Sukses


Bacaan Doa Memohon Ampunan di Bulan Ramadhan yang Bisa Diamalkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Doa memohon ampunan memegang peranan penting dalam ibadah umat Islam, terutama di bulan Ramadan yang dianggap sebagai bulan ampunan dan berkah.

Semua umat muslim pasti tak luput dari dosa. Sebagai manusia biasa kita tentu tak pernah terlepas dari kesalahan. Ada saja kesalahan yang dilakukan baik disadari dan tidak.

Itulah mengapa kita dianjurkan untuk selalu memohon ampunan kepada Allah Swt, terutama di bulan Ramadhan. Pada bulan suci tersebut, segala permohonan akan dikabulkan oleh Allah Swt., begitu pula keinginan kita agar diampuni segala dosa.

Dalam tradisi Islam, bulan Ramadan adalah momen yang sangat istimewa di mana umat Islam berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. melalui puasa, ibadah, dan doa.

Satu di antara aspek yang penting dalam ibadah Ramadan adalah doa memohon ampunan, di mana umat Islam merenungkan dosa-dosa mereka dan memohon pengampunan serta rahmat Allah Swt.

Berikut bacaan doa memohon ampunan di bulan Ramadhan yang bisa diamalkan umat muslim, disadur dari Liputan6, Jumat (8/3/2024).

2 dari 2 halaman

Bacaan Doa Memohon Ampunan di Bulan Ramadhan

Diriwatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim yang bersumber dari Abu Musa Al Asy’ari, berikut doa meminta ampunan yang bisa dipanjatkan selama bulan Ramadhan:

Allahummaghfirli khothiati wa jahli wa isrofi fi amri wama anta a’lamu bihi minni. Allahummaghfirli jaddi wa hezli wa khoto-i wa ‘amdi wa kullu zalika ‘indi. Allahummaghfirli ma qoddamtu wama akhkhortu wama asrortu wama a’lantu wama anta a’lamu bihi minni antal muqoddimu wa antal muakhkhiru wa anta ‘ala kulli syai-in qodir

Artinya: "Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, keberlebih-lebihan dalam perkaraku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui daripada aku. Ya Allah, ampunilah diriku dalam kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, kesengajaanku, dan semua itu adalah berasal dari sisiku. Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, dan dosa yang Engkau lebih mengetahui daripad aku, Engkaulah Yang Maha Mendahulukan dan Yang Maha Mengakhirkan, dan Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu."

Doa Memohon Ampunan yang Bisa Dibaca Selanjutnya

Allahumma innaka ‘afuwwun karim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annaa

Artinya: "Ya Allah, Sesungguhnya Engkau Zat Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, senang pada ampunan maka ampunilah kami, wahai Zat yang Maha Pemurah." (HR. Tirmidzi)

 

Doa Memohon Ampunan Lainnya

Rabbana zalamna anfusana wa-inlam taghfirlana watarhamna lanakuunanna minal khasirin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Camelia. Published: 7/4/2023)

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer