Sukses


15 Contoh Soal ABM dan Kunci Jawabannya yang Bisa Dipelajari

Bola.com, Jakarta - Asesmen Bakat dan Minat (ABM) merupakan satu di antara bentuk pengajaran yang digunakan untuk mengenali dan mengukur potensi individu siswa pada aspek kemampuan minat maupun bakat.

Asesmen Bakat dan Minat mengukur kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta dilengkapi dengan tes minat.

ABM berbeda dengan tes prestasi. Perlu diketahui, tes prestasi mengukur pengetahuan akademik, sedangkan tes ABM tidak disusun berdasarkan silabus mata pelajaran tertentu.

ABM memiliki tujuan penting. ABM membantu siswa dalam memprediksi kemampuan pada bakat di bidang-bidang khusus dan minat berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan tertentu.

Siswa juga bisa fokus dan lebih terarah pada pemilihan program studi atau jenis pekerjaan yang paling sesuai dengan potensi diri.

ABM diharapkan bisa menggambarkan bidang keahlian yang tepat sehingga memunculkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran.

Berikut 15 contoh soal Asesmen Bakat dan Minat dan kunci jawabannya yang bisa dipelajari sebagai persiapan diri, Kamis (15/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Soal ABM

1. Dompet : Uang

A. Gunung : Harimau

B. Tas sekolah : Buku

C. Laut : Garam

D. Burung : Sangkar

 

2. Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

A. India

B. Malaysia

C. Australia

D. Jerman

 

3. Mana yang tidak masuk kelompoknya?

A. Penyelidikan

B. Pengusutan

C. Penelitian

D. Penuntutan

 

4. Suatu ruang memiliki dimensi panjang 10 m, lebar 8 m, dan tinggi 6 m. Hitunglah volume ruang tersebut.

A. 480 m³

B. 360 m³

C. 240 m³

D. 120 m³

 

5. Jarak jalan suatu kota adalah 1,3 km. Terdapat rombongan karnaval dengan panjang mobil atau kendaraan lain sekitar 2 – 4 meter dengan jarak antar kendaraan 2 – 5 meter. Maka banyak minimal kendaraan adalah X.

A. P>Q

B. P

C. P=Q

D. P = 20

3 dari 5 halaman

Contoh Soal ABM

6. Absurd ...

A. Mengada-ada

B. Tidak mustahil

C. Absen

D. Hadir

 

7. Diketahui rata-rata dari 6 bilangan adalah 7. Satu di antara bilangan diganti oleh 14 maka rata-ratanya menjadi 8. Manakah hubungan yang tepat antara kuantitas P dan Q?

A. P>Q

B. P

C. P = Q

D. P = 20

 

8. Agama : Atheis

A. Sandal : Sakit kaki

B. Tali : Jatuh

C. Menikah : Bujang

D. Antena : Sinyal

 

9. Landai ...

A. Datar

B. Curam

C. Sedang

D. Luas

 

10. Sebuah roda gigi dengan diameter 10 cm berputar dengan kecepatan 200 rpm. Hitunglah kecepatan linier ujung roda gigi ini.

A. 10 m/s

B. 20 m/s

C. 30 m/s

D. 40 m/s

4 dari 5 halaman

Contoh Soal ABM

11. Yana menabung di Bank Megatron dengan menerapkan bunga tunggal 15 persen per tahun. Jika Yana menabung sebesar x juta rupiah dan setelah beberapa tahun tabungan dia menjadi 1,9x juta rupiah maka Yana menabung selama ... tahun.

A. 2

B. 4

C. 6

D. 8

 

12. Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

A. Minister of Defence

B. Minister of Economy

C. Prime Minister

D. Minister of Trade

 

13. Seorang sekretaris memiliki daftar tugas yang harus diselesaikan pada hari ini. Daftar tugas tersebut terdiri dari 10 pekerjaan. Jika ia telah menyelesaikan 4 pekerjaan, berapa pekerjaan lagi yang harus diselesaikan?

A. 2

B. 4

C. 6

D. 8

 

14. Enmity ...

A. Permusuhan

B. Hubungan

C. Pertengkaran

D. Amity

 

15. Seorang peserta lari bergerak sejauh 500 meter ke arah timur, kemudian berbelok ke selatan dan berlari sejauh 300 meter. Jika ia kemudian berbelok lagi ke barat dan berlari sejauh 200 meter, berapa total jarak yang ditempuhnya?

A. 500 meter

B. 600 meter

C. 700 meter

D. 1000 meter

5 dari 5 halaman

Kunci Jawaban

1. B

2. D

3. D

4. A

5. A

6. B

7. B

8. C

9. B

10. B

11. C

12. C

13. C

14. D

15. C

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer