Sukses


9 Keutamaan Menyantuni Anak Yatim bagi Umat Islam

Bola.com, Jakarta - Dalam ajaran agama Islam, menyantuni anak yatim merupakan suatu amalan yang sangat dianjurkan. Keutamaan dalam menyantuni anak yatim memiliki nilai kebaikan yang besar.

Menyantuni anak yatim bukan hanya sekadar memberikan bantuan materi, tetapi juga memberikan cinta, perhatian, dan kasih sayang kepada anak-anak yang kehilangan sosok orang tua.

Dengan menyantuni anak yatim, kita dapat mendapatkan kebaikan dan pahala yang melimpah dari Allah Swt.

Selain itu, menyantuni anak yatim merupakan bentuk dari kepedulian sosial. Dengan menyantuni anak yatim, kita dapat membantu meringankan beban hidup mereka dan memberikan mereka harapan dan kebahagiaan.

Dengan demikian, mari kita tingkatkan kepedulian terhadap anak yatim dan memberikan mereka cinta, kasih sayang, dan perhatian yang mereka butuhkan.

Ada beberapa keutamaan lainnya yang bisa didapat dengan menyantuni anak yatim.

Berikut beberapa keutamaan menyantuni anak yatim bagi umat Islam, Rabu (21/2/2024).

2 dari 3 halaman

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

1. Pahala yang besar

Menyantuni anak yatim memiliki keutamaan besar di sisi Allah. Hal ini karena Rasulullah saw. pernah bersabda bahwa orang yang menyantuni anak yatim akan masuk surga.

2. Membantu yang membutuhkan

Anak yatim merupakan golongan yang membutuhkan perhatian dan bantuan. Dengan menyantuni mereka, kita dapat membantu memenuhi kebutuhan mereka secara material maupun emosi.

3. Menanamkan kebaikan

Dengan menyantuni anak yatim, kita menanamkan kebaikan dalam diri mereka. Mereka akan merasakan kasih sayang dan perhatian yang dapat membantu membangun kepercayaan diri dan rasa kebahagiaan.

4. Mendekatkan diri kepada Allah

Menyantuni anak yatim adalah satu di antara cara untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berbuat baik kepada anak yatim, kita mendapat keberkahan dan rahmat dari Allah Swt.

5. Memperoleh keberkahan dalam rezeki

Allah Swt. menjamin keberkahan dalam rezeki bagi orang yang menyantuni anak yatim. Dengan berbuat baik kepada mereka, Allah akan melipatgandakan rezeki yang diberikan.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

 6. Mendapat syafaat di akhirat

Menyantuni anak yatim juga merupakan amalan yang dapat mendatangkan syafaat di hari akhir nanti. Mereka akan menjadi sebab kelancaran kita di hari kiamat.

7. Membangun kepedulian sosial

Melalui kegiatan menyantuni anak yatim, kita juga membangun kepedulian sosial dalam masyarakat. Hal ini dapat membantu mengatasi kesenjangan sosial dan memperkuat tali persaudaraan.

8. Menjadi contoh yang baik

Dengan menyantuni anak yatim, kita menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Hal ini dapat memberikan inspirasi kepada orang lain untuk juga melakukan kebaikan yang serupa.

9. Mendapatkan kebahagiaan dalam hidup

Dengan menyantuni anak yatim, kita akan merasakan kebahagiaan dalam hidup. Memberikan kebahagiaan kepada orang lain juga akan membawa kebahagiaan bagi diri sendiri.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer