Sukses


Macam-Macam Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Bola.com, Jakarta - Bunga selalu menjadi sumber daya alam yang kaya akan keindahan dan khasiatnya. Namun, tidak hanya sekadar menjadi hiasan atau sebagai inspirasi seni, beberapa bunga juga dapat dikonsumsi sebagai bahan makanan yang menyehatkan.

Satu di antara contoh bunga yang dapat dikonsumsi adalah bunga mawar. Bunga ini memiliki banyak khasiat dan biasanya dibuat sebagai teh.

Selain itu, bunga lavender termasuk daftar bunga yang bisa dikonsumsi. Bunga lavender sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan dan minuman.

Tidak hanya menambahkan aroma yang harum, bunga lavender memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengurangi stres dan gangguan tidur.

Masih ada bunga lainnya yang bisa dikonsumsi. Untuk mengetahui lebih jelas, kamu bisa menyimak artikel ini. 

Berikut macam-macam bunga yang bisa dikonsumsi, Rabu (20/3/2024). 

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Bunga yang Bisa Dikonsumsi

1. Bunga mawar

Bunga mawar sering digunakan dalam masakan sebagai garnish atau juga digunakan dalam pembuatan minuman seperti teh mawar.

Selain memberikan aroma yang harum, bunga mawar memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

2. Bunga lavender

Bunga lavender menghasilkan minyak yang sering digunakan dalam permen atau minuman. Rasa lembut dan aroma khas lavender memberikan sentuhan yang menyegarkan dalam hidangan manis.

3. Bunga nasturtium

Selain memiliki tampilan yang cantik dan berwarna-warni, bunga nasturtium juga bisa dimakan. Rasanya yang sedikit pedas mirip dengan daun bayam, dan dapat digunakan sebagai tambahan dalam salad atau hidangan pembuka.

 

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Bunga yang Bisa Dikonsumsi

4. Bunga calendula

Bunga calendula, juga dikenal dengan nama marigold, bisa digunakan dalam makanan dan minuman untuk memberikan warna kuning yang cerah.

Rasanya yang manis dan sedikit pahit membuatnya cocok dijadikan sebagai tambahan dalam teh, sup, atau hidangan penutup.

5. Bunga borage

Bunga borage memiliki rasa sejuk dan menyegarkan sehingga sering digunakan dalam minuman seperti lemonade.

Bunga ini juga sering dipergunakan sebagai hiasan pada hidangan salad atau hidangan pembuka.

6. Bunga hibiscus

Bunga hibiscus umumnya digunakan dalam membuat teh. Rasanya yang asam memberikan kelebihan asam linoleat, vitamin C, asam tartaric, dan antioksidan kepada tubuh.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Bunga yang Bisa Dikonsumsi

 

7. Bunga kembang sepatu

Bunga kembang sepatu juga cocok untuk dijadikan teh dengan rasa yang nikmat dan menyegarkan. Selain itu, bunga kembang sepatu bisa digunakan dalam pembuatan selai atau sebagai hiasan dalam hidangan pembuka.

8. Bunga violet

Bunga violet cukup populer dalam dunia kuliner. Bunga ini sering digunakan untuk garnish pada hidangan dessert atau minuman seperti koktail.

Bunga violet juga bisa dikeringkan dan digunakan sebagai bahan dalam adonan roti atau kue.

9. Bunga chamomile

Bunga chamomile sering digunakan dalam pembuatan teh chamomile yang memiliki aroma nyaman dan rasa yang menenangkan. Bunga chamomile juga bisa ditambahkan dalam eskrim atau hidangan penutup lainnya.

 

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer