Sukses


Macam-Macam Rasa Malu yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Rasa malu adalah perasaan tidak nyaman, tidak senang, atau merasa terhina ketika melakukan atau mengalami sesuatu yang dianggap tidak pantas atau salah.

Merasa malu bisa disebabkan oleh pengalaman yang membuat seseorang merasa tidak berdaya, tidak mampu, atau gagal dalam situasi tertentu. Rasa malu dapat timbul dari tindakan sendiri maupun dari perlakuan orang lain terhadap kita.

Rasa malu sering kali muncul ketika seseorang melakukan kesalahan atau tindakan yang dianggap tidak pantas di hadapan orang lain. Misalnya, ketika seseorang terlambat dalam sebuah acara penting, gagal dalam melakukan sesuatu, atau melakukan tindakan yang dianggap tidak sopan.

Rasa malu juga bisa timbul ketika seseorang dipermalukan atau diejek oleh orang lain.

Hal penting yang perlu dipahami adalah rasa malu merupakan perasaan yang manusiawi dan dapat dialami oleh siapa pun. Terkadang, rasa malu bisa menjadi sinyal bahwa seseorang harus memperbaiki diri atau belajar dari kesalahan.

Namun, rasa malu yang berlebihan atau terus-menerus juga bisa menjadi masalah yang perlu ditangani dengan bantuan profesional. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memahami dan mengelola rasa malu dengan cara yang sehat dan positif.

Berikut macam-macam rasa malu yang perlu diketahui, Selasa (20/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Rasa Malu yang Perlu Diketahui

Malu Terbuka (Open Shame)

  • Merupakan reaksi terbuka terhadap suatu peristiwa atau perilaku yang dianggap memalukan.
  • Seseorang mungkin menunjukkan ekspresi wajah, bahasa tubuh, atau komentar yang mengekspresikan malu secara terbuka.

Malu Tersembunyi (Hidden Shame)

  • Seseorang mungkin merasakan malu, tetapi mencoba untuk menyembunyikannya dari orang lain.
  • Ini dapat menyebabkan penekanan emosi dan mungkin sulit untuk orang lain memahami bahwa seseorang merasa malu.

Malu Retrospektif

  • Malu yang muncul setelah seseorang merefleksikan perilaku atau tindakan masa lalu yang dianggap tidak pantas atau salah.
  • Ini dapat timbul ketika seseorang menyadari akibat dari tindakannya setelah kejadian tersebut.

Malu Prospektif

  • Malu yang muncul sebelum melakukan suatu tindakan atau perilaku tertentu karena merasa khawatir akan mendapat penilaian negatif dari orang lain.

Malu Sosial

  • Malu yang terkait dengan norma sosial atau budaya tertentu. Perasaan ini muncul ketika seseorang melanggar aturan atau norma yang diterima oleh kelompoknya.
3 dari 3 halaman

Macam-Macam Rasa Malu yang Perlu Diketahui

Malu Pribadi

  • Sifat malu yang timbul dari perasaan tidak puas terhadap diri sendiri atau rasa rendah diri.
  • Individu mungkin merasa malu terkait penampilan fisik, kegagalan pribadi, atau perasaan tidak berharga.

Malu Situasional

  • Malu yang timbul sebagai respons terhadap situasi tertentu, misalnya, ketika seseorang terjatuh di depan umum atau melakukan kesalahan yang dapat dilihat orang banyak.

Malu Budaya

  • Terkait aturan dan norma sosial yang diterima dalam suatu budaya tertentu. Seseorang mungkin merasa malu karena melanggar nilai-nilai atau norma budaya.

Malu Anak-Anak

  • Umumnya terkait dengan pengalaman malu pada masa kanak-kanak, seperti diolok-olok oleh teman atau ketahuan melakukan sesuatu yang dianggap "bodoh" oleh orang dewasa.

Malu Berlebihan (Excessive Shame)

  • Sebuah tingkat malu yang berlebihan dan tidak seimbang dengan situasi atau kesalahan yang dilakukan. Hal ini bisa berdampak negatif pada kesejahteraan psikologis seseorang.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer