Sukses


9 Contoh Perilaku Iman kepada Malaikat

Bola.com, Jakarta - Dalam ajaran Islam, iman kepada malaikat merupakan satu di antara rukun iman yang wajib dipercayai oleh setiap umat muslim.

Malaikat merupakan makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya dan tugas utamanya adalah untuk melaksanakan perintah-Nya.

Memiliki iman kepada malaikat berarti memercayai keberadaan mereka sebagai makhluk gaib yang senantiasa mematuhi perintah Allah.

Perilaku iman kepada malaikat dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai cara. Satu di antaranya adalah dengan senantiasa berdoa kepada Allah untuk memohon perlindungan dari malaikat-malaikat-Nya.

Selain itu, umat muslim dianjurkan untuk berbuat baik kepada sesama manusia karena malaikat juga senantiasa mencatat setiap perbuatan baik yang dilakukan.

Ada berbagai perilaku lainnya yang dapat mencerminkan iman kepada malaikat, untuk memahaminya lebih dalam kamu bisa membaca artikel ini.

Berikut sembilan contoh perilaku iman kepada malaikat, Jumat (23/2/2024).

2 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Iman kepada Malaikat

1. Mengakui Keberadaan Malaikat

Keimanan kepada malaikat adalah keyakinan bahwa malaikat adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam mengatur alam semesta.

Sebagai umat muslim, pengakuan akan keberadaan malaikat merupakan bagian dari rukun iman yang harus diyakini.

Mengetahui dan meyakini keberadaan malaikat merupakan bentuk penghormatan terhadap kekuasaan Allah dan menjadikan kita lebih paham akan hakikat penciptaan-Nya.

2. Berdoa untuk Perlindungan

Sebagai bentuk keimanan kepada malaikat, seorang muslim sering kali berdoa kepada Allah untuk memohon perlindungan dari malaikat.

Ini menunjukkan bahwa kita mengakui perlindungan dan pertolongan yang diberikan oleh malaikat atas perintah Allah.

Dengan berdoa untuk perlindungan malaikat, kita mengekspresikan penghargaan terhadap keberadaan mereka dalam menjaga dan melindungi manusia atas kehendak Allah.

3. Menghormati Malaikat

Seorang muslim yang memiliki keimanan kepada malaikat juga memperlihatkan perilaku yang menghormati malaikat. Misalnya, saat menyebut nama malaikat atau mengenang peran mereka dalam agama, kita harus melakukannya dengan penuh rasa hormat.

Hal ini menunjukkan bahwa kita memberikan nilai tinggi terhadap peran dan tugas yang diemban oleh malaikat sebagai utusan Allah.

3 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Iman kepada Malaikat

4. Mematuhi Perintah Malaikat

Keimanan kepada malaikat juga tercermin dalam ketaatan terhadap perintah yang disampaikan oleh malaikat.

Sebagai contoh, ketika malaikat diutus untuk memberikan wahyu atau petunjuk dari Allah, seorang muslim yang memiliki keimanan yang kuat akan tunduk dan mematuhi perintah tersebut.

Ini menunjukkan bahwa kita memahami kedudukan dan peran malaikat sebagai utusan Allah yang harus dihormati dan dipatuhi.

5. Bersyukur atas Bantuan Malaikat

Sebagai umat muslim yang beriman kepada malaikat, kita juga harus bersyukur atas bantuan dan pertolongan yang diberikan oleh malaikat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Kita percaya bahwa malaikat sering kali memberikan bantuan dalam bentuk perlindungan dan petunjuk dari Allah.

Maka itu, bersyukur atas bantuan malaikat merupakan bentuk pengakuan bahwa kita membutuhkan serta menghargai peran mereka dalam menjaga dan melindungi kita atas kehendak Allah.

6. Tidak Menyembah Malaikat

Kendati memiliki keimanan kepada malaikat, seorang muslim tidak diperkenankan untuk menyembah malaikat.

Keimanan kepada malaikat tidak bermakna menyembah mereka karena penyembahan hanya diperuntukkan bagi Allah semata.

Maka itu, sebagai bentuk keimanan kepada malaikat, kita harus menjauhi praktik penyembahan terhadap malaikat dan tetap memfokuskan ibadah hanya kepada Allah.

4 dari 4 halaman

Contoh Perilaku Iman kepada Malaikat

7. Tidak Menyekutukan Malaikat dengan Allah

Selain tidak menyembah malaikat, keimanan kepada malaikat juga mengharuskan seorang muslim untuk tidak menyekutukan malaikat dengan Allah.

Meskipun malaikat memiliki peran penting dalam menjalankan tugas-tugas ilahi, kedudukan mereka tetap sebagai makhluk yang tunduk kepada kehendak Allah semata.

Maka itu, tidak menyekutukan malaikat dengan Allah merupakan bagian dari keimanan kepada malaikat yang harus dijunjung tinggi.

8. Memahami Tugas dan Peran Malaikat

Sebagai contoh perilaku iman kepada malaikat, seorang muslim juga harus memahami tugas dan peran malaikat dalam agama Islam.

Hal ini dapat dilakukan dengan memperdalam pengetahuan tentang cerita-cerita mengenai malaikat dalam Al-Qur'an dan Hadis, serta belajar dari ajaran agama yang menggambarkan tugas-tugas malaikat.

Dengan memahami tugas dan peran malaikat, kita dapat menghargai keberadaan dan kontribusi mereka dalam menjalankan kehendak Allah.

 9. Berusaha untuk Berbuat Baik karena Adanya Malaikat

Sebagai tambahan dalam contoh perilaku iman kepada malaikat, seorang muslim juga seharusnya berusaha untuk berbuat baik karena keimanan kepada malaikat.

Kita percaya bahwa malaikat selalu mencatat setiap amal perbuatan manusia.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer