Sukses


9 Keutamaan Salat Subuh Berjemaah yang Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Salat Subuh merupakan satu di antara ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim sebagai wujud ketaatan kepada Allah Swt.

Dan salat Subuh secara berjemaah di masjid termasuk kegiatan yang sangat dianjurkan dan ditekankan oleh Rasulullah saw.

Hal ini karena banyaknya keutamaan yang terkandung dalam menjalankan salat Subuh berjemaah dan tepat waktu.

Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kepedulian kita terhadap salat Subuh berjemaah dan berupaya untuk melakukannya secara rutin demi mendapatkan berbagai keutamaan yang Allah Swt. janjikan.

Lantas, apa saja keutamaan menjalankan salat Subuh secara berjemaah?

Berikut sembilan keutamaan salat Subuh berjemaah yang penting diketahui umat muslim, Rabu (13/3/2024).

2 dari 4 halaman

Keutamaan Salat Subuh Berjemaah

1. Dijanjikan Masuk Surga

Semua orang pasti menginginkan tempat kembali yang terbaik yaitu surga dengan segala kenikmatannya. Diriwayatkan dari Abu Musa Al-asy’ari berkata bahwa, Rasulullah saw. pernah bersabda:

“Barang siapa yang mengerjakan salat bardain yaitu salat Subuh dan Asar maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari, Muslim)

2. Mendapatkan Ganjaran Salat Sepanjang Malam

Diriwayatkan Muslim dari Utsman bin Affan r.a. berkata, Rasulullah saw. bersabda:

“Barang siapa yang salat Isya berjemaah maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barang siapa yang salat Subuh berjemaah maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya.” (HR. Muslim)

3. Berada dalam Lindungan Allah Swt.

Orang yang melaksanakan salat Subuh berjemaah akan berada dalam perlindungan Allah Swt. Rasulullah saw. bersabda:

"Barang siapa yang mengerjakan salat Subuh secara berjamaah, maka ia akan berada dalam jaminan (perlindungan) Allah Swt. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barang siapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim, dari Jundubibn Abdillah al-Bajali Radhiallahu ‘anhu)

3 dari 4 halaman

Keutamaan Salat Subuh Berjemaah

4. Terbukanya Pintu Rezeki

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib r.a., selepas salat Subuh Rasulullah saw. mendapati putrinya Fatimah tengah tertidur. Maka beliau membangunkannya dan mengatakan:

“Hai Fatimah bangun dan saksikanlah rezeki Rabbmu, karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara salat Subuh dan terbitnya matahari.” (HR. Al Mundziri)

Dalam Firman Allah Swt. juga dijelaskan, “Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat Subuh). Sesungguhnya salat fajar (Subuh) itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al Isra’: 78)

5. Disaksikan oleh Malaikat

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di salat Subuh dan salat Asar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, "Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan salat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan salat.” (HR. Bukhari, Muslim)

6. Mendapat Berkah

Salat Subuh berjemaah berpeluang untuk mendapatkan berkah dari Allah Swt. Rasulullah saw. telah mendokan kepada umatnya agar mendapat berkah ketika melakukan aktivitas pagi, terlebih aktivitas wajib dan juga dilaksanakan berjamaah seperti salat Subuh.

“Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Ibn Majah).

4 dari 4 halaman

Keutamaan Salat Subuh Berjemaah

7. Berpeluang Mendapat Pahala Setara Haji

Bisa dibayangkan betapa besar ganjaran pahala yang didapatkan bila memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya sebagaimana keutamaan salat Duha.

Dasar dari hal ini adalah keterangan dari Anasi bin Malik Radhiallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang bersabda:

“Barang siapa yang salat Subuh berjemaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas salat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

8. Mendapat Cahaya yang Sempurna pada Hari Kiamat

Kondisi waktu Subuh umumnya masih gelap, walau dengan penerangan listrik yang ada dan kadang-kadang minim juga.

Namun, adanya kondisi seperti itulah justru terdapat ganjaran yang begitu besar dan luar biasa dari Allah Swt. bagi manusia-manusia yang menuju masjid untuk melaksanakan salat dengan cahaya yang sempurna di hari kiamat kelak.

9. Mendapatkan Pahala yang Tidak Diduga

Banyak umat muslim yang belum mengetahui pahala salat Subuh berjemaah. Jika mereka mengetahuinya, maka mereka akan berbondong-bondong melaksanakannya. Rasulullah saw. bersabda:

"Sesungguhnya salat yang paling berat bagi orang munafik adalah salat Isya dan salat Subuh. Dan andai mereka mengetahui apa yang ada pada keduanya, pasti mereka akan mendatanginya meski harus merangkak..." (HR Bukhari, Muslim)

Dalam riwayat lain juga disebutkan, Rasulullah saw. bersabda,

"... dan barang siapa di antara kalian yang mampu untuk menghadiri kedua salat ini: salat Isya dan Subuh, maka lakukanlah meskipun harus merangkak."

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer