Sukses


8 Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain itu, Ramadan merupakan momen yang bisa dimanfaat umat muslim untuk mendulang pahala sebanyak-banyaknya dan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Di bulan Ramadan, ada tiga fase yang masing-masing memiliki keutamaan, yaitu 10 hari pertama adalah rahmat, 10 hari kedua adalah ampunan, dan 10 hari ketiga adalah terbebas dari api neraka.

Hal ini dijelaskan Rasulullah saw. dalam sebuah hadis yang berbunyi,

"Awal bulan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka." (HR. Al-Baihaqi)

Dalam rangka memaknai 10 hari pertama bulan Ramadan, tidak ada salahnya mengetahui keutamaan-keutamaannya yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Berikut delapan keutamaan 10 hari pertama bulan Ramadan yang perlu diketahui umat muslim, Selasa (12/3/2024).

2 dari 5 halaman

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadan

1. Bulan Penuh Rahmat

Pada saat bulan Ramadan tiba, para umat muslim akan berlomba-lomba untuk beribadah dan melakukan berbagai kebaikan karena bulan ini sering dikatakan sebagai bulan penuh rahmat.

Pada 10 hari pertama ini, pintu rahmat Allah Swt. akan mulai terbuka dan dapat dimanfaatkan dengan baik.

Para umat muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai kebaikan yang dapat mendatangkan pahala berlipat ganda selama periode bulan Ramadan ini.

Jika awal bulan Ramadan adalah pintu rahmat maka waktu pertengahan pintu maghfirah dan akhir Ramadan adalah pintu pembebasan api neraka.

2. Waktu Paling Tepat untuk Berdoa

Terdapat waktu-waktu utama yang bisa digunakan untuk melantunkan doa, yaitu saat azan berkumandang, waktu berpuasa, saat sahur, dan malam Lailatulqadar.

Disebutkan bahwa 10 hari pertama bulan Ramadan merupakan waktu yang paling tepat untuk memanjatkan doa kepada Allah Swt.

3 dari 5 halaman

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadan

3. Dibukanya Pintu Ampunan Allah Swt.

Keistimewaan 10 hari pertama bulan Ramadan selanjutnya adalah dibukanya pintu ampunan Allah Swt. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan memperbanyak amalan saleh dengan niat memperoleh pahala dan ampunan.

Hal ini seperti dijelaskan Rasulullah saw. dalam sebuah hadis:

"Barang siapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah subhanahu wa ta'ala maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari, Muslim)

4. Penuh Berkah dan Keberuntungan

Orang yang menjalankan puasa di 10 hari pertama bulan Ramadan akan mendapatkan berkah dan keberuntungan. Ia juga akan selalu dalam lindungan Allah Swt. selama bulan Ramadan serta selalu berada dalam petunjuk-Nya.

4 dari 5 halaman

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadan

5. Tadarus Membukakan Pintu Pahala

Tadarus akan menjadi satu di antara kegiatan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan. Kegiatan mulia ini dapat menjadi ajang untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Maka itu, tidak mengherankan ada banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk melakukannya. Pada 10 hari pertama Ramadan, tadarus dapat membukakan pintu pahala yang lebih lebar.

Itulah mengapa semua umat muslim dianjurkan untuk membaca Al-Qur'an selama periode puasa ini. Dengan bertadarus selama awal bulan Ramadan ini, seseorang bisa mendapatkan pahala yang lebih banyak.

6. Bulan Sedekah

Bulan Ramadan juga sering dikatakan sebagai bulan sedekah dalam agama Islam.

Barang siapa yang memberi makan orang berpuasa selama bulan Ramadan, mereka dapat memperoleh minum dari telaga Rasulullah saw. dan diberikan langsung oleh Allah Swt.

Seteguk air yang didapatkan dari telaga Rasulullah saw. ini dapat membuat seseorang tidak merasa haus lagi, bahkan bukan hanya ketika sedang berpuasa itu saja, tetapi selama-lamanya hingga orang tersebut masuk surga ketika sudah meninggal dunia.

5 dari 5 halaman

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadan

7. Dijauhkan dari Godaan Setan

Setan tidak akan menggoda manusia selama bulan Ramadan karena pintu neraka akan ditutup dan setan-setan di dalamnya akan dikurung dan rantai. Jadi, manusia tidak bisa menyalahkan setan ketika sedang melakukan perbuatan tercela selama bulan Ramadan.

Selama 10 hari pertama dalam bulan Ramadan, umat muslim akan merasa sangat bersemangat untuk mencari dan melakukan hal-hal kebaikan yang dapat mendatangkan pahala. Sebab, selama berpuasa orang-orang akan dijauhkan dari godaan setan yang dapat mendatangkan dosa ke dalam dirinya.

8. Malaikat Selalu Berseru

Selain bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan, bulan Ramadan juga sering dikenal sebagai bulan yang agung dan luhur. Pasalnya, selama bulan Ramadan malaikat akan selalu berseru untuk mengajak para umat muslim dalam melakukan hal-hal yang penuh kebaikan.

Maka itu, tidak mengherankan selama bulan Ramadan semua umat muslim akan berbondong-bondong untuk meningkatkan amalan dan ibadahnya dengan perasaan yang penuh sukacita.

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer