Sukses


8 Hadis tentang Keutamaan Selawat Nabi yang Bisa Jadi Pedoman

Bola.com, Jakarta - Selawat nabi adalah sebuah ungkapan, sanjungan serta memuliakan Nabi Muhammad saw. Allah Swt. menurunkan surah Al Ahzab ayat 56, yaitu memuat perintah untuk berselawat kepada kekasih-Nya.

Selain perintah secara langsung dari Allah Swt. selawat nabi memiliki banyak keutamaan yang akan diperoleh oleh para hamba yang membacanya karena bagian dari keimanan dan cinta kepada Allah Swt.

Itulah mengapa, umat muslim perlu memahami bahwa membaca selawat nabi bukan hanya sekadar pelafalan saja.

Perihal selawat nabi tertuang juga dalam banyak hadis. Hadis tersebut bisa dijadikan umat muslim sebagai pedoman untuk selalu berselawat kepada Nabi Muhammad saw.

Berikut delapan hadis tentang keutamaan selawat nabi yang bisa jadi pedoman, Selasa (27/2/2024).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Keutamaan Selawat Nabi

Hadis tentang Keutamaan Selawat Nabi (1)

"Apabila salah seorang di antara kamu membaca selawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah selawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi)

Hadis tentang Keutamaan Selawat Nabi (2)

"Barang siapa yang berselawat kepadaku sekali maka Allah akan berselawat untuknya 10 kali." (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i)

Hadis tentang Keutamaan Selawat Nabi (3)

"Barang siapa di antara umatmu yang berselawat kepadamu sekali maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya 10 keburukan, meninggikannya sebanyak 10 derajat, dan mengembalikan kepadanya 10 derajat pula." (HR. Ahmad)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Keutamaan Selawat Nabi

Hadis tentang Keutamaan Selawat Nabi (4)

"Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca selawat kepadaku." (HR. Tirmidzi)

Hadis tentang Keutamaan Selawat Nabi (5)

"Jika kalian mendengar azan maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muazin, kemudian berselawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang berselawat kepadaku sekali maka Allah akan berselawat untuknya 10 kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada satu di antara hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah maka ia akan meraih syafaat." (HR. Muslim)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Keutamaan Selawat Nabi

Hadis tentang Keutamaan Selawat Nabi (6)

"Barang siapa berselawat kepadaku satu kali, niscaya Allah berselawat kepadanya 10 selawat dan menghapus darinya 10 dosa." (HR. Ahmad)

Hadis tentang Keutamaan Selawat Nabi (7)

"Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan selawat kepada Muhammad saw. dan keluarganya." (HR. Thabrani)

Hadis tentang Keutamaan Selawat Nabi (8)

"Ada seseorang bertanya kepada Nabi saw. Wahai Rasulullah, bagaimana seandainya saya senantiasa berselawat kepada engkau? Nabi saw. menjawab: Jika begitu maka Allah Swt. akan mencukupkan apa yang kamu inginkan, baik dalam urusan dunia maupun akhirat." (HR. Ahmad)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer