Sukses


Bacaan Doa Malam Isra Miraj 27 Rajab dalam Tulisan Arab dan Latin, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Rajab merupakan satu di antara bulan yang dimuliakan. Di dalam bulan ini ada peristiwa penting yang tercatat dalam sejarah perjalanan Rasulullah saw., yaitu Isra Miraj.

Isra Miraj merupakan momen yang dihormati dan dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Peringatan Isra Miraj diperingati setiap tanggal 27 Rajab dalam kalender Hijriah.

Tahun ini, peringatan Isra Miraj jatuh pada 8 Februari 2024. Hal ini berarti malam 27 Rajab 1445 H bertepatan pada Rabu, 7 Februari 2024 petang. 

Isra Miraj merupakan peristiwa luar biasa dalam sejarah Islam yang menggambarkan perjalanan spiritual Nabi Muhammad saw. dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan selanjutnya ke langit.

Perjalanan ini menjadi peristiwa penting bagi Nabi Muhammad. Pada peristiwa ini Nabi Muhammad saw. mendapatkan perintah untuk menjalankan salat lima waktu dari Allah Swt.

Hasil Isra Miraj ini sampai sekarang masih menjadi kewajiban yang harus dijalankan bagi setiap muslim. Selain merenungkan peristiwa agung tersebut, pada malam 27 Rajab terdapat berbagai amalan yang dapat dilakukan muslim.

Satu di antara amalan yang bisa dilakukan umat muslim ialah membaca doa. Lantas, bagaimana bacaan doa malam 27 Rajab?

Berikut bacaan doa malam Isra Miraj 27 Rajab yang bisa diamalkan umat muslim, disadur dari Dream, Rabu (7/2/2024).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Malam 27 Rajab

Sebagai muslim, kita dianjurkan menghidupkan malam Isra Miraj dengan memperbanyak amal kebaikan seperti zikir, doa, salat sunah, dan lain sebagainya.

Di antara doa yang dianjurkan untuk dibaca pada malam 27 Rajab ialah berikut:

اَللَّهُمَّ طَهِّرْ لِسَانِيْ مِنَ اْلكَذِبِ وَقَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَعَمَلِيْ مِنَ الرِّيَاءِ وَبَصَرِيْ مِنَ اْلخِيَانَةِ فَأِنَّكَ تَعْلَمُ خَائِنَةَ اْلاَعْيُنِ وَمَا تُخْفِي الصُّدُوْرُ

Allahumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbii minan nifaaqi wa ‘amalii minar riyaa-i wa bashorii minal khiyaanati fa innaka ta’lamu khoo-inatal a’yuni wa maa tukhfish shuduuru.

Artinya:

"Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesunguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati."

3 dari 4 halaman

Amalan Sunah Bulan Rajab

Selama bulan Rajab, sebaiknya kita mengisinya dengan amalan-amalan sunah seperti berpuasa dan memperbanyak amal kebajikan. Berikut amalan yang dapat dilakukan selama bulan Rajab:

1. Puasa Sunah

Ada banyak puasa sunah di dalam Islam, satu di antaranya adalah puasa rajab. Puasa yang dilaksanakan selama bulan Rajab ini telah dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Muslim berikut ini:

"Utsman bin Hakim al-Anshari berkata, 'Saya pernah bertanya kepada Sa’id Ibnu Jubair terkait puasa Rajab dan kami pada waktu itu berada di bulan Rajab. Said menjawab, 'Saya mendengar Ibnu ‘Abbas berkata bahwa Rasulullah saw berpuasa (berturut-turut) hingga kami menduga beliau saw selalu berpuasa, dan beliau tidak puasa (berturut-turut) sampai kami menduga beliau tidak puasa'." (HR. Muslim)

2. Salat Malam

Tak hanya puasa sunah, amalan lain yang dapat dilakukan pada bulan Rajab ialah bangun malam untuk salat malam. Amalan sunah ini dilaksanakan secara rutin oleh Sayyidina Ali.

Dalam kitab al-Ghun-yah karya Syekh Abdul Qadir Jaelani menyebutkan, Sayyidina Ali fokus menjalankan ibadah pada empat malam dalam satu tahunnya.

Di mana satu di antaranya adalah pada malam pertama bulan Rajab. Pada malam ini, disunahkan pula membaca doa masuk bulan Rajab.

4 dari 4 halaman

Amalan Sunah Bulan Rajab

3. Perbanyak Mohon Ampun

Ampunan Allah sangatlah luas bagi hamba-Nya, termasuk pada waktu bulan Rajab. Maka selama bulan ini sebaiknya kita memperbanyak istigfar untuk memohon ampunan atas segala khilaf dan dosa.

"Barang siapa mengucapkan, Astaghfirullahal ‘adzim alladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih (Aku meminta ampunan kepada Allah yang Maha Agung yang tidak ada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup dan berdiri sendiri. Aku bertaubat kepada-Nya) tiga kali maka dosa-dosanya telah diampuni meskipun ia lari dari medan peperangan (di mana hal itu adalah termasuk dosa yang besar)."

4. Perbanyak Baca Selawat

Selanjutnya, kita juga dianjurkan memperbanyak membaca selawat selama bulan Rajab. Anjuran membaca selawat ini diterangkan dalam firman Allah Swt. melalui surah Al-Ahzab ayat 56 sebagai berikut:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Published: 11/1/2023)

Baca artikel seputar Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer