Sukses


5 Contoh Resensi Buku yang Bisa Dipelajari

Bola.com, Jakarta - Resensi buku merupakan suatu bentuk ulasan atau tinjauan mengenai suatu buku yang mencakup pemikiran dan penilaian dari seorang pembaca.

Resensi buku biasanya berisi tentang sinopsis singkat dari buku tersebut, penilaian terhadap alur cerita, karakter, dan gaya penulisan yang digunakan oleh penulis.

Resensi buku penting untuk memberikan informasi kepada pembaca potensial tentang isi dan kualitas suatu buku sebelum mereka memutuskan untuk membacanya.

Dengan demikian, resensi buku dapat membantu pembaca untuk memilih bacaan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

Berikut lima contoh resensi buku yang bisa kamu pelajari, Selasa (20/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Resensi Buku (1)

- Identitas Buku

Judul Buku: Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi

Pengarang: H. Abdurrahmat Fathoni

Penerbit: PT. Rineka Cipta

Tahun Terbit: 2006

- Sinopsis Buku

Buku Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi merupakan buku yang disusun berdasarkan pandangan dan pemikiran dari beberapa peneliti dan pakar dalam bidang metodologi penelitian.

Tujuannya untuk membantu mereka yang ingin mengetahui seluk-beluk metodologi penelitian, prosedur penelitian, dan desain penelitian yang secara umum dapat digunakan dalam penelitian ilmu sosial.

Teknik-teknik yang diungkapkan dalam buku ini juga dapat membantu mahasiswa dalam penyusunan skripsi.

- Kelebihan Buku

  • Buku ini terlalu segmented, jadi yang membaca buku ini sebisa mungkin hanyalah seseorang yang ingin menjalani skripsi atau penelitian.
  • Buku ini sangat dijelaskan secara detail setiap langkah-langkah dan metode yang ditempuh.
  • Mudah ditemukan di toko buku mana saja.
  • Dapat digunakan acuan untuk semua kampus.

- Kekurangan Buku

  • Ada beberapa kampus yang memiliki metode penelitian skripsi yang berbeda dengan yang tertera di dalam buku. Jadi, harus membandingkan buku satu dengan buku yang sejenis lainnya.
  • Ada beberapa istilah asing dalam buku yang tidak dijelaskan secara detail.
3 dari 6 halaman

Contoh Resensi Buku (2)

- Identitas Buku

Judul Buku: Satwa Terancam Bahaya

Penulis Buku: Jen Green

Penerbit Buku: Pakar Raya

Cetakan: Tahun 2006

Tebal: 32 Halaman

- Sinopsis Buku

Di dalam buku karangan Jen Green ini banyak pengetahuan yang akan mengajak kita untuk lebih mengenal dan mengetahui penyebab satwa menjadi langka dan bagaimana cara menyelamatkannya dari kepunahan. Hewan dan tumbuhan punah merupakan hewan dan tumbuhan yang telah mati secara keseluruhan. Hewan yang langka adalah hewan yang terancam kepunahan atau populasinya akan musnah.

Pada zaman dahulu, sudah banyak spesies yang telah punah. Hal ini karena hewan tersebut tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

Pada zaman sekarang ini sedang terjadi pemanasan global, yakni perubahan suhu bumi dengan cepat. Banyak penyebab hewan menjadi langka bahkan punah.

Pencemaran, penebangan liar, perburuan secara besar-besaran, penangkapan ikan yang berlebihan, hujan asam, itu semua dapat menyebabkan satwa menjadi langka.

Untungnya masih ada kelompok atau komunitas pencinta alam yang bersedia menyelamatkan satwa langka. Seharusnya tidak hanya pencinta alam saja yang membantu menjaga melestarikan satwa langka. Akan tetapi, masyarakat juga harus bertindak, satu di antaranya dengan mematuhi UU yang berlaku tentang perlindungan satwa langka.

- Kelebihan Buku

Jika dari tata bahasa, buku ini mampu membantu siswa dengan kemampuan baca yang berbeda dan dapat menikmati buku yang sama. Baik itu secara materi di kelas maupun bacaan kelompok sendiri.

- Kekurangan Buku

Masih terdapat beberapa istilah asing yang tidak ada penjelasannya sehingga masih menimbulkan tanda tanya untuk para pembacanya.

4 dari 6 halaman

Contoh Resensi Buku (3)

- Identitas Buku

Judul Buku: Memahami Film

Pengarang: Himawan Pratists

Penerbit: Homerian Pustaka

Tahun Terbit: 2008

Tebal Halaman: 223 halaman

- Sinopsis Buku

Sebagian besar orang masih melihat film adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Padahal, film dapat dibuat oleh siapa pun. Walau minat seseorang belajar buat film tinggi, kedalaman memahami seni film masih sangat terbatas.

Pengetahuan tentang film sebagai sebuah karya seni masih berada di ruang-ruang kuliah semata, padahal film bukan milik para akademisi saja, melainkan milik semua orang yang hobi menonton.

Buku ini mencoba membantu penonton untuk membaca film sebagai sebuah bentuk seni. Melalui buku ini, pembaca akan belajar tentang motif atas pilihan teknik sutradara baik dari sisi naratif maupun sinematiknya.

Buku ini akan dengan mudah ditangkap pembacanya ditambah dengan gambar-gambar penunjang.

- Kelebihan Buku

  • Mampu memberikan contoh-contoh dari setiap unsur pembentuk film dengan disertai ilustrasi dan referensi film. Contoh-contoh tersebut akan memudahkan pembaca.
  • Menjelaskan detail topik yang dibahas dalam buku, seperti jenis dan ciri genre, aspek naratif, struktur tiga babak dan alternatif, aspek sinematik, suara, dan lain-lain.
  • Mampu membantu pembuat film baru yang masih dalam tahap pengenalan alat-alat dan proses produksi film karena buku ini sangat ringan dan menuntun bagi pemula.

- Kekurangan Buku

  • Buku ini sangat susah didapatkan, bahkan di toko buku ternama jarang menjualnya. Jika ingin mencari buku ini bisa membuka Instagram atau situs penyedia jasa jual buku.
5 dari 6 halaman

Contoh Resensi Buku (4)

- Identitas Buku

Judul Buku: Koala Kumal

Penulis: Raditya Dika

Tebal Buku: 250 halaman

Penerbit: Gagas Media

Tahun Terbit: 2015

- Sinopsis Buku

Pada 2015, Raditya Dika merilis buku barunya yang berjudul 'Koala Kumal'. Buku yang berkisah tentang manis pahitnya sebuah cinta. Seperti karya-karya sebelumnya, Dika mengemas dengan konsep drama cinta komedi.

Dalam bukunya, Raditya Dika mengutarakan tentang patah hati. Ada seseorang yang dahulu satu sama lain saling mengasihi rasa nyaman, tetapi di kala bertemu kembali, rasa itu telah pudar.

Dika menggambarkan hal itu dengan kisah seekor koala yang berimigrasi dari tempat tinggalnya di hutan. Namun, saat seekor koala kembali ia kebingungan karena hutan yang pernah menjadi tempat tinggalnya dahulu telah gundul akibat ulah manusia tidak bertanggung jawab.

Dari penggambaran imajinasi itu Dika memberikan judul buku barunya 'Koala Kumal;. Jika sebelum-sebelumnya Dika selalu menuangkan komedi kasar dalam setiap karyanya, di buku Koala Kumal ini ia justru menuangkan komedi memakai hati.

Dika memiliki prinsip bahwa lucu itu tidak harus menggunakan komedi kasar, komedi pakai hati juga bisa untuk membuat kelucuan. Koala Kumal menjelaskan bahwa patah hati merupakan suatu proses menuju taraf kedewasaan.

Dalam patah hati janganlah kamu untuk mudah putus asa mengejar cinta. Meraih suatu harapan itu butuh perjuangan. So, dalam perjuangan cinta kamu harus bisa mempertahankan kenyamanan.

- Keunggulan Buku

Menuangkan kisah cinta yang sangat cocok untuk dibaca para remaja. Konsep temanya berbeda dengan buku-buku sebelumnya yang memang selalu sama. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami secara universal. Tata tulisan jauh lebih baik dibanding karya tulis perdananya 'Kambing Jantan'.

- Kekurangan Buku

Secara menyeluruh kekurangan hanya pada tebal bukunya saja yang lebih tipis dari karya tulis lainnya.

6 dari 6 halaman

Contoh Resensi Buku (5)

- Identitas Buku

Judul Buku: Pengantar Filsafat Pendidikan

Penulis: Drs. Uyoh sadulloh, M.Pd

Jumlah Halaman Buku: 183 hlm.

Tahun Terbit: September 2004

- Sinopsis Buku

Pendidikan adalah suatu kegiatan yang dikerjakan manusia menggunakan media yang sangat luas, di mana mencakup semua pengetahuan dan pengalaman pada manusia mengenai pendidikan.

Pendidikan menjadi satu di antara praktik di dalam hidup, sama halnya kegiatan lainnya, seperti kegiatan hukum, kegiatan agama, kegiatan ekonomi, dan kegiatan lainnya. Di samping itu, kita bisa mempelajari pendidikan dengan cara akademik, baik itu secara empirik yang sumbernya dari pengalaman, atau dengan merenungi untuk melihat arti dari pendidikan dalam konteks yang lebih luas lagi.

Pertama adalah praktik pendidikan, dan kedua adalah teori pendidikan.

- Keunggulan Buku

Keunggulan buku ini ialah mampu memberi informasi mengenai suatu nilai, sumber nilai, dan bagiamana seorang manusia bisa mendapatkan nilai itu, sebab pendidikan pada prinsipnya tidak bisa dipisahkan dengan nilai.

- Kekurangan Buku

Buku ini memiliki kelemahan yaitu kurang memberikan kepahaman untuk para pembaca yang masih pemula, yang menyebabkan penyampaian dalam buku ini tidak tersampaikan dengan baik ke pembaca.

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer