Sukses


6 Macam Amalan Isra Mikraj yang Bisa Dikerjakan

Bola.com, Jakarta - Isra Mikraj merupakan peristiwa yang penting bagi umat muslim. Pada peristiwa tersebut Rasulullah saw. diangkat oleh Allah Swt. ke langit ke-7 untuk diperlihatkan sebagian dari kebesaran Allah Swt. dan mendapatkan perintah salat lima waktu.

Isra Mikraj diperingati setiap 27 Rajab dalam kalender Hijriah. Pada tahun ini, peringatan Isra Mikraj jatuh pada 8 Februari 2024.

Mengingat pentingnya peristiwa Isra Mikraj dalam agama Islam, terdapat beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim dalam rangka memperingati peristiwa tersebut.

Amalan ini membawa keutamaan bagiĀ umat muslim yang mengerjakannya.

Dengan melakukan amalan saat Isra Mikraj, umat muslim diharapkan dapat mendapatkan keberkahan dan pahala yang besar, serta mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Berikut enam macam amalan Isra Mikraj yang bisa dikerjakan umat muslim, Selasa (6/2/2024).

2 dari 4 halaman

Macam Amalan Isra Mikraj

1. Puasa Sunah

Rasulullah saw. menganjurkan umatnya untuk puasa sunah di bulan Rajab menjelang Isra Mikraj. Seperti termuat dalam hadis Iman Al Baihaqi dari Anas bin Malik bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda:

Ų„Ł† ŁŁŠ Ų§Ł„Ų¬Ł†Ų© Ł†Ł‡Ų±Ų§ ŁŠŁ‚Ų§Ł„ Ł„Ł‡ Ų±Ų¬ŲØ Ų£Ų“ŲÆ ŲØŁŠŲ§Ų¶Ų§ Ł…Ł† Ų§Ł„Ł„ŲØŁ† Łˆ Ų£Ų­Ł„Ł‰ Ł…Ł† Ų§Ł„Ų¹Ų³Ł„ Ł…Ł† ŲµŲ§Ł… Ł…Ł† Ų±Ų¬ŲØ ŁŠŁˆŁ…Ų§ Ų³Ł‚Ų§Ł‡ Ų§Ł„Ł„Ł‡ Ł…Ł† Ų°Ł„Łƒ Ų§Ł„Ł†Ł‡Ų±

Artinya: "Sesungguhnya di surga ada suatu sungai bernama 'Rajab', warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa berpuasa sehari dalam bulan Rajab maka akan diberi minum oleh Allah dari sungai itu." (HR. Bukhari, Muslim)

2. Memperbanyak Istigfar

Istigfar bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja, termasuk saat Isra Mikraj. Isra Mikraj yang diperingati setiap bulan Rajab ini menjadi waktu yang pas untuk senantiasa mengingat Allah Swt. dengan kemuliaannya.

Selain mengingat Allah Swt. istigfar juga memiliki banyak keutamaan lain. Istigfar bisa menjadi cara untuk memohon perlindungan Allah Swt. memohon ampunan atas dosa serta menjadi cara agar dijauhkan dari hal buruk.

Ada sejumlah bacaan istigfar yang pernah dilafalkan oleh para nabi.

Ų£ŁŽŲ³Ł’ŲŖŁŽŲŗŁ’ŁŁŲ±Ł Ų§Ł„Ł„Ł‡

"Astaghfirullah."

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah."

- Istigfar Penghapus Dosa

Ų£ŁŽŲ³Ł’ŲŖŁŽŲŗŁ’ŁŁŲ±Ł Ų§Ł„Ł„Ł‡ŁŽ Ų§Ł„Ł‘ŁŽŲ°ŁŁŠ Ł„Ų§ŁŽ Ų„ŁŁ„Ł‡ŁŽ Ų„ŁŁ„Ų§Ł‘ŁŽ Ł‡ŁŁˆŁŽ Ų§Ł„Ł’Ų­ŁŽŁŠŁ‘Ł Ų§Ł„Ł’Ł‚ŁŽŁŠŁ‘ŁŁˆŁ…Ł ŁˆŁŽ Ų£ŁŽŲŖŁŁˆŲØŁ Ų„ŁŁ„ŁŽŁŠŁ’Ł‡

"Astaghfirullahal'adzim, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih."

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Mahahidup lagi Mahaberdiri sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya."

- Bacaan Sayyidul Istigfar

Ų§ŁŽŁ„Ł„Ł‘ŁŽŁ‡ŁŁ…Ł‘ŁŽ Ų£ŁŽŁ†Ł’ŲŖŁŽ Ų±ŁŽŲØŁ‘ŁŁŠ Ł„ŁŽŲ§ Ų„ŁŁ„ŁŽŁ‡ŁŽ Ų„ŁŁ„Ł‘ŁŽŲ§ Ų£ŁŽŁ†Ł’ŲŖŁŽ ŲŒ Ų®ŁŽŁ„ŁŽŁ‚Ł’ŲŖŁŽŁ†ŁŁŠŁ’ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŁ†ŁŽŲ§ Ų¹ŁŽŲØŁ’ŲÆŁŁƒŁ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŁ†ŁŽŲ§ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁ‰ Ų¹ŁŽŁ‡Ł’ŲÆŁŁƒŁŽ ŁˆŁŽŁˆŁŽŲ¹Ł’ŲÆŁŁƒŁŽ Ł…ŁŽŲ§ Ų§Ų³Ł’ŲŖŁŽŲ·ŁŽŲ¹Ł’ŲŖŁ ŲŒ Ų£ŁŽŲ¹ŁŁˆŁ’Ų°Ł ŲØŁŁƒŁŽ Ł…ŁŁ† Ų“ŁŽŲ±Ł‘Ł Ł…ŁŽŲ§ ŲµŁŽŁ†ŁŽŲ¹Ł’ŲŖŁ ŲŒ Ų£ŁŽŲØŁŁˆŁ’Ų”Ł Ł„ŁŽŁƒŁŽ ŲØŁŁ†ŁŲ¹Ł’Ł…ŁŽŲŖŁŁƒŁ ŁŽŲ¹ŁŽŁ„ŁŽŁŠŁ‘ŁŽ ŲŒ ŁˆŁŽŲ£ŁŽŲØŁŁˆŁ’Ų”Ł ŲØŁŲ°ŁŽŁ†Ł’ŲØŁŁŠŁ’ ŁŲ§ŁŽŲŗŁ’ŁŁŲ± Ł„ŁŁŠŁ’ ŁŁŽŲ„ŁŁ†Ł‡Ł‘ŁŽ Ł„ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŲŗŁ’ŁŁŲ±Ł Ų§Ł„Ų°Ł‘ŁŁ†ŁŁˆŁ’ŲØŁŽ Ų„ŁŁ„Ł‘ŁŽŲ§ Ų£ŁŽŁ†Ł’ŲŖŁŽ

"AllĆ¢humma anta rabbĆ®, lĆ¢ ilĆ¢ha illĆ¢ anta khalaqtanĆ®. Wa anĆ¢ 'abduka, wa anĆ¢ 'alĆ¢ 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'Ć»dzu bika min syarri mĆ¢ shana'tu. AbĆ»'u laka bini'matika 'alayya. Wa abĆ»'u bidzanbĆ®. FaghfirlĆ®. Fa innahĆ» lĆ¢ yaghfirudz dzunĆ»ba illĆ¢ anta."

Artinya: "Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu, ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau."

3 dari 4 halaman

Macam Amalan Isra Mikraj

3. Membaca Doa Pagi dan Doa Sore

Sering dibaca sebagai zikir, doa pagi dan sore ini bisa juga dilakukan di hari-hari biasa dan bisa untuk amalan Isra Mikraj.

Berasal dari satu di antara ayat Al-Qur'an, doa ini dibacakan agar terhindar dari siksa api neraka.

Ų±ŁŽŲØŁŽŁ‘Ł†ŁŽŲ§ Ų§ŲµŁ’Ų±ŁŁŁ’ Ų¹ŁŽŁ†ŁŽŁ‘Ų§ Ų¹ŁŽŲ°ŁŽŲ§ŲØŁŽ Ų¬ŁŽŁ‡ŁŽŁ†ŁŽŁ‘Ł…ŁŽ Ų„ŁŁ†ŁŽŁ‘ Ų¹ŁŽŲ°ŁŽŲ§ŲØŁŽŁ‡ŁŽŲ§ ŁƒŁŽŲ§Ł†ŁŽ ŲŗŁŽŲ±ŁŽŲ§Ł…Ų§Ł‹. Ų„ŁŁ†ŁŽŁ‘Ł‡ŁŽŲ§ Ų³ŁŽŲ§Ų”ŲŖŁ’ Ł…ŁŲ³Ł’ŲŖŁŽŁ‚ŁŽŲ±Ł‘Ų§Ł‹ ŁˆŁŽŁ…ŁŁ‚ŁŽŲ§Ł…Ų§Ł‹

(ā€¦ Rabbanaį¹£rif 'annā 'ażāba jahannama inna 'ażābahā kāna garāmā * Innahā sā`at mustaqarraw wa muqāmā)

Artinya: "Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan men jauhkan kami dari azab (siksa) api neraka jahanam karena azabnya itu sungguh membinasakan dan seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman." (QS. Al Furqan: 65-66)

4. Memperbanyak Berdoa

Amalan Isra Mikraj selanjutnya adalah memperbanyak doa. Tidak ada doa khusus yang dibacakan, umat muslim dapat berdoa apa pun yang diinginkan. Sebab, Allah Swt. sangat menyukai hamba-Nya yang berdoa. Sebagaimana disebutkan hadis:

Ų¹ŁŽŁ†Ł’ Ų£ŁŽŲØŁŁ‰ Ł‡ŁŲ±ŁŽŁŠŁ’Ų±ŁŽŲ©ŁŽ Ų±Ų¶Ł‰ Ų§Ł„Ł„Ł‡ Ų¹Ł†Ł‡ Ų¹ŁŽŁ†Ł Ų§Ł„Ł†ŁŽŁ‘ŲØŁŁ‰ŁŁ‘ -ŲµŁ„Ł‰ Ų§Ł„Ł„Ł‡ Ų¹Ł„ŁŠŁ‡ ŁˆŲ³Ł„Ł…- Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ Ā« Ł„ŁŽŁŠŁ’Ų³ŁŽ Ų“ŁŽŁ‰Ł’Ų”ŁŒ Ų£ŁŽŁƒŁ’Ų±ŁŽŁ…ŁŽ Ų¹ŁŽŁ„ŁŽŁ‰ Ų§Ł„Ł„ŁŽŁ‘Ł‡Ł ŲŖŁŽŲ¹ŁŽŲ§Ł„ŁŽŁ‰ Ł…ŁŁ†ŁŽ Ų§Ł„ŲÆŁŁ‘Ų¹ŁŽŲ§Ų”Ł

Artinya: "Abu Hurairah r.a. berkata, Nabi shallallahu ā€˜alaihi wasallam bersabda: 'Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah dibandingkan doa'." (HR. At Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Macam Amalan Isra Mikraj

5. Zikir

Ada satu bacaan zikir yang pernah diajarkan Nabi Ibrahim a.s. untuk Nabi Muhammad saw. saat mengalami peristiwa Isra Mikraj. Berikut bacaannya:

Ų§ŁŽŁ„Ł„Ł‘Ł°Ł‡ŁŁ…Ł‘ŁŽ ŲØŁŽŲ§Ų±ŁŁƒŁ’ Ł„ŁŽŁ†ŁŽŲ§ ŁŁŁŠ Ų±ŁŽŲ¬ŁŽŲØŁŽ ŁˆŁŽŲ“ŁŽŲ¹Ł’ŲØŁŽŲ§Ł†ŁŽ ŁˆŁŽŲØŁŽŁ„Ł‘ŁŲŗŁ’Ł†ŁŽŲ§ Ų±ŁŽŁ…ŁŽŲ¶ŁŽŲ§Ł†ŁŽ

Artinya: "Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah Swt."

6. Salat Sunah

Salat sunah pada malam Isra Mikraj boleh dilakukan setelah salat Magrib dan Isya. Umat muslim bisa melakukan salat sunah sebanyak 12 rakaat, yang dilaksanakan dengan salam setiap dua rakaat.

- Niat Salat Sunah 12 Rakaat

Ų§ŁŽŁ„Ł„Ł‘Ł°Ł‡ŁŁ…Ł‘ŁŽ ŲØŁŽŲ§Ų±ŁŁƒŁ’ Ł„ŁŽŁ†ŁŽŲ§ ŁŁŁŠ Ų±ŁŽŲ¬ŁŽŲØŁŽ ŁˆŁŽŲ“ŁŽŲ¹Ł’ŲØŁŽŲ§Ł†ŁŽ ŁˆŁŽŲØŁŽŁ„Ł‘ŁŲŗŁ’Ł†ŁŽŲ§ Ų±ŁŽŁ…ŁŽŲ¶ŁŽŲ§Ł†ŁŽ

"Ushollii sunnatan rok'ataini lillahi ta'ala."

- Tata Cara Salat Sunah 12 Rakaat

  • Baca surah Al Fatihah dan surah-surah pendek Al-Qur'an lainnya pada setiap rakaat.
  • Lakukan salam setiap dua rakaat.
  • Setelah salam, baca kalimat tasbih berikut.

Ų³ŲØŲ­Ų§Ł† Ų§Ł„Ł„Ł‡ ŁˆŲ§Ł„Ų­Ł…ŲÆ Ł„Ł„Ł‡ ŁˆŁ„Ų§ Ų§Ł„Ł‡ Ų§Ł„Ų§ Ų§Ł„Ł„Ł‡ ŁˆŲ§Ł„Ł„Ł‡ Ų§ŁƒŲØŲ±

"Subhaanallah walhamdu lillah walaa ilaaha illallah wallaahu akbar."

- Baca Kalimat Istigfar

- Baca Selawat 100 Kali

Ų§Ł„Ł„Ł‡Ł… ŲµŁ„ ŁˆŲ³Ł„Ł… Ų¹Ł„Ł‰ Ų³ŁŠŲÆŁ†Ų§ Ł…Ų­Ł…ŲÆ

"Allohumma sholli wa sallim 'alaa sayyidinaa muhammadin."

Ā 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer