Sukses


Macam-Macam Cabang Senam Artistik yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Senam artistik atau yang sering disebut dengan gymnastics adalah satu di antara cabang olahraga yang memadukan gerakan senam, akrobatik, dan tarian. Senam artistik biasanya dilakukan di atas alat seperti palang, jembatan, dan lantai.

Olahraga ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya, dimulai dari peradaban kuno di Yunani dan Romawi, yang menggambarkan kekuatan dan keindahan tubuh manusia.

Sejarah senam artistik dapat ditelusuri kembali ke masa awal peradaban Yunani kuno, di mana senam dianggap sebagai bagian integral dari pendidikan fisik.

Pada Olimpiade kuno, senam artistik menjadi satu di antara bagian utama dari kompetisi olahraga. Kemudian, senam artistik makin berkembang dan meluas di Eropa, di mana senam menjadi populer di kalangan masyarakat kelas atas.

Pada abad ke-19, senam artistik mulai diakui sebagai cabang olahraga resmi dan terorganisasi dengan pembentukan federasi-federasi nasional di beberapa negara. Sejak itu, senam artistik menjadi bagian tetap dari Olimpiade modern dan terus berkembang menjadi olahraga yang penuh dengan keanggunan, kekuatan, dan kelincahan.

Hingga saat ini, senam artistik terus menarik minat banyak orang dan menjadi olahraga yang populer di seluruh dunia. Dengan sejarahnya yang kaya, senam artistik tetap menjadi olahraga yang penuh dengan keindahan gerakan dan kekuatan fisik.

Senam artistik terbagi dalam sepuluh cabang yang dipertandingkan. Berikut macam-macam cabang senam artistik dan penjelasannya, Jumat (16/2/2024).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Cabang Senam Artistik yang Perlu Diketahui

1. Gelanggang Lantai (Floor Exercise)

Atlet melakukan rutinitas di atas matras, memadukan elemen-elemen akrobatik, putaran, lompatan, dan keseimbangan.

2. Palang Tinggi (High Bar)

Atlet melakukan rutinitas di palang horizontal tinggi, menunjukkan gerakan akrobatik, putaran, dan lompatan dengan tingkat kesulitan tinggi.

3. Palang Paralel (Parallel Bars)

Atlet melakukan gerakan di antara dua palang paralel, menunjukkan kombinasi keseimbangan, kekuatan, dan gerakan akrobatik.

4. Ayunan Cincin (Still Rings)

Atlet melakukan serangkaian gerakan di antara sepasang cincin yang digantung di atas tanah, menunjukkan kekuatan dan keseimbangan tubuh yang luar biasa.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Cabang Senam Artistik yang Perlu Diketahui

5. Balk (Balance Beam)

Rutinitas dilakukan di atas balok sempit dan tinggi, menyoroti keseimbangan, kekuatan, dan ketangkasan.

6. Lantai Kuda (Pommel Horse)

Atlet melakukan gerakan di atas perangkat lonjong yang disebut lantai kuda, menunjukkan gerakan kaki yang cepat dan rumit.

7. Tumble Tramp (Trampoline Tumbling)

Atlet melakukan serangkaian tumbles dan gerakan akrobatik di atas trampolin untuk menunjukkan ketinggian, rotasi, dan kendali.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Cabang Senam Artistik yang Perlu Diketahui

8. Ritmik (Rhythmic Gymnastics)

Seorang perorangan atau tim melakukan rutinitas dengan menggunakan alat seperti bola, gada, hoop, pita, dan tali, dengan penekanan pada elemen artistik dan musikalitas.

9. Senam Aerobik (Aerobic Gymnastics)

Senam aerobik melibatkan gerakan aerobik yang energik, seperti lompatan, langkah-langkah koreografi, dan gerakan tangan dengan tempo cepat.

10. Senam Artistik untuk Penyandang Disabilitas (Artistic Gymnastics for People with Disabilities)

Ada juga kategori senam artistik yang disesuaikan untuk atlet penyandang disabilitas, yang dapat mencakup berbagai elemen gerakan di berbagai peralatan.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer