Sukses


Keutamaan Menjalankan Puasa Nisfu Syaban

Bola.com, Jakarta - Puasa nisfu Syaban merupakan satu di antara amalan yang dianjurkan bagi umat Islam. Puasa ini dilaksanakan pada tanggal 15 bulan Syaban, dan memiliki banyak keutamaan yang dapat diambil manfaatnya.

Pada malam ini, biasanya umat Islam berkumpul dan membaca Al-Qur'an surah Yasin atau surah Ad Dhukhan bersama-sama.

Sebagai umat Islam, akan rugi jika tidak melakukan amalan-amalan di bulan Syaban yang dianjurkan. Satu di antaranya ialah puasa .

Menjalankan puasa nisfu Syaban juga menjadi sarana untuk membersihkan diri dari dosa-dosa. Dengan menjalankan puasa nisfu Syaban, setiap orang berkesempatan untuk memperbaiki hubungan dengan Allah Swt. dan meningkatkan ketakwaan kepada-Nya.

Dengan demikian, menjalankan puasa nisfu Syaban adalah bentuk upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. serta meraih keberkahan hidup di dunia maupun di akhirat.

Lantas, apa saja keutamaan menjalankan puasa nisfu Syaban?

Berikut keutamaan menjalankan puasa nisfu Syaban yang perlu diketahui umat muslim, Selasa (20/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Keutamaan Menjalankan Puasa Nisfu Syaban

1. Meningkatkan Ketaatan pada Allah

Puasa nisfu Syaban adalah satu di antara amalan sunah yang disunahkan untuk dilakukan oleh umat muslim. Dengan menjalankan puasa ini, umat muslim dapat menunjukkan ketaatan dan kepatuhan pada perintah Allah.

Dengan mematuhi sunah-sunah Rasulullah, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah dan memperoleh keberkahan-Nya. Melalui puasa nisfu Syaban, kita dapat menguatkan iman, memperbaiki hubungan dengan Allah, serta meningkatkan ketakwaan.

2. Mendapatkan Pahala yang Besar

Menjalankan puasa nisfu Syaban juga memberikan kesempatan bagi umat muslim untuk mendapatkan pahala yang besar.

Rasulullah saw. bersabda bahwa Allah Swt. memandang hamba-Nya pada malam Nisfu Syaban dan memberikan ampunan kepada siapa pun yang meminta ampunan-Nya.

Puasa nisfu Syaban juga dikatakan dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah dilakukan selama setahun. Dengan menjalankan puasa ini secara ikhlas dan penuh keimanan, kita dapat berharap mendapatkan pahala yang besar dari Allah Swt.

3. Mendekatkan Diri kepada Allah

Puasa nisfu Syaban dapat membantu umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan menjalankan amalan ini, kita dapat membiasakan diri untuk melakukan hal-hal yang dicintai oleh Allah, seperti puasa dan ibadah-ibadah lainnya.

Kita juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk memperbanyak tawakal dan doa kepada Allah Swt. serta memperbanyak amal saleh yang dapat mendekatkan diri kepada-Nya.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Menjalankan Puasa Nisfu Syaban

4. Membersihkan Diri dari Dosa

Selain mendekatkan diri kepada Allah, puasa nisfu Syaban dapat membantu umat muslim membersihkan diri dari dosa-dosa. Dengan menjalankan puasa ini, kita dapat membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan selama setahun.

Puasa ini juga dapat membantu kita untuk melakukan introspeksi, merenungkan perbuatan-perbuatan buruk yang telah dilakukan, serta bertekad untuk memperbaiki diri di masa mendatang.

5. Meraih Berkah dan Rezeki

Menjalankan puasa nisfu Syaban juga dapat membawa berkah dan rezeki dari Allah Swt. Rasulullah saw. bersabda bahwa pada malam nisfu Syaban, Allah Swt. memberikan keputusan mengenai rezeki dan umur hamba-Nya.

Dengan menjalankan puasa ini dengan penuh keimanan dan harapan pada kebaikan dari Allah, kita dapat berharap untuk mendapatkan berkah serta rezeki yang melimpah pada tahun yang akan datang. Makin dekat kita kepada-Nya, makin besar pula kemurahan-Nya yang akan kita peroleh.

Dengan mendapatkan keutamaan tersebut, menjalankan puasa nisfu Syaban menjadi satu di antara amalan yang sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer