Sukses


10 Jenis Buah yang Bagus Dikonsumsi saat Buka Puasa Ramadan

Bola.com, Jakarta - Di bulan Ramadan, buka puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Setelah berpuasa seharian penuh, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang tepat untuk mengembalikan energi yang telah hilang.

Mengonsumsi buah-buahan saat buka puasa merupakan pilihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah-buahan mengandung serat, vitamin, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh setelah berpuasa sepanjang hari.

Dengan mengkonsumsi buah-buahan, kita bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan setelah berpuasa, serta memberikan energi dan hidrasi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Saat memilih buah untuk buka puasa, pastikan untuk memilih yang segar dan menarik. Lantas, apa saja buah yang bagus dikonsumsi saat buka puasa?

Berikut 10 jenis buah yang bagus dikonsumsi saat buka puasa Ramadan, Senin (18/3/2024).

2 dari 4 halaman

Jenis Buah yang Bagus Dikonsumsi saat Buka Puasa Ramadan

1. Kurma

Buah ini termasuk satu di antara yang sering ada saat berbuka puasa. Kurma merupakan sumber gula sederhana yang baik untuk dikonsumsi.

Selain itu, buah ini merupakan sumber serat makanan dan antioksidan yang baik. Kurma juga kaya akan zat besi yang mampu membantu tubuh menjaga kadar hemoglobin.

2. Semangka

Semangka juga termasuk satu di antara buah untuk berbuka puasa yang direkomendasikan. Buah ini kaya kandungan air, sehingga dapat mencegah dehidrasi yang bisa terjadi setelah seharian berpuasa.

Buah ini mudah dicerna, sehingga sangat mudah untuk memenuhi energi dan cairan tubuh. Bukan hanya itu, buah ini juga mengandung banyak zat antioksidan, vitamin, dan mineral.

3. Apel

Tidak hanya membuat perut terasa kenyang dalam waktu cukup lama, kandungan serat pada buah apel sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan menurunkan risiko sembelit saat bulan Ramadan.

3 dari 4 halaman

Jenis Buah yang Bagus Dikonsumsi saat Buka Puasa Ramadan

4. Stroberi

Pilihan buah selanjutnya untuk dijadikan menu ketika berbuka puasa adalah stroberi. Buah ini bermanfaat dalam mengontrol gula darah dan memperlambat pencernaan glukosa.

Mengonsumsi stroberi saat berbuka puasa dapat memperoleh asupan gizi dan cairan tanpa khawatir risiko gula darah naik.

5. Blewah

Buah yang bagus dikonsumsi saat puasa lainnya adalah blewah. Buah ini tidak asing disajikan sebagai campuran es buah saat berbuka puasa.

Buah berwarna oranye muda ini punya rasa dan wangi khas yang membuatnya lezat disajikan sebagai takjil.

Bukan cuma rasanya yang enak dan segar, blewah juga kaya akan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan nutrisi yang hilang selama berpuasa seharian.

6. Jeruk

Berikutnya, mengonsumsi jeruk selama berpuasa sangat bagus karena mengandung air yang tinggi. Sebagian besar jeruk mengandung air dan karbohidrat.

Di sisi lain, jeruk adalah buah-buahan yang kandungan gula yang tinggi berbentuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Gula yang terkandung dalam jeruk adalah gula alami yang tidak meningkatkan gula darah dengan cepat sehingga relatif aman dikonsumsi untuk mereka yang menderita diabetes.

Meskipun termasuk buah yang bagus untuk puasa, tetap konsumsilah dalam jumlah wajar.

7.  Pisang

Pisang merupakan sumber energi dan mineral, terutama kalium. Mengonsumsi buah pisang saat buka puasa bisa membantu memulihkan energi dan keseimbangan elektrolit yang mungkin berubah akibat kurangnya asupan makanan selama berpuasa.

4 dari 4 halaman

Jenis Buah yang Bagus Dikonsumsi saat Buka Puasa Ramadan

8. Melon

Melon memiliki kandungan air yang tinggi dan kaya akan vitamin serta mineral. Konsumsi melon saat berbuka puasa dapat membantu mengembalikan cairan tubuh, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan sistem imun.

9. Anggur

Buah anggur bisa menjadi alternatif yang baik untuk buka puasa. Buah ini memiliki rasa segar dan manis yang dapat mengembalikan cairan dan gula di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan air dan seratnya bisa membantu mencegah sembelit.

10. Alpukat

Bukan hanya karena rasanya yang nikmat, buah ini juga memiliki banyak manfaat, terlebih jika dikonsumsi saat berbuka puasa.

Konsumsi buah ini dapat mengembalikan energi dengan cepat. Selain itu, buah ini juga mengenyangkan yang membuat kamu tidak berlebihan saat berbuka puasa.

 

Yuk, baca artikel jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer