Sukses


9 Keutamaan Menjalankan Puasa Ramadan

Bola.com, Jakarta - Ketika Ramadan tiba, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Swt.

Mendirikan puasa Ramadan memiliki banyak keutamaan yang dapat menjadi motivasi bagi umat Islam untuk melaksanakannya dengan penuh keikhlasan dan kecintaan.

Satu di antara keutamaan puasa Ramadan adalah sebagai bentuk pengendalian diri dan peningkatan kesabaran dalam menghadapi cobaan serta godaan sehari-hari.

Dengan menahan lapar dan dahaga, umat Islam diajarkan untuk merasakan penderitaan orang-orang yang kurang beruntung sehingga dapat memupuk rasa empati dan kepedulian terhadap sesama.

Keutamaan lain puasa Ramadan ialah dapat menjadi sarana untuk meningkatkan ketakwaan dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. melalui amalan lainnya, seperti salat Tarawih, sedekah, dan membaca Al-Qur'an.

Lantas, apa saja keutamaan puasa Ramadan yang perlu umat muslim ketahui?

Berikut sembilan keutamaan puasa Ramadan yang perlu diketahui umat muslim, Kamis (15/2/2024).

2 dari 4 halaman

Keutamaan Mendirikan Puasa Ramadan

1. Mendapatkan Keberkahan dan Pahala yang Berlipat Ganda

Puasa Ramadan merupakan amalan yang dianjurkan oleh Allah Swt. Bagi umat muslim yang bisa menjalankan dengan ikhlas akan mendatangkan keberkahan dan pahala yang berlipat ganda.

Hal ini karena Ramadan adalah bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan.

2. Meningkatkan Kesabaran dan Ketakwaan

Puasa Ramadan mengajarkan umat muslim untuk meningkatkan kesabaran dan ketakwaan kepada Allah Swt.

Dengan menahan lapar, haus, dan nafsu selama sepanjang hari, kita belajar untuk lebih sabar dan lebih taat kepada ajaran agama.

3. Menjaga Kesehatan dan Disiplin Diri

Puasa Ramadan juga memiliki manfaat kesehatan. Hal itu karena melatih tubuh untuk berpuasa sepanjang hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, puasa membantu dalam membentuk disiplin diri dan kontrol diri dalam konsumsi makanan sehari-hari.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Mendirikan Puasa Ramadan

4. Mendekatkan Diri kepada Allah Swt.

Menjalankan puasa Ramadan bisa menjadi cara untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Dengan beribadah dan berpuasa secara ikhlas, seorang muslim dapat merasakan kehadiran dan kasih sayang-Nya yang melimpah.

5. Membersihkan Jiwa dan Hati

Puasa Ramadan mengajarkan untuk membersihkan jiwa dan hati dari segala keburukan, serta memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik.

6. Menolong dan Memberikan Sedekah

Selama Ramadan, umat muslim diajarkan untuk lebih rajin menolong sesama dan memberikan sedekah kepada yang membutuhkan, sebagai wujud keutamaan berbagi rezeki kepada sesama.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Mendirikan Puasa Ramadan

7. Mendapat Pengampunan Dosa

Berpuasa Ramadan dapat menjadi jalan untuk mendapatkan pengampunan dosa-dosa yang telah dilakukan, asalkan dijalankan dengan sungguh-sungguh dan taat kepada aturan yang telah ditetapkan.

8. Mendapatkan Perlindungan dari Api Neraka

Rasulullah saw. pernah bersabda, "Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadan dengan keimanan dan mencari pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari dan Muslim)

Ini merupakan bukti dari keutamaan mendirikan puasa Ramadan.

9. Mendapat Kesempatan Meraih Rahmat, Ampunan, dan Keselamatan

Mendirikan puasa Ramadan dapat memberikan kesempatan untuk meraih rahmat, ampunan, dan keselamatan dari Allah Swt.

Selain itu, puasa bisa jadi kesempatan untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih bertakwa dan lebih baik dalam menjalani kehidupan.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer