Sukses


9 Dalil tentang Salat yang Perlu Diteladani

Bola.com, Jakarta - Kedudukan salat dalam agama Islam diibaratkan tiang penopang dari suatu kubah atau kemah. Tiang penopang yang dimaksud di sini adalah tiang utama.

Umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah salat fardu lima waktu dalam sehari semalam. Adapun ibadah salat lima waktu tersebut ialah salat Subuh, Zuhur, Asar, Magrib dan Isya.

Selain salat fardu, umat muslim dianjurkan menunaikan salat sunah. Salat sunah merupakan ibadah yang didirikan di antara salat fardu.

Meski begitu, terkadang masih ada umat muslim yang lalai bahkan sampai tidak mengerjakan salat.

Agar kamu bisa lebih memahami betapa penting dan bermaknanya ibadah ini, tidak ada salahnya kamu membaca beberapa dalil tentang salat yang bisa ditanamkan pada diri.

Berikut sembilan dalil tentang salat yang perlu diteladani umat muslim, Selasa (20/2/2024).

2 dari 4 halaman

Dalil tentang Salat

Dalil tentang Salat (1)

"Barang siapa yang menunaikan salat berjemaah di masjid, maka Allah akan menulis baginya pahala seperti pahala salat berjemaah sebanyak 27 kali lipat." (HR. Bukhari, Muslim)

Dalil tentang Salat (2)

اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

"Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An Nisa: 103)

Dalil tentang Salat (3)

"Salat berjemaah lebih utama daripada salat sendirian di rumah atau di tempat lain. Jika seseorang mengetahui pahala salat berjemaah, niscaya dia akan mendatanginya meskipun harus merangkak dengan tangan dan lutut." (HR. Bukhari, Muslim)

3 dari 4 halaman

Dalil tentang Salat

Dalil tentang Salat (4)

وَأَقِمِ الصَّلوةَ إِنَّ الصَّلوةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ

"Kerjakanlah salat, sesungguhnya salat itu mencegah perbuatan yang keji dan yang mungkar." (QS. Al Ankabut: 45)

Dalil tentang Salat (5)

"Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah salat. Barang siapa meninggalkannya maka dia telah kafir." (HR. Ahmad, Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah)

Dalil tentang Salat (6)

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

"Dan dirikanlah salat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (QS Hud: 114)

4 dari 4 halaman

Dalil tentang Salat

Dalil tentang Salat (7)

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

"Dan dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Baqarah: 110)

Dalil tentang Salat (8)

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk." (QS. Al Baqarah: 45)

Dalil tentang Salat (9)

"Sesungguhnya pertama-tama perbuatan manusia yang dihisab pada hari kiamat adalah salat wajib. Maka apabila ia telah menyempurnakannya (maka selesailah persoalannya). Namun, apabila tidak sempurna salatnya, dikatakan (kepada malaikat), 'Lihatlah dulu, apakah ia pernah mengerjakan salat sunah! Jika ia mengerjakan salat sunah maka kekurangan dalam salat wajib disempurnakan dengan salat sunahnya'. Kemudian semua amal-amal yang wajib diperlakukan seperti itu." (HR. Khamsah, dalam Nailul Authar Juz 1, Hal. 345)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer