Sukses


5 Contoh Resensi Lagu yang Bisa Jadi Referensi Penulisan

Bola.com, Jakarta - Resensi lagu adalah ulasan atau tinjauan yang membahas kualitas, tema, pesan, dan unsur-unsur lain dari sebuah lagu.

Resensi lagu dapat memberikan pandangan mendalam tentang karya musik tersebut, menyajikan pendapat atau analisis yang memadai tentang aspek-aspek yang mungkin menarik perhatian pendengar.

Dalam resensi ini, lagu dianalisis dari segi artistik, pesan atau tema yang ingin disampaikan, kualitas produksi, kesan dan emosi yang dihasilkan, serta relevansinya dalam konteks musik dan isu-isu saat ini.

Resensi lagu juga mengamati relevansi lagu dalam konteks musik saat ini atau isu-isu yang sedang berkembang, serta potensi daya tarik yang membuatnya menjadi populer atau berkesan bagi pendengar.

Dengan menyajikan resensi lagu, pembaca dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang kualitas dan signifikansi karya tersebut, serta memahami alasan mengapa lagu tersebut layak untuk didengar.

Berikut lima contoh resensi lagu yang bisa jadi referensi penulisan, Rabu (6/3/2024).

2 dari 6 halaman

Contoh Resensi Lagu (1)

  • Identitas

Judul: Sesuatu Di Jogja

Durasi:  4.47 menit

Penyanyi: Adhitia Sofyan

Produser: Adhitia Sofyan

Tahun: 2017

  • Orientasi

Lagu Sesuatu Di Jogja adalah sebuah lagu yang dirilis oleh Adhitia Sofyan pada 2017. Meski sudah lama sejak rilisnya, lagu ini masih populer hingga sekarang.

Lagu ini bercerita tentang pengalaman Adhitia Sofyan saat berkunjung ke Jogja dan menemukan sesuatu yang istimewa di sana.

  • Tafsiran

Lagu Sesuatu di Jogja memiliki lirik yang sangat indah dan menggambarkan suasana Jogja dengan sangat baik.

Irama lagu ini didominasi oleh suara gitar dan ukulele yang lembut, dengan vokal Adhitia yang khas dan merdu.

Lirik lagu ini menggambarkan perasaan Adhitia yang terkesan dengan keindahan Jogja dan menemukan sesuatu yang istimewa di sana.

  • Evaluasi

Lagu ini berhasil menghadirkan sesuatu yang hangat dan menggambarkan keindahan dari kota Jogja, dengan melodi yang indah dan mudah diingat. Namun, yang menjadi kekurangan yaitu durasi lagu yang begitu lama.

  • Rangkuman

Secara keseluruhan lagu Sesatu di Jogja adalah lagu yang indah dan enak untuk didengar. Lagu ini easy-listening untuk pendengar.

Ulasan lagu ini akan membuat para pendengar paham dengan maksud lagunya.

3 dari 6 halaman

Contoh Resensi Lagu (2)

  • Identitas

Judul: Monokrom

Durasi: 3,38 menit

Penyanyi: Tulus

Produser: Ari Renaldi

Tahun rilis: 2016

  • Orientasi

Lagu "Monokrom" yang dinyanyikan Tulus merupakan sebuah lagu yang dirilis pada 2016.

Cerita dari lagu ini mengenai ungkapan rasa terima kasih Tulus yang ia berikan untuk orang-orang yang pernah ada dalam hidupnya.

  • Tafsiran

Dari segi lirik, lagu "Monokrom" sangat kuat dengan penggunaan bahasa Indonesia yang indah. Hal ini didukung oleh musik yang halus di telinga tanpa banyak elemen-elemen tambahan.

Suara hangat Tulus yang khas pun membuat lagu mudah diterima, tidak hanya oleh penggemar, tetapi juga penikmat musik secara umum.

  • Evaluasi

Kelebihan dari lagu ini ada pada suasana, lirik, dan suara sang penyanyi yang khas. Ketiganya seolah menjadi kombinasi yang sederhana, tetapi sangat memikat.

Di luar kelebihannya, beberapa kekurangan yang cukup terasa dari lagu "Monokrom" adalah aura monoton entah dari musik, lirik, dan musikalitas.

  • Rangkuman

Secara keseluruhan, lagu "Monokrom" ciptaan Tulus adalah sebuah lagu sederhana yang cocok didengarkan ketika suasana syahdu.

4 dari 6 halaman

Contoh Resensi Lagu (3)

  • Identitas

Judul: Menunggu Kamu

Durasi:  4.2 menit

Penyanyi:  Anji Manji

Produser: William Chow & Krisnawati

Tahun: 2018

  • Orientasi

Lagu Menunggu Kamu adalah sebuah lagu yang dirilis oleh Anji pada 2018. Lagu ini juga adalah soundtrack dari film berjudul  'Jelita Sejuba'.

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang merindukan kehadiran orang yang dicintainya dan siap menunggu sampai kapan pun.

  • Tafsiran

Lagu yang berjudul 'Menunggu Kamu' memiliki lirik yang sangat romantis dan menyentuh hati para pendengar.

Irama lagu ini didominasi oleh iringan suara gitar dan drum yang lembut, dengan vokal Anji yang khas dan merdu.

Lirik lagu ini sangat sederhana, tetapi sangat emosional, menggambarkan bagaimana perasaan seseorang yang sangat merindukan kehadiran orang yang dicintainya.

  • Evaluasi

Kelebihan dari lagu ini, berhasil menghadirkan suasana yang romantis dan penuh dengan perasaan cinta.

Di samping kelebihannya tersebut, terdapat kelemahannya yang begitu lama dan lirik dibagian akhir sering diulang-ulang sehingga bisa muncul rasa bosan.

  • Rangkuman

Secara keseluruhan, lagu ciptaan dari Anji ini adalah sebuah lagu yang sangat romantis dan mengingatkan kita tentang perasaan cinta yang paling tulus.

Dengan lirik yang sederhana dan melodi yang indah, lagu ini berhasil menarik perhatian pendengar dari berbagai kalangan dan menjadi satu di antara lagu ter-hits pada 2018.

5 dari 6 halaman

Contoh Resensi Lagu (4)

  • Identitas

Judul: Lagu Untukmu

Durasi: 4,56 menit

Penyanyi: Raisa Andriana

Produser: Adryanto Pratono, Raisa Andriana

Tahun rilis: 2018

  • Orientasi

Lagu berjudul "Lagu Untukmu" dari Raisa Andriana termasuk satu di antara lagu yang memiliki makna mendalam, yaitu kerinduan seorang anak kepada sang ibu.

  • Tafsiran

Lagu Untukmu yang dinyanyikan Raisa menceritakan adanya perasaan rindu seorang anak atas kehadiran seorang ibu.

Emosi yang dikeluarkan si penyanyi terasa dari lirik "Ibu, ibu, aku rindu" dengan gambaran munculnya emosi sang anak.

  • Evaluasi

Secara umum, lagu dengan tema ibu atau keluarga cenderung mendayu dengan irama kesedihan yang kental.

Namun, lagu berjudul "Lagu Untukmu" yang dinyanyikan Raisa menyisihkan kesan ceria. Hal ini terasa dari pilihan-pilihan notasi serta liriknya yang penuh dengan optimisme.

Sementara dari sisi kekurangannya, lagu ini tidak jauh berbeda dari lagu-lagu Raisa sebelumnya sehingga terkesan kurangnya eksplorasi.

  • Rangkuman

Lagu ini memberikan pesan bahwa tema mengenai ibu atau orang terkasih di dalam keluarga tidak melulu mesti bernada sendu.

6 dari 6 halaman

Contoh Resensi Lagu (5)

  • Identitas

Judul: Tak Ingin Usai

Penyanyi: Keisya Levronka

Ciptaan: Mario Gerardus Klau

Produser: Tohpati

  • Orientasi

Lagu ini pernah viral di media sosial sebagai latar musik untuk video pemberitaan tenggelamnya putra Ridwan Kamil di Swiss. Lagu ini juga dikenal dengan lagu dengan nada yang sangat tinggi untuk di bagian tengahnya.

  • Tafsiran

Lagu ini menceritakan tentang perasaan seseorang yang tidak ingin melepaskan seseorang yang dicintainya. Ia merasa tidak siap untuk melepaskan perasaan itu.

Dalam lagu tersebut, diceritakan ia masih menunggu orang yang diharapkannya tersebut.

  • Evaluasi

Lagu berjudul 'Tak Ingin Usai' menyuguhkan lirik yang sangat menyentuh. Keisya Levronka berhasil menyampaikan pesan lirik dengan jelas dan mendalam. Liriknya mudah untuk dipahami oleh setiap orang.

Lagu ini juga menyuguhkan vokal yang luar biasa dari Keisya Levronka. Suaranya khas dan sangat cocok dengan lagu ini.

Dia berhasil menyampaikan perasaan yang dalam dengan vokalnya yang sangat menyentuh. Aransemen musiknya juga sangat pas dan bisa menyempurnakan lagu ini.

  • Rangkuman

Secara keseluruhan, lagu berjudul 'Tak Ingin Usai' yang dinyanyikan Keisya Levronka sangat direkomendasikan. Lagu ini menyuguhkan lirik yang dalam, vokal yang luar biasa dan aransemen musik yang sangat pas. Lagu ini akan menyentuh hati setiap orang yang mendengarkannya.

 

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer