Sukses


Bacaan Doa Hari Kamis Pagi dan Malam yang Bisa Diamalkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa Kamis pagi dan malam penting untuk diketahui umat muslim. Setiap hari dalam seminggu memiliki keistimewaannya masing-masing, termasuk hari Kamis.

Kamis menjadi satu di antara hari yang memiliki banyak keutamaan dalam ajaran Islam. Maka itu, di hari istimewa tersebut ada berbagai jenis amalan yang dianjurkan untuk dilakukan seorang muslim pada hari Kamis.

Satu di antara amalan yang bisa dikerjakan umat muslim di hari Kamis ialah membaca doa. Di mana doa tersebut memiliki kebaikan di dalam menjalani kehidupan.

Bahkan doa hari Kamis pun turut diamalkan oleh putri Rasulullah saw, yakni Fatimah Az-Zahra. Penting bagi umat muslim mengetahui bacaan doa yang diamalkan oleh putri Rasullullah tersebut .

Selain membaca doa hari Kamis, umat Islam dianjurkan untuk berpuasa sunah serta berzikir untuk mendapatkan keberkahan dan pahala di hari istimewa ini.

Berikut bacaan doa Kamis pagi dan malam yang bisa diamalkan umat muslim, disadur dari Liputan6, Selasa (21/2/2024).

2 dari 4 halaman

1. Doa Fatimah Az-Zahra

Dalam kitab Shahifah Al-Fathimiyyah terdapat kumpulan doa yang dipanjatkan oleh Sayyidah Fatimah Az-Zahra, putri Rasulullah Muhammad saw. Berikut bacaan doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالْتُقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى ، وَالعَمَلَ بِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ قُوَّتِكَ لِضَعْفِنَا ، وَمِنْ غِنَاكَ لِفَقْرِنَا وَفَاقَتِنَا ، وَمِنْ حِلْمِكَ وَعِلْمِكَ لِجَهْلِنَا ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ ، وَأعِنَّا عَلَى شُكْرِكَ وَذِكْرِكَ ، وَطَاعَتِكَ وَعِبَادَتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allhumma innii as'aluka hudaa wattuqaa wal 'afaafa wa ghinaa wal 'amala bima tuhibbu watardhaa, allhumma inni as'aluka mon quwwatika lidha'finaa wa min ghinaaka lifaqrinaa wa faaqatinaa, wamin hilmika wa 'ilmika li jahlinaa, allahumma shalli 'alaa muhammadin wa 'aali muhammadin, wa a'innaa 'alaa syukrika wa dzikrika, wa thaa'atika wa 'ibaadatika, birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya: Ya Allah, aku memohon petunjuk kepada-Mu dan kehormatan dan kekayaan serta beramal sesuai dengan apa yang Engkau cintai dan ridai. Ya Allah, aku memohon kekuatan dari-Mu karena kelemahan kami, kekayaan dari-Mu karena kefakiran dan kepapaan kami, dan kearifan dan ilmu dari-Mu karena kejahilan kami. Ya Allah, sampaikanlah selawat kepada Nabi Muhammad saw. dan keluarganya dan bantulah kami supaya dapat bersyukur dan berzikir kepada-Mu, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi.

3 dari 4 halaman

2. Doa Kamis Pagi

Selain doa hari Kamis yang dipanjatkan oleh Fatimah Az-Zahra, ada satu doa yang diajarkan Rasulullah untuk dibaca pada Kamis pagi. Berikut bacaannya:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru.

Artinya: "Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali." (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

4 dari 4 halaman

3. Doa Kamis Malam

Rasulullah juga membaca doa hari Kamis di malam hari. Berikut bacannya.

اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبّي لاَ اِلَهَ إلاَّ اَنْتَ خَلَقْتَنِي وَاَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ اَمَتِكَ وَفِي قَبْضَتِكَ وَنَاصِيَتِي بِيَدِكَ اَمْسَيْتُ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْـتَطَعْتُ اَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ شَـرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوءُ بِنِعْمَتِكَ وَاَبُوءُ بِذُنُوبِى فَاغْفِرْ لِى ذُنُوبِى اِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ اَنْتَ .

Allahumma anta robbi la ilaha illa anta kholaqtani wa ana ‘abduka wabnu amatika wafi qobdhotika wa nashiyati biyadika amsaitu ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu a’uzu biridhoka min syarri ma shona’tu abu-u bini’matika wa abu-u bizunubi faghfirli zunubi innahu la yaghfiruz zunuba illa anta

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Tuhanku tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu, putra hamba-Mu dan berada dalam genggaman-Mu dan nasibku berada di tangan-Mu. Aku memasuki petang ini atas perjanjian kepada-Mu sesuai kemampuanku, aku berlindung dengan rida-Mu dari keburukan perbuatanku, aku kembali kepada-Mu dengan nikmat-Mu dan aku kembali kepada-Mu dengan membawa dosa-dosaku maka ampuni dosa-dosaku karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Fitriyani Puspa Samodra. Editor: Anugerah Ayu Sendari. Published: 15/6/2023)

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer