Sukses


Pengertian Apa Itu ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM), Ketahui Pula Tujuannya

Bola.com, Jakarta - Di tengah dinamika geopolitik global, keamanan dan pertahanan menjadi fokus utama bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Dalam upaya menjaga stabilitas regional dan memperkuat kerja sama pertahanan, ASEAN telah memainkan peran yang signifikan melalui forum seperti ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM).

Kamu mungkin bertanya-tanya pengertian apa itu ADMM dan manfaatnya bagi negara-negara anggota ASEAN.

ADMM merupakan platform penting di mana para Menteri Pertahanan dari negara-negara anggota ASEAN berkumpul untuk membahas isu-isu keamanan regional, meningkatkan kerja sama militer, dan membangun kepercayaan di antara negara-negara tersebut.

ADMM menjadi instrumen penting dalam mempromosikan dialog dan kerja sama antarnegara anggota, serta mengatasi tantangan keamanan yang kompleks di kawasan Asia Tenggara.

Penting juga mengetahui manfaat konkret yang dihasilkan dari pertemuan ADMM.

Dengan memahami pengertian dan manfaat ADMM, diharapkan kita akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang peran penting ASEAN dalam memelihara stabilitas dan keamanan di kawasan.

Berikut pengertian apa itu ASEAN Defence Ministers' Meeting, ketahui pula manfaatnya, dilansir dari laman admm.asean, Senin (12/2/2024).

2 dari 3 halaman

Pengertian Apa Itu ASEAN Defense Ministers' Meeting (ADMM)

ASEAN Defense Ministers' Meeting (ADMM) merupakan Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN yang membahas penguatan kerja sama pertahanan di kawasan guna meningkatkan transparansi, keterbukaan, dan rasa saling percaya di antara negara-negara anggota ASEAN.

Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM) merupakan mekanisme konsultatif dan kerja sama pertahanan tertinggi di ASEAN.

ADMM bertujuan untuk mempromosikan rasa saling percaya dan keyakinan melalui pemahaman yang lebih besar tentang tantangan pertahanan dan keamanan serta peningkatan transparansi dan keterbukaan.

Kerja sama praktis di sektor pertahanan ASEAN telah tumbuh dengan mantap sejak didirikan pada 2006 di berbagai bidang seperti keamanan maritim, kontra-terorisme, operasi penjaga perdamaian, bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, kedokteran militer, dan industri pertahanan.

Dalam mempromosikan langkah-langkah pembangunan kepercayaan, ADMM juga telah mengadopsi Pedoman Pertemuan Militer Udara dan Pedoman Interaksi Maritim.

Pertemuan terakhir yaitu ADMM ke-14 diselenggarakan pada Oktober 2020, di Hanoi, Vietnam.

 

Pembentukan

The ASEAN Security Community (ASC) Plan of Action, yang diadopsi pada KTT ASEAN ke-10, menetapkan bahwa ASEAN harus bekerja menuju penyelenggaraan Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN tahunan.

Dengan latar belakang ini, pertemuan perdana ADMM diadakan di Kuala Lumpur pada tanggal 9 Mei 2006.

3 dari 3 halaman

Tujuan ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM)

Tujuan ADMM, adalah sebagai berikut:

  • Untuk memajukan perdamaian dan stabilitas kawasan melalui dialog dan kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan;
  • Untuk memberikan arahan kepada para pejabat senior pertahanan dan militer, dialog dan kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan di ASEAN dan antara ASEAN dan mitra wicara;
  • Untuk mempromosikan rasa saling percaya dan keyakinan melalui pemahaman yang lebih baik tentang tantangan pertahanan dan keamanan serta peningkatan transparansi dan keterbukaan; dan
  • Untuk berkontribusi pada pembentukan Komunitas Keamanan ASEAN (ASC) sebagaimana diatur dalam Bali Concord II dan untuk mempromosikan implementasi Program Aksi Vientiane (VAP) di ASC.

 

Sumber: admm.asean

Silakan klik tautan ini untuk mendapatkan artikel edukasi dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer