Sukses


Jenis-Jenis Cabai Terpedas di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Cabai adalah satu di antara jenis tanaman yang digunakan sebagai bumbu masakan di berbagai belahan dunia. Nama botani untuk tanaman ini adalah Capsicum annum.

Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, dan telah diintroduksi ke berbagai negara di seluruh dunia. Cabai memiliki rasa yang pedas dan aromatik yang khas, yang membuatnya menjadi satu di antara bumbu masakan yang paling populer di dunia.

Cabai memiliki berbagai jenis dan varietas, yang memiliki ukuran, warna, dan tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Beberapa varietas cabai yang terkenal adalah jalapeno, habanero, serrano, dan cayenne.

Keunikan dari cabai adalah adanya senyawa bernama kapsaisin yang memberikan rasa pedas pada cabai. Selain memberikan rasa pedas, kapsaisin memiliki manfaat kesehatan, seperti membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan meredakan nyeri.

Cabai biasanya digunakan dalam berbagai masakan, dari hidangan Asia hingga hidangan Barat. Cabai dapat digunakan segar, dikeringkan, atau dalam bentuk bubuk. Rasanya yang pedas mampu menghadirkan sensasi yang menyenangkan pada makanan, dan juga meningkatkan selera makan.

Selain itu, cabai dapat digunakan untuk membuat saus pedas, seperti saus sambal yang populer di Asia Tenggara.

Di Indonesia, ada beberapa cabai yang memiliki level kepedasan tinggi yang menjadi primadona. Berikut jenis-jenis cabai terpedas di Indonesia, Kamis (14/3/2024).

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Cabai Terpedas di Indonesia

Cabai Rawit

Satu di antara jenis cabai yang paling umum digunakan di Indonesia. Cabai rawit memiliki ukuran kecil dan tingkat kepedasan yang tinggi.

Cabai Jawa

Cabai ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada cabai rawit, tetapi memiliki tingkat kepedasan yang sama-sama tinggi.

Cabai Merah Keriting

Cabai ini memiliki bentuk yang keriting dan warna yang cerah. Tingkat kepedasannya cukup tinggi, tetapi tidak sepedas cabai rawit.

Cabai Pedas Gila (CPG)

Cabai ini merupakan hibrida dari beberapa jenis cabai pedas, dikembangkan untuk mendapatkan tingkat kepedasan yang sangat tinggi. Biasanya digunakan untuk uji nyali atau tantangan makan pedas.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Cabai Terpedas di Indonesia

Cabai Scorpion

Cabai ini juga dikenal dengan tingkat kepedasan yang sangat tinggi, meski tidak sepopuler cabai rawit atau cabai merah keriting.

Cabai Komodo

Merupakan satu di antara varietas cabai lokal yang memiliki tingkat kepedasan yang cukup tinggi, terutama dikenal di daerah Jawa Barat.

Cabai Madura

Cabai ini berasal dari Pulau Madura dan memiliki tingkat kepedasan yang cukup tinggi, tetapi biasanya lebih rendah daripada cabai rawit.

 

Yuk, baca artikel jenis lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer