Sukses


Bacaan Doa agar Orang Segera Membayar Utang, Lengkap dalam Tulisan Arab dan Latin

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa agar orang segera membayar utang perlu diketahui dan diamalkan umat muslim. Doa tersebut menjadi bentuk ikhtiar saat seseorang tak kunjung sanggup atau sedang berusaha mengembalikan pinjamannya.

Kondisi keuangan tiap orang berbeda. Ada yang berkecukupan, ada pula yang kekurangan. Mereka yang kekurangan uang adakalanya mengantisipasi hal tersebut dengan berutang.

Utang tampaknya sudah menjadi bagian dari hidup sebagian orang. Bahkan, ada orang yang tak bisa melepaskan diri dari utang. Kebutuhan ekonomi terkadang memaksa seseorang untuk berutang.

Saat meminjamkan uang ke teman, terkadang ada perasaan tidak nyaman saat berusaha menagihnya. Saat dalam kondisi tersebut, Anda pun kemudian hanya bisa berharap teman segera membayar utang tersebut.

Anda dapat membantu menenangkan diri dengan membaca doa ini agar teman diberi kemudahan membayar utangnya. Maka itu, penting bagi umat muslim mengetahui bacaan doa agar orang segera membayar utang.

Berikut ini bacaan doa agar orang segera membayar utangnya, disadur dari Dream, Selasa (6/2/2024).

2 dari 3 halaman

Doa agar Orang Bayar Utang

Apabila orang yang berutang kesulitan membayar utangnya karena kendala finansial maka orang yang memberi utang dianjurkan untuk bersabar. Selain itu, juga hendaknya mendoakan agar orang tersebut segera membayar utang-utangnya.

Bacaan doa agar orang segera membayar utangnya menjadi amalan penting yang sayang dilewatkan. Diambil dari Kitab Fiqhur Ridha, dianjurkan bagi seorang pemberi utang untuk mendoakan orang yang berutang agar segera melunasinya.

Berikut bacaan doa agar orang segera membayar utang-utangnya kepada kita:

اَللَّهُمَّ لَحْظَةً مِنْ لَحَظَاتِكَ اْلكِرَامِ، تُيَسِّرُ عَلىَ غَرَمَائِيْ بِهَا اْلقَضَاءَ، وَتُيَسِّرُ لِيْ بِهَا مِنْهُمُ اْلاِقْتِضَاءَ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَئْ قَدِيْرٌ

Allahumma lahzhotan min lahazhootikal kiram, tuyassiru ‘alaa ghuromaa-ii bihal qodhoo-a wa tuyassiru lii bihaa minhumul iqtidhoo-a, innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya: "Ya Allah, melalui karunia dari banyak karunia-Mu yang mulia, mudah-mudahan Engkau mempermudah dengannya pada orang-orang yang berhutang padaku untuk melunasi, dan mudah-mudahan Engkau mempermudah kepadaku untuk menagih pada mereka, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

3 dari 3 halaman

Doa agar Segera Bisa Melunasi Utang

Selain itu, orang yang berutang juga bertanggungjawab mengusahakan supaya bisa segera membayar utang-utangnya. Sebab, kadang orang yang memberi utang juga membutuhkan uang tersebut.

Ada amalan doa supaya bisa segera melunasi utang sebagaimana hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah saw. bersabda:

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak fini bihalalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka.

Artinya: "Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu." (HR Tirmidzi)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Published: 13/9/2023)

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer