Sukses


Macam-Macam Gangguan pada Mata yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Gangguan pada mata menjadi satu di antara masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Gangguan tersebut dapat menyebabkan ketaknyamanan, penurunan kualitas hidup, bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ada berbagai macam gangguan pada mata yang dapat terjadi, dari gangguan refraksi seperti miopia hingga gangguan pada struktur mata seperti katarak.

Ketika mengalami gangguan pada mata, penting untuk segera mengonsultasikan ke dokter spesialis mata. Hal itu agar mendapatkan diagnosis yang tepat dan penanganan yang sesuai.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang macam-macam gangguan pada mata ini, kita dapat lebih memperhatikan kesehatan mata kita dan mencegah terjadinya gangguan-gangguan tersebut.

Berikut macam-macam gangguan pada mata yang perlu diwaspadai, Selasa (20/2/2024).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Gangguan pada Mata

1. Katarak

Katarak terjadi ketika lensa mata mengalami kekeruhan yang mengganggu penglihatan. Hal ini disebabkan oleh penuaan, cedera, atau faktor genetik.

2. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang disebabkan oleh tekanan intraokular yang tinggi. Hal tersebut dapat merusak saraf optik dan menyebabkan kehilangan penglihatan.

3. Degenerasi Makula

Gangguan ini terjadi ketika makula, bagian mata yang bertanggung jawab atas penglihatan tajam, mengalami kerusakan. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam melihat objek di depan mata.

4. Retinopati Diabetik

Penderita diabetes dapat mengalami gangguan ini karena tingginya kadar gula dalam darah dapat merusak pembuluh darah di mata.

5. Blefaritis

Ini adalah peradangan pada kelopak mata yang dapat menyebabkan rasa gatal, iritasi, dan kepekaan terhadap cahaya.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Gangguan pada Mata

6. Penyakit Mata Kering

Gangguan ini disebabkan oleh kurangnya produksi air mata atau kualitas air mata yang buruk. Hal tersebut dapat menyebabkan mata terasa kering, gatal, dan teriritasi.

7. Presbiopi

Presbiopi adalah gangguan penglihatan yang terjadi akibat penuaan, di mana mata kehilangan kemampuan untuk fokus pada objek dekat.

8. Mata Merah

Mata merah dapat disebabkan oleh iritasi, infeksi, atau peradangan pada mata.

9. Blefarospasme

Blefarospasme adalah gangguan di mana kelopak mata berkedip secara tidak terkendali atau berkedut.

 

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer