Sukses


9 Contoh Kegiatan Pelestarian Sungai, Menjaga Alam agar Tetap Bersih

Bola.com, Jakarta - Sungai merupakan sumber daya alam yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Sungai tidak hanya memberikan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi juga berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Untuk itu, pelestarian sungai menjadi sebuah hal penting untuk dilakukan guna memastikan keberlanjutan sumber daya alam ini.

Ada berbagai kegiatan pelestarian sungai yang dapat dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah. Di antaranya adalah melakukan pembersihan sungai secara berkala.

Selain itu, menjaga vegetasi di sekitar sungai menjadi satu di antara kegiatan pelestarian sungai yang efektif. Hal itu karena vegetasi akan membantu menjaga kesuburan sungai dan mencegah erosi.

Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian sungai, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Lantas, hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk melestarikan sungai agar tidak tercemar dan alam tetap bersih?

Berikut sembilan contoh kegiatan pelestarian sungai yang bisa menjaga alam tetap bersih, Senin (5/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Kegiatan Pelestarian Sungai

1. Pembersihan Sungai

Pembersihan sungai dilakukan dengan cara membersihkan sampah-sampah yang mengotori sungai. Kegiatan ini dapat melibatkan masyarakat sekitar sungai untuk turut serta membersihkan.

2. Penanaman Pohon di Pinggiran Sungai

Penanaman pohon di pinggiran sungai dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar sungai. Pohon yang ditanam juga dapat membantu mengurangi erosi tanah dan menjaga kestabilan sungai.

3. Penyuluhan tentang Penggunaan Limbah

Penyuluhan kepada masyarakat sekitar sungai tentang pengelolaan limbah yang benar agar tidak mencemari sungai. Pendidikan tentang daur ulang dan pengurangan penggunaan plastik juga penting untuk dilakukan.

3 dari 4 halaman

Contoh Kegiatan Pelestarian Sungai

4. Pembuatan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang Terkelola dengan Baik

Membangun TPA yang terkelola dengan baik untuk menampung sampah-sampah yang telah dipisahkan sehingga tidak mencemari sungai.

5. Pemasangan Saluran Pengumpulan Limbah

Pemasangan saluran pengumpulan limbah di sekitar sungai dapat membantu mengumpulkan sampah-sampah sebelum terbawa arus sungai.

6. Pengawasan Penggunaan Pestisida

Pengawasan penggunaan pestisida di sekitar sungai untuk menghindari pencemaran sungai akibat bahaya pestisida saat digunakan.

4 dari 4 halaman

Contoh Kegiatan Pelestarian Sungai

7. Pembangunan TPA 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Membangun TPA 3R untuk mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang sampah agar tidak mencemari sungai.

8. Pengadaan Filter dan Persawahan Pasca-panen

Pengadaan filter dan persawahan pasca-panen untuk mengurangi pencemaran sungai akibat sisa-sisa pertanian.

9. Penggalakan Bertanam Sayur di Pinggiran Sungai

Penggalakan untuk bertanam sayur di pinggiran sungai dapat membantu mengurangi penggunaan pestisida dan menjaga kualitas air sungai.

 

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer