Sukses


Keutamaan Zikir setelah Salat yang Perlu Diketahui Umat Islam

Bola.com, Jakarta - Setiap umat muslim pasti memahami bahwa salat merupakan satu di antara ibadah wajib yang harus dilaksanakan.

Namun, ada satu amalan yang kerap kali terlupakan oleh banyak orang setelah salat, yaitu zikir.

Zikir adalah amalan membaca kalimat-kalimat tertentu yang mengingatkan kita pada keagungan dan kebesaran Allah Swt.

Keutamaan zikir setelah salat tidak bisa dipandang sebelah mata karena Allah sendiri telah menyebutkannya dalam Al-Qur'an.

Selain mendapat pahala, keutamaan lain dari zikir setelah salat adalah memperkuat hubungan seorang hamba dengan Allah Swt.

Dengan mengucapkan tasbih, tahmid, dan takbir, kita mengakui kebesaran Allah serta bersyukur atas rahmat-Nya yang melimpah.

Maka itu, hendaknya kita senantiasa mengamalkan zikir setelah salat sebagai bentuk pengamalan agama yang dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Ada beberapa keutamaan zikir lainnya, untuk memahaminya lebih lanjut, Anda bisa menyimak artikel ini.

Berikut keutamaan zikir setelah salat yang perlu diketahui umat Islam, Senin (3/4/2024).

2 dari 3 halaman

Keutamaan Zikir setelah Salat yang Perlu Diketahui Umat Islam

1. Menambah keikhlasan ibadah

Zikir setelah salat dapat meningkatkan keikhlasan ibadah kita. Dengan mengingat Allah setelah salat, kita mengingatkan diri sendiri bahwa kita beribadah hanya untuk-Nya dan bukan untuk yang lain.

2. Mendekatkan diri kepada Allah

Dengan zikir setelah salat, kita membuka jalan komunikasi langsung dengan Allah. Ini membantu kita untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan merasakan kehadiran-Nya dalam hidup kita.

3. Meningkatkan kualitas doa

Zikir setelah salat membantu meningkatkan kualitas doa kita. Dengan berkonsentrasi pada pengulangan nama-nama Allah atau ayat-ayat Al-Qur'an, kita dapat lebih fokus dan berkomunikasi dengan hati yang ikhlas kepada Allah.

4. Merenungkan nikmat dan rahmat-Nya

Zikir setelah salat juga membantu kita merenungkan nikmat dan rahmat yang Allah berikan kepada kita. Ini memberikan kita ruang untuk bersyukur dan mengingat bahwa semua yang kita miliki adalah anugerah-Nya.

5. Melawan gangguan setan

Zikir setelah salat juga merupakan cara untuk melawan gangguan dan godaan setan yang ingin mengalihkan perhatian kita dari ibadah.

Dengan tetap fokus pada zikir, kita dapat menjaga pikiran dan hati kita tetap bersih dari gangguan setan.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Zikir setelah Salat yang Perlu Diketahui Umat Islam

6. Membantu mengingat tujuan hidup

Zikir setelah salat mengingatkan kita akan tujuan hidup sejati kita, yaitu mengabdi kepada Allah. Ini membantu kita untuk tidak terjebak dalam kesibukan dunia yang mengalihkan perhatian kita dari tujuan utama kita sebagai hamba Allah.

7. Memberikan ketenangan pikiran dan hati

Zikir setelah salat melibatkan hati, pikiran, dan lidah. Dengan keterlibatan yang menyeluruh ini, zikir memberikan ketenangan pikiran dan hati kita. Kita dapat merasakan kedamaian dan ketenangan yang datang dari mengingat Allah.

8. Memperkuat ikatan dengan Al-Qur'an

Dalam zikir setelah salat, kita sering mengulang nama-nama Allah atau ayat-ayat Al-Qur'an. Ini membantu kita memperkuat ikatan dengan Al-Qur'an dan memperdalam pemahaman kita tentang ajaran-Nya.

9. Menjadi sumber pahala yang berkelanjutan

Zikir setelah salat adalah amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. dan menjanjikan pahala yang berlimpah.

Dengan melibatkan zikir setelah setiap salat, kita dapat terus mengumpulkan pahala dan mendapatkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari kita.

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer