Sukses


9 Keutamaan Salat Subuh yang Perlu Diketahui Umat Islam

Bola.com, Jakarta - Salat Subuh merupakan satu di antara ibadah yang memiliki keutamaan sangat besar dalam Islam. Melaksanakan salat Subuh bisa menjadi tanda ketaatan seorang muslim kepada Allah Swt.

Salat Subuh memiliki nilai pahala besar karena merupakan ibadah yang dilakukan pada saat yang orang-orang sulit bangun.

Rasulullah saw. bersabda, "Barang siapa yang mendirikan salat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah."

Keutamaan lainnya adalah memperoleh perlindungan dari Allah Swt. sepanjang hari hingga waktu salat Zuhur tiba. Rasulullah saw. juga menyebutkan bahwa salat Subuh merupakan sebaik-baik salat setelah salat wajib.

Selain itu, waktu Subuh merupakan waktu yang paling baik untuk berdoa dan memohon kepada Allah. Oleh karena itu, tidak heran Allah memberikan keutamaan besar bagi orang yang mendirikan salat Subuh dengan khusyuk dan penuh keikhlasan.

Berikut beberapa keutamaan mendirikan salat Subuh yang perlu diketahui umat Islam, Senin (26/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Keutamaan Mendirikan Salat Subuh

1. Menjaga Ketaatan Kepada Allah

Mendirikan salat Subuh menunjukkan ketaatan yang tinggi kepada Allah. Hal itu karena bisa menjalankan kewajiban ini pada waktu yang sangat awal menunjukkan kesungguhan dalam beribadah.

2. Menjaga Kebersihan Hati

Mendirikan salat Subuh membantu untuk membersihkan hati dari dosa dan kesalahan yang dilakukan sepanjang malam. Memulai hari dengan salat Subuh, hati akan lebih bersih dan jernih.

3. Mendapat Pahala yang Besar

Hadis riwayat muslim menyebutkan bahwa pahala salat Subuh jauh lebih besar daripada salat lainnya karena di waktu Subuh ada banyak malaikat yang turun untuk menyaksikan salat Subuh.

4. Menjaga Kesehatan

Salat Subuh juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal itu karena bangun pada waktu Subuh merupakan waktu yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatur pola tidur.

5. Mendapatkan Perlindungan dari Allah

Mendirikan salat Subuh memberikan perlindungan dari Allah Swt. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa orang yang melaksanakan salat Subuh akan dilindungi oleh Allah sampai akhir hari.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Mendirikan Salat Subuh

6. Meningkatkan Ketenangan Pikiran

Melaksanakan Salat Subuh dapat membantu dalam meningkatkan ketenangan pikiran dan menenangkan jiwa karena saat itu masih sepi dan tenang.

7. Mendapat Keberkahan Rezeki

Salat Subuh juga membawa berkah dalam rezeki dan kehidupan karena Allah memberikan keberkahan kepada orang-orang yang taat dalam menjalankan kewajiban ibadahnya.

8. Membantu dalam Menjaga Kedisiplinan

Melaksanakan salat Subuh dapat membantu dalam menjaga kedisiplinan dan ketertiban dalam kehidupan sehari-hari.

9. Mendapatkan keberkahan dan kesuksesan

Salat Subuh membawa keberkahan serta membawa kesuksesan dalam kehidupan dunia dan akhirat bagi orang yang melaksanakannya dengan ikhlas dan tekun.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer