Sukses


Bacaan Doa Jumat Pagi dalam Tulisan Arab dan Latin, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa hari Jumat pagi penting untuk diketahui dan diamalkan umat muslim. Dalam agama Islam, hari Jumat disebut Sayyidul Ayyam atau rajanya hari.

Maka itu, hari Jumat merupakan hari yang penuh berkah bagi umat Islam. Pada hari yang penuh berkah ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Rasululllah saw. telah mengajarkan umatnya untuk memperbanyak amalan hari Jumat agar mendapat berkah sekaligus pahala.

Pada hari yang mulia tersebut, Allah Swt. juga telah menjanjikan pahala yang berlipat ganda kepada setiap umat-Nya yang menjalankan perintah-Nya.

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan meningkatkan amalan ibadah dan kebaikan pada Hari Jumat, satu di antaranya dengan membaca doa.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah saw. menganjurkan kepada umatnya untuk membaca doa Jumat pagi. Lantas bagaimana doa Jumat pagi yang diajarkan Rasulullah saw.?

Berikut bacaan doa Jumat pagi yang perlu diketahui umat muslim, disadur dari Merdeka, Kamis (22/2/2024).

2 dari 3 halaman

Doa Hari Jumat Pagi

Disebutkan dalam sebuah hadis bahwa Rasulullah saw. rutin membaca doa setiap pagi di hari Jumat.

Doa singkat ini dibaca sebanyak tiga kali, sebagai amalan yang mudah dilakukan, tetapi memberikan manfaat dan keutamaan yang besar. Berikut bacaan doa hari Jumat anjuran Rasulullah saw. yang bisa dipraktikkan:

أسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذي لَا إِلهَ إِلاَّ هُوَ الحَيَّ القَيُّوْمَ وأَتُوْبُ إلَيْهِ

Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi."

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya."

3 dari 3 halaman

Amalan Lain di Hari Jumat

1. Bersedekah

Satu di antara cara agar Allah memudahkan rezeki kita, dan cara agar kita mendapatkan rezeki dari Allah dengan cara yang istimewa adalah bersedekah setelah salat subuh apalagi melaksanakan salat subuh berjamaah.

Di waktu subuh akan ada dua malaikat yang turun dan berdoa untuk orang yang berinfak di waktu subuh dan berdoa untuk orang-orang yang kikir dan pelit di waktu subuh.

Jika kita tidak mampu maka itu sebuah uzur. Jika kita mampu, tetapi tidak membiasakan diri untuk bersedekah di pagi hari maka jangan sampai kita terkena doa dari malaikat yang diperuntukkan orang-orang kikir dan pelit.

2. Membaca Surah Al-Kahfi

Dengan membaca surah Al Kahfi di hari Jumat, umat Islam yang membacanya akan dinaungi cahaya kebaikan di antara dua Jumat. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadis,

"Barang siapa membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat." (HR. An-Nasai dan Al Hakim)

Umat muslim juga bisa membaca doa lainnya, yakni doa untuk memohon dilancarkan rezekinya, memohon diberi keturunan, dan lain sebagainya sesuai harapannya.

3. Perbanyak Membaca Selawat Nabi

Rasulullah saw. dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud, Ibnu Majah, dan An Nasa-i, bersabda, "Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat maka perbanyaklah selawat kepadaku di dalamnya. Karena selawat kalian akan disampaikan kepadaku."

"Bismillahir rahmaanir rahiim, Allaahumma shalli ‘alaa Muhammadin wa aali Muhammad."

Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sampaikanlah selawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Ayu Isti. Published: 15/7/2022)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer