Sukses


12 Contoh Fenomena Sosial di Masyarakat

Bola.com, Jakarta - Masyarakat adalah medan yang kompleks dan dinamis, dipenuhi beragam perilaku, norma, dan interaksi yang membentuk fenomena sosial.

Fenomena sosial tidak hanya mencakup aspek positif, tetapi juga realitas yang kompleks. Fenomena sosial dapat menciptakan pergeseran budaya dan pemikiran kolektif yang membentuk identitas sosial suatu komunitas.

Perkembangan pesat teknologi informasi telah membuka pintu bagi konektivitas tanpa batas, mengubah cara masyarakat berkomunikasi dan berbagi informasi.

Namun, dampaknya tidak selalu positif karena terkadang media sosial juga menjadi platform untuk penyebaran berita palsu, perpecahan sosial, dan bahkan kecanduan digital.

Pergeseran budaya yang terjadi seiring waktu menciptakan fenomena seperti perubahan pandangan terhadap gender, peningkatan kesadaran lingkungan, dan dinamika multikultur.

Tidak semua fenomena sosial bersifat kontroversial atau konflik. Beberapa fenomena sosial mencerminkan solidaritas dan kepedulian sosial.

Dengan memahami fenomena sosial, kita dapat melihat sejauh mana masyarakat berkembang, beradaptasi, dan merespons tantangan yang dihadapinya. 

Berikut 12 contoh fenomena sosial di masyarakat, dilansir dari laman Dosensosiologi, Kamis (1/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Fenomena Sosial di Masyarakat

1.  Investasi Bodong

Satu di antara jenis fenomena sosial di masyarakat adanya jenis investasi bodong yang marak hadir ketika perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang signifikat.

Investasi ini bisa lolos dari sistem pemerintahan karena ia melakukan penyebaran informasi melalui kekuatan internet dan media sosial.

2.  Mudik

Mudik merupakan satu di antara fenomena sosial yang hanya dimiliki di negara Indonesia. Fenomena ini terjadi setiap satu tahun sekali saat Hari Raya IdulFitri.

Mudik merupakan fenomena di mana orang-orang yang tinggal di kota akan kembali ke kampung halamannya untuk bersama-sama merayakan Idulfitri bersama dengan keluarga.

3.  Salah Sasaran Bantuan Pemerintah

Akhir-akhir ini ada satu di antara fenomena sosial yang cukup menarik perhatian, khususnya di Indonesia. Di mana banyak sekali kita jumpai salah sasaran pemberian batuan kepada masyarakat.

Pemberian bantuan yang salah sasaran sasaran tersebut yang mengakibatkan kecemburuan sosial secara menyeluruh di masyarakat.

3 dari 5 halaman

Contoh Fenomena Sosial di Masyarakat

4.  Kriminalitas

Kriminalitas terjadi hampir banyak di banyak kota-kota besar di berbagi negara. Pengertian kriminalitas merupakan fenomena sosial yang bersifat negatif dan melanggar norma yang ada.

Kriminalitas dapat berupa pencurian, pembunuhan, penculikan dan pemerkosaan.

5.  Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja merupakan perbuatan yang melanggar norma yang berlaku di masyarakat. Kenakalan remaja dapat berupa tindakan yang menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun masyarakat sekitar.

Kenakalan remaja terjadi karena berbagai faktor, antara lain krisis identitas, pengendalian diri yang kurang kuat, kurangnya perhatian keluarga, dan lain-lain.

6.  Aksi Solidaritas

Berbagai jenis aksi solidaritas terjadi karena adanya rasa kepedulian terhadap sesama, dan bersama-sama menyatukan tekad dan kemauan untuk membantu masyarakat yang sedang ditimpa musibah.

Misalnya, dalam hal ini seperti adanya bantuan masyarakat Indonesia ketika adanya bencana alam yang menimpa suatu wilayah.

4 dari 5 halaman

Contoh Fenomena Sosial di Masyarakat

7.  Pelanggaran peraturan

Pelanggaran peraturan merupakan fenomena sosial yang sering terjadi di keseharian masyarakat. Kebanyakan masyarakat menilai, adanya peraturan hanya untuk dilanggar.

Pola pikir tersebut hadir akibat seringnya masyarakat melanggar aturan tersebut tanpa mengindahkan sanksi yang akan didapat.

8.  Korupsi

Korupsi merupakan bentuk tindakan sosial yang digolongkan sangat merugikan banyak orang. Dengan adanya fenomena korupsi menjadikan berbagai dampak dimiliki.

Misalnya, pembangunan di suatu daerah menjadi terhambat akibat dana pembangunan yang diselewengkan.

9.  Kebodohan

Kebodohan dapat timbul akibat kurang terbukanya pemikiran seseorang terhadap suatu hal. Kebodohan juga dapat terjadi karena kurangnya minat belajar maupu membaca pada individu bahkan tak jarang akibat kebodohan menjadikan suatu negara mengalami ketimpangan sosial.

5 dari 5 halaman

Contoh Fenomena Sosial di Masyarakat

10. Gelandangan dan Anak Jalanan

Gelandangan dan anak jalanan merupakan satu di antara bagian fenomena sosial yang sering ditemui di kota-kota besar.

Hal tersebut hadir akibat adanya kesenjangan sosial serta ketimpangan yang terjadi dalam masyarakat sehingga terciptalah keberadaan ekonomi yang berbeda.

11.  Perubahan Cara Kerja

Perubahan cara kerja juga bisa menjadi satu di antara fenomena sosial yang terjadi karena adanya kemajuan dan perkembangan teknologi yang setidaknya memiliki dampak besar pada masyarakat.

Perihal ini tentu saja terjadinya revolusi teknologi informasi, perkembangan internet, media sosial, dan kecerdasan buatan yang kian berkembang memberikan perubahan individu dan kelompok bekerja.

Kasusnya seperti pekerjaan dalam digital marketing sekarang berganti dengan keahlian mengelola media sosial dalam melakukan transaksi periklanan.

12.  Gotong Royong

Gotong royong merupakan fenomena yang sering ditemui di negara Indonesia. Gotong royong merupakan proses interaksi sosial yang bersifat asosiatif, di mana pada proses tersebut dapat menyatukan seluruh elemen masyarakat tanpa memandang latar belakang budaya dan agama untuk mencapai satu tujuan yaitu kebersamaan.

 

Sumber: Dosensosiologi

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer