Sukses


Contoh Upaya Menjaga Sistem Pernapasan agar Tetap Sehat

Bola.com, Jakarta - Sistem pernapasan manusia sangat penting untuk memastikan tubuh mendapatkan oksigen yang cukup dan juga membuang karbondioksida.

Sistem pernapasan manusia terdiri dari beberapa bagian, dari hidung atau mulut sebagai tempat masuknya udara, lalu udara akan masuk ke saluran pernapasan seperti trakea atau tenggorokan.

Di dalam paru-paru, ada banyak sekali alveoli yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida.

Sistem pernapasan juga melibatkan organ-organ lain seperti diafragma dan otot-otot pernapasan untuk membantu proses pernapasan.

Pentingnya menjaga sistem pernapasan dengan baik karena dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan dan meminimalkan risiko penyakit.

Untuk menjaga sistem pernapasan tetap sehat, diperlukan beberapa upaya yang perlu diperhatikan.

Dengan melakukan upaya-upaya ini, kita dapat menjaga sistem pernapasan sehingga dapat berfungsi dengan baik di kehidupan sehari-hari.

Berikut contoh upaya menjaga sistem pernapasan agar tetap sehat, Jumat (1/3/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Berolahraga

Mau muda atau tua, ramping atau besar, berbadan sehat atau hidup dengan penyakit kronis atau tidak, aktif secara fisik dengan olahraga dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru.

Sama seperti olahraga teratur membuat otot lebih kuat, olahraga juga membuat paru-paru dan jantung lebih kuat. Ketika kebugaran fisik meningkat sehingga tubuh menjadi lebih efisien dalam mendapatkan oksigen ke dalam aliran darah dan mengangkutnya ke otot-otot yang bekerja.

Itulah satu di antara alasan mengapa orang cenderung tidak mudah mengalami sesak napas setelah rutin berolahraga dari waktu ke waktu karena kemampuan metabolisme energi tubuh meningkat.

3 dari 6 halaman

Minum Banyak Air Putih

Banyak minum air putih adalah satu di antara upaya menjaga sistem pernapasan paling sederhana.

Dengan banyak minum air, mukus atau lendir yang setiap harinya menumpuk di saluran pernapasan akan mudah larut sehingga tidak menyumbat maupun menimbulkan gejala gangguan pernapasan.

4 dari 6 halaman

Menghindari Paparan Polusi

Terus-menerus terpapar polusi, bisa membuat sistem pernapasan, terutama paru-paru, terganggu. Ingat, polusi bukan hanya asap kendaraan. Asap rokok, asap pabrik, hingga bahan kimia yang terlepas ke udara juga bisa merusak sistem pernapasan.

Sebagai upaya menjaga sistem pernapasan, berikut ini hal yang bisa kita lakukan agar terhindar dari polusi:

  • Jauhi asap rokok, termasuk jika kamu bukanlah seorang perokok.
  • Jangan sampai menjadi perokok pasif.
  • Jangan berada terlalu lama di luar ruangan dengan kualitas udara yang buruk. Apabila kamu pekerja yang rentan terpapar asap pabrik atau bahan-bahan kimia yang ada di udara, pastikan selalu gunakan alat pelindung diri yang tepat.
  • Jadikan rumah sebagai area bebas asap rokok. Bersihkan rumah setidaknya satu minggu sekali.
  • Sering-sering buka jendela rumah agar terjadi pertukaran udara.
5 dari 6 halaman

Jangan Merokok atau Berhenti Merokok

Merokok bukan hanya meningkatkan risiko kanker paru-paru saja, tetapi juga fibrosis paru idiopatik, dan asma. Merokok juga dapat meningkatkan intensitas gejala penyakit yang sudah dialami.

Setiap merokok, ribuan bahan kimia masuk ke paru-paru, termasuk tar, nikotin, dan karbon monoksida. Bahan-bahan kimia tersebut masuk ke paru-paru, dan merusak organ penting tersebut.

Sejumlah bahan kimia akan meningkatkan lendir dalam paru-paru, menyulitkan organ tersebut untuk membersihkan diri, dan mengiritasi jaringan penting di dalamnya.

Akibatnya, saluran udara perlahan akan menyempit, dan membuat seseorang kesulitan bernapas. Merokok juga menyebabkan paru-paru menua lebih cepat daripada seharusnya. Sebelum telat, sebaiknya hentikan sekarang juga.

6 dari 6 halaman

Mencegah Infeksi

Infeksi yang menyerang organ paru-paru perlahan dapat menurunkan kinerja organ penting tersebut. Bagi seseorang yang memiliki riwayat Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), mereka sangat rentan terkena infeksi baru.

Hal yang sama berisiko pada lansia. Berikut ini beberapa langkah yang efektif dilakukan guna mencegah terjadinya serangan infeksi pada paru-paru:

  • Rajin mencuci tangan.
  • Minum banyak air putih.
  • Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang.
  • Melakukan vaksinasi.

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer