebut dapat mencakup berbagai aspek, seperti cara berpakaian dan cara berbicara kita terhadap orang lain.

3.  Saling Menghormati

Sikap saling mengormati penting dalam kehidupan bermasyarakat karena jika kita ingin dihormati oleh orang lain maka kita juga harus menghormati mereka.

Sikap saling menghormati dapat diajarkan sejak dini kepada anak-anak. Adapun contohnya ialah dengan membiasakan untuk mencium tangan saat berpamitan kepada kedua orang tua ketika akan pergi.

Selain itu, sikap adil dapat ditunjukkan dengan cara tidak memaksakan kepada orang lain. Misalnya ketika kalah dalam perlombaan harus bisa menerima kekalahan dengan lapang dada karena menang dan kalah adalah wajar dalam suatu perlombaan.

3 dari 4 halaman

Contoh Nilai Kebaikan dalam Kehidupan Sehari-Hari

4. Kejujuran

Kejujuran adalah suatu tindakan yang menunjukkan sikap atau mengatakan suatu hal sesuai fakta sosial yang ada. Atau secara sederhana dapat dikatakan bahwa jujur berarti tidak bohong.

Nilai kejujuran juga harus ditanamkan kepada seseorang sejak dini agar kelak ketika sudah hidup di tengah-tengah masyarakat luas mereka dapat menjadi orang-orang yang jujur kepada diri sendiri maupun orang lain.

5. Baik hati

Sikap baik hati dapat ditanamkan dalam diri dengan cara melakukan kebiasaan-kebiasaan baik. Misalnya bersikap murah hati, memperlakukan orang lain dengan penuh rasa hormat, serta bersedia untuk minta maaf ketika melakukan kesalahan maupun memaafkan kesalahan orang lain.

Selain itu, sikap baik hati dapat ditunjukkan melalui perasaan simpati dan empati terhadap orang lain.

6. Berdikari

Istilah berdikari atau berdiri di atas kaki sendiri merupakan suatu sikap mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain.

Sifat kemandirian ini sebisa mungkin harus ditanamkan sejak seseorang berusia muda, setidaknya saat seorang anak telah mampu dalam melakukan sesuatu, seperti makan atau berpakaian sendiri.

Kemandirian tersebut dapat membawa beragam manfaat, satu di antaranya adalah menumbuhkan rasa percaya diri seseorang.

7. Kebebasan

Kebebasan yang dimaksud dalam hal ini tentunya yang bernilai positif, contohnya dalam hal kebebasan berpendapat.

Seperti di ketahui, Indonesia merupakan negara yang demokratis sehingga semua orang bebas dalam berpendapat untuk kebaikan bersama dalam batas-batas tertentu yang tidak menyinggung perihal terkait SARA.

4 dari 4 halaman

Contoh Nilai Kebaikan dalam Kehidupan Sehari-Hari

8.  Keberanian

Keberanian yang dimaksud dalam hal ini juga dalam konteks yang positif, misalnya berani untuk mengakui kesalahan ketika benar-benar bersalah.

Selain itu, nilai kebaikan dalam kejujuruan dapat ditunjukkan berbagai cara asalkan bukan dalam hal yang negatif dan merugikan orang lain.

9.  Kasih sayang

Kasih sayang tidak hanya bisa dirasakan, tetapi juga bisa ditunjukkan melalui tindakan. Dengan adanya kasih sayang, kehidupan seseorang akan terasa nyaman sehingga hubungan dengan orang lain pun akan menjadi lebih harmonis.

Bahkan kasih sayang tidak hanya dapat ditunjukkan kepada sesama manusia, melainkan bisa pula ada makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan.

10.  Adil

Sikap adil dapat dibiasakan sejak kecil dengan cara mengajarkan anak-anak indahnya berbagi dengan orang lain. Misalnya ketika anak-anak mempunyai makanan atau mainan, orang tua dapat melatih mereka untuk membagikan makanan atau meminjamkan mainan yang dimiliki kepada teman mereka.

11.  Kebersihan

Kebersihan merupakan hal yang tak kalah penting karena menyangkut kondisi kesehatan seseorang. Kebersihan harus dibiasakan dalam berbagai hal, termasuk kebersihan pakaian, kebersihan makanan dan minuman, maupun kebersihan lingkungan sosial sekitar.

Dengan menjaga kebersihan, kesehatan akan terjaga sebagaimana semboyan yang biasa kita dengar, "Kebersihan adalah pangkal kesehatan".

 

 

Sumber: Dosensosiologi

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer