Sukses


11 Cara Menghormati Guru yang Penting Dipahami Siswa

Bola.com, Jakarta - Menghormati guru di sekolah merupakan hal penting untuk dilakukan oleh siswa karena guru adalah sosok yang membimbing dan memberikan ilmu pengetahuan kepada kita. Selain itu, guru merupakan orang tua kedua bagi siswa di sekolah.

Dengan menghormati guru, siswa dapat membangun hubungan yang baik dengan guru dan juga memberikan contoh yang baik bagi siswa lainnya dalam menghormati para pendidik.

Selain itu, kita menghormati ilmu pengetahuan yang mereka berikan kepada kita. Maka, sikap menghormati guru perlu ditanamkan sejak dini.

Ada beberapa cara menghormati guru di sekolah yang seharusnya dilakukan oleh setiap siswa.

Berikut 11 cara menghormati guru yang penting dipahami siswa, Selasa (20/2/2024).

2 dari 6 halaman

Cara Menghormati Guru

1. Memberi Salam

Hormat kepada guru bisa dilakukan dengan cara sederhana, yaitu memberi dan mengucapkan salam saat berpapasan atau saat guru memasuki kelas. Meski sederhana, guru akan merasa dihormati dan dihargai oleh siswa-siswanya.

Selain sebagai bentuk penghormatan, memberi salam juga menjadi satu di antara cara bagi siswa untuk bersikap sopan kepada guru.

2. Mendengarkan Ketika Guru Menjelaskan Materi Pelajaran

Cara kedua untuk menghormati dan menghargai guru adalah dengan mendengarkan dengan saksama ketika guru menjelaskan materi pelajaran.

Sekalipun kita tidak menyukai mata pelajaran tersebut, tetapi tetap saja kita harus mendengarkan penjelasan beliau. Siapa tahu dengan begitu, perlahan-lahan kita justru dapat memahami materinya.

Ketika mendengarkan tersebut, kita juga jangan mengobrol dengan teman sebangku, atau bahkan hingga tidur. Hal tersebut jelas memperlihatkan bahwa kita tidak menghargai usaha guru yang sudah menjelaskan banyak hal.

3 dari 6 halaman

Cara Menghormati Guru

3. Selalu Mengerjakan Tugas yang Diberikan Guru

Selalu mengerjakan tugas merupakan satu di antara contoh sikap menghormati guru. Ketika guru memberi tugas, siswa selalu mengerjakan tugas tersebut dengan baik.

Jika semua siswa mengerjakan tugas yang diberikan, guru akan merasa dihormati sebagai tenaga pengajar. Selain itu, guru menjadi lebih semangat membimbing muridnya.

4. Menaati Perintah Guru

Guru tidak hanya menginginkan muridnya menjadi sosok yang pintar dan berguna, tetapi juga berperilaku baik.

Jika ada yang berperilaku kurang baik guru akan selalu memberi nasihat. Dengar semua nasihat yang disampaikan guru dan taati perintahnya.

4 dari 6 halaman

Cara Menghormati Guru

5. Mengucapkan Terima Kasih

Guru sejatinya adalah sosok yang berjasa karena telah mengajarkan ilmu pengetahuan kepada kita.

Maka itu, kita harus senantiasa mengucapkan terima kasih atas semua ilmu, perhatian, dan kasih sayang yang telah diberikan.

6. Tidak Memotong Pembicaraan Guru

Ketika guru sedang menjelaskan materi pelajaran di kelas, jangan pernah menyela atau memotong pembicaraannya.

Jika kamu ingin bertanya atau mengatakan sesuatu, tunggu sampai beliau selesai menjelaskan. Setelah itu, angkat tanganmu dan setelah dipersilakan untuk bicara, kemukakan apa yang hendak kamu katakan.

5 dari 6 halaman

Cara Menghormati Guru

7. Langsung Meminta Maaf saat Melakukan Kesalahan

Layaknya manusia pada umumnya, para siswa kerap kali melakukan kesalahan di sekolah.

Jika siswa melakukan kesalahan di sekolah, terutama kepada gurunya, ajarkan anak untuk langsung meminta maaf.

Hal ini tidak hanya membuat anak menghormati guru sekolah, tetapi juga membuat siswa bisa mengakui kesalahannya dan tahu mana yang benar atau tidak.

8. Belajar dengan Tekun

Keinginan terbesar guru adalah melihat para siswanya sukses. Oleh karena itu, belajar dengan tekun bisa menjadi satu di antara cara menghormati guru.

Hal ini bisa siswa lakukan dengan selalu mengutamakan kualitas dan berupaya sebaik mungkin dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Bukan cuma saat mengerjakan tugas, siswa juga perlu belajar dengan tekun agar bisa menghadapi ujian sekolah dengan baik sehingga bisa mendapat nilai akademik yang baik pula.

6 dari 6 halaman

Cara Menghormati Guru

9. Meminta Izin Guru jika Ingin Keluar Kelas

Usahakan untuk tetap berada di kelas selama pelajaran berlangsung sebagai satu di antara bentuk hormat kepada guru ketika belajar.

Jangan keluar begitu saja jika butuh pergi ke toilet atau keperluan mendesak lainnya. Jika memang butuh pergi keluar kelas, pastikan siswa selalu meminta izin kepada guru yang sedang mengajar.

10. Tidak Menyontek atau Menyalin Tugas

Hormati guru di sekolah dengan tidak bertindak curang, seperti menyontek ketika ujian atau menyalin tugas teman.

Menyontek dan menyalin tugas (plagiat) adalah tindakan yang tidak dapat diterima. Tindakan ini menjadi bukti bahwa siswa tidak menghormati guru yang sudah bersusah payah mengajarinya.

11. Mengucapkan Terima Kasih

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada guru yang telah mendedikasikan waktunya untuk mengajar para siswa di sekolah.

Guru akan merasa terhormat karena upayanya dalam mengajar dan mendidik selama ini dihargai dan dipandang secara positif.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer