Sukses


5 Contoh Teks Diskusi Kelas 9 yang Bisa Dipelajari

Bola.com, Jakarta - Teks diskusi merupakan teks yang berisi tentang pembahasan suatu topik, permasalahan, atau argumen yang disajikan secara mendalam dan serius.

Teks diskusi biasanya digunakan untuk menyampaikan pandangan, pendapat, dan argumen dari beberapa pihak yang berbeda terkait dengan topik yang sedang dibahas.

Dalam teks diskusi, ada pendapat dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Selain itu, teks diskusi disajikan secara objektif serta mengutamakan fakta dan argumen yang kuat.

Teks diskusi didukung oleh data atau fakta yang relevan agar pembaca atau pendengar dapat memahami sudut pandang yang disampaikan.

Dalam isi teks tersebut, para peserta diskusi bisa saling menyampaikan pendapat dan mengemukakan argumen-argumen yang mendukung pendapat mereka.

Kedua pendapat tersebut bersifat pro (positif atau mendukung) dan kontra (negatif atau menentang).

Di sisi lain, teks diskusi termasuk materi yang diajarkan kepada siswa kelas 9.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui contoh teks diskusi kelas 9, berikut pembahasannya yang bisa dipelajari, Senin (19/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Olahraga

  • Pendahuluan

Anak-anak di hampir seluruh dunia, terutama di kota-kota besar, kini semakin gemuk dan semakin diperburuk dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Lalu, bagaimana kita dapat mengatasinya? Cara terbaik adalah dengan bermain olahraga bagi anak-anak semua usia. Beraktivitas melalui permainan olahraga akan menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.

  • Isi (Rangkaian Argumen)

Pertumbuhan fisik memerlukan banyak latihan gerak setiap hari dan cara terbaik melakukannya adalah dengan berolahraga.

Para ilmuwan sudah menunjukkan bahwa anak yang berolahraga memiliki sedikit masalah kesehatan dibanding anak-anak yang hanya duduk di rumah dan banyak menonton televisi atau bermain video gim.

Ada banyak jenis permainan olahraga yang dapat dimainkan anak-anak, dari yang tradisional, seperti galasin dan lompat tali, hingga yang umum seperti sepak bola, futsal, bulu tangkis, voli, senam, dan bola basket.

Syukurlah kita tinggal di Indonesia sehingga dapat memainkan semua jenis olahraga tersebut sepanjang tahun. Jadi, tidak masalah jenis olahraga mana yang kamu sukai atau di mana kamu tinggal, sebab selalu ada jenis olahraga bagi siapa saja.

Tidak ada alasan untuk mengeluh karena merasa bosan. Selain itu, berolahraga secara tim sangat baik bagi anak-anak sebab dapat memperbanyak pertemanan.

Mereka juga belajar bagaimana bekerja sama dalam satu tim dan saling membantu. Anak-anak yang tidak berolahraga tentu saja tidak memiliki kesempatan untuk bersenang-senang dan memiliki banyak teman. Ini menyedihkan.

  • Kesimpulan

Sangat jelas bahwa semua anak sebaiknya harus berolahraga. Olahraga membantu mereka memiliki teman baru, menjaga kebugaran dan kesehatan, serta belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain.

Selain bermanfaat, berolahraga juga sangat menyenangkan karena dapat mengusir rasa bosan dan suntuk di rumah.

3 dari 6 halaman

Media Sosial

  • Pendahuluan

Media sosial terus berkembang pesat seiring teknologi yang semakin maju. Saat ini, media sosial dijadikan sebaga media untuk berkomunikasi, berekspresi, menjalin hubungan, hingga mencari penghasilan.

Namun, kehadiran media sosial membuat banyak orang lebih banyak berkomunikasi secara online dibanding secara langsung.

Hal ini memberikan pengaruh terhadap perilaku masyarakat, baik itu positif maupun negatif.

  • Isi (Rangkaian Argumen)

Kemajuan teknologi saat ini membuat masyarakat banyak beralih menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi. Apabila digunakan dengan tepat, media sosial tentu memberikan banyak pengaruh positif.

Satu di antara contohnya adalah memunginkan komunikasi jarak jauh sehingga bisa mendekatkan yang jauh.

Tak dapat dimungkiri, media sosial membawa perubahan perilaku masyarakat yang cenderung negatif. Contohnya, karena lebih sering berkomunikasi melalui media sosial, masyarakat jadi jarang berkomunikasi secara langsung dengan lingkungan.

Media sosial memang bisa mendekatkan yang jauh, tetapi juga bisa menjauhkan yang dekat.

  • Kesimpulan

Media sosial penting sebagai sarana komunikasi dan informasi jarak jauh. Namun, setiap pengguna harus menentukan batasan dalam pengunaannya.

Sebagai orang tua, sebaiknya mengedukasi dan memantau anak agar tidak berlebihan dalam menggunakan media sosial.

4 dari 6 halaman

Narkoba

  • Pendahuluan

Narkoba adalah zat dan obat berbahaya yang bersifat adiktif. Narkoba dapat memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan penggunanya.

Dampak buruk tersebut bisa semakin parah jika narkoba dikonsumsi dalam jangka panjang dan jumlah yang besar.

  • Isi (Rangkaian Argumen)

Dampak buruk narkoba bagi kesehatan sebagai berikut:

  • Kerusakan saraf dan otak.
  • Kerusakan paru-paru.
  • Mengalami mual dan muntah.
  • Menurunkan nafsu makan dan berat badan.
  • Disfungsi organ reproduksi, dan sebagainya.
  • Kesimpulan

Setelah menyadari dampak buruk yang ditimbulkan oleh narkoba, disarankan untuk menghindari penggunaan obat-obatan terlarang tersebut. Selain itu, tetap berhati-hati dalam bergaul agar tidak terjebak dalam pergaulan bebas.

Namun, sebenarnya penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan menimbulkan efek negatif jika dilakukan sesuai dengan aturan yang benar. Bahkan, zat-zat psikotropika dapat digunakan untuk tujuan pengobatan yang sah.

5 dari 6 halaman

Internet

  • Pendahuluan

Internet telah banyak membantu manusia dalam berbabagi aspek kehidupan. Hal ini berarti internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial.

Dengan adanya internet, apa pun dapat kita lakukan, baik hal positif maupun hal negatif.

Sebagai media komunikasi, internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.

  • Isi (Rangkaian Argumen)

Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet.

Tidak dapat dimungkiri, internet memberikan pengaruh kepada pelajar. Namun, tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan internet.

Beberapa berita, baik televisi maupun koran, melansir adanya penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah umur yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet.

Sifat anak yang mudah percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.

  • Kesimpulan

Semua pihak, baik orang tua, guru, pemerintah maupun siswa, diharapkan mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet bersama-sama.

Pemerintah diharapkan dapat memblokir situs-situs yang tidak baik. Orang tua juga diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya agar anak dapat terus terpantau dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.

6 dari 6 halaman

Pergaulan Bebas

  • Pendahuluan

Dewasa ini, kalangan remaja sangat mudah bergaul di luar pemikiran kita. Kenakalan remaja makin lama makin parah.

Kondisi tersebut membuat banyak orang tua yang melarang anaknya untuk keluar malam karena takut akan melakukan tindakan yang tidak seharusnya.

Namun, ada pula orang tua yang membebaskan anaknya untu keluar malam hari.

  • Isi (Rangkaian Argumen)

Pergaulan bebas remaja ini nyatanya memiliki sisi positif, sebab kalangan remaja bisa dengan mudah mendapatkan teman baru serta pengalaman.

Meskipun memiliki sisi positif, pergaulan bebas lebih banyak memiliki sisi negatif. Beberapa permasalahan pergaulan bebas remaja, misalnya karena kurang perhatian dari orang tua sehingga mereka terjerumus pada hal-hal seperti rokok, narkoba, hingga seks bebas.

  • Kesimpulan

Untuk menghadapi pergaulan bebas remaja saat ini, kalangan remaja harus cakap dalam menjaga diri sendiri.

Mereka harus bisa membedakan antara pergaulan yang baik dan buruk. Hal ini pun tak lepas dari peran orang tua serta guru dalam memberikan edukasi yang tepat.

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer