Sukses


Jenis-Jenis Norma beserta Penjelasannya, Penting Diketahui dan Dipahami Secara Cermat

Bola.com, Jakarta - Norma adalah aturan atau tata cara yang mengatur tingkah laku manusia dalam berinteraksi di masyarakat.

Dengan kata lain, norma merupakan panduan atau aturan yang mengatur perilaku individu maupun kelompok dalam suatu masyarakat.

Dalam kehidupan sehari-hari, norma berperan penting dalam menjaga tatanan sosial dan menentukan batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar. Norma juga menjadi acuan dalam menilai perilaku seseorang, apakah sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat atau tidak.

Pentingnya mematuhi norma karena merupakan sikap tanggung jawab individu maupun kelompok terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Dengan menjunjung tinggi norma, diharapkan dapat tercipta kedamaian, ketenteraman, dan harmoni dalam kehidupan bermasyarakat.

Ada beberapa jenis norma yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan penting untuk diketahui serta dipahami secara cermat.

Berikut jenis-jenis norma beserta penjelasannya, Jumat (9/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Norma Agama

Norma agama merujuk pada aturan atau pedoman moral yang diakui oleh suatu agama dan diikuti oleh para penganutnya.

Agama-agama memiliki norma-norma yang mengatur perilaku, etika, hubungan sosial, dan hubungan manusia dengan Tuhan atau kekuatan yang lebih tinggi.

3 dari 5 halaman

Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang berkenaan dengan bisikan kalbu dan suara hati manusia. Hal ini berarti saat seseorang hendak melakukan tindakan yang bertentangan dengan norma, sebenarnya ada bisikan kalbu dan suara hati nurani, yakni suara kebenaran yang memperingatkannya.

Norma kesusilaan biasanya tercipta oleh budaya, kebiasaan, dan adat istiadat yang berlaku di masing-masing daerah dan negara sehingga standarnya bisa berbeda-beda.

4 dari 5 halaman

Norma Kesopanan

Norma kesopanan didasari beberapa hal, seperti kebiasaan, kepantasan, kepatutan yang berlaku di masyarakat. Norma kesopanan berasal dari pergaulan manusia.

Yap, norma ini bersumber dari kebiasaan, adat istiadat, budaya dan nilai-nilai masyarakat. Tata sopan santun tersebut mendorong seseorang untuk berbuat baik, meski terkadang tak berasal dari hati nurani. Namun, hanya untuk sekadar menghargai orang lain dalam pergaulan sosial.

5 dari 5 halaman

Norma Hukum

Norma hukum bersumber dari negara atau pemerintah yang diatur dalam Undang-Undang. Norma hukum memiliki sifat memaksa untuk melindungi kepentingan dalam pergaulan hidup di masyarakat.

Hal ini berarti, pelanggar hukum harus mendapatkan hukuman. Hal ini tentu dengan asumsi penegak hukum adalah orang-orang yang adil.

Norma hukum juga sebagai pelengkap norma-norma lain dengan sanksi tegas dan nyata. Sanksinya itu tegas, memaksa, dan mengikat, seperti penjara dan denda.

 

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel edukasi dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer