Sukses


FISIP UI Open Resmi Jadi Turnamen Swasta Nasional dan Masuk Kalendar PBSI

Bola.com, Depok - FISIP UI Open kini resmi menjadi turnamen swasta nasional dan masuk ke dalam kalendar nasional Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Kepastian ini dilakukan secara simbolis dengan penyerahan raket dari Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna, kepada Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto, di Auditorium Juwono Sudarsono, FISIP UI Depok, Senin (18/3/2024).

Dengan FISIP UI Open menjadi turnamen swasta nasional, membuat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan turnamen bulutangkis tingkat swasta nasional.

"Menjadi bagian dari kalendar PBSI telah mengukuhkan FISIP UI Open sebagai ajang bulutangkis bergengsi yang tidak saja berpotensi melahirkan atlet berprestasi, tetapi juga memperluas kiprah FISIP UI dalam pengembangan olahraga di Tanah Air," ujar Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna.

 

2 dari 3 halaman

Kebanggaan bagi FISIP UI

Sementara itu, Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto, mengaku bangga dengan keberhasilan FISIP UI Open menjadi turnamen resmi yang masuk dalam kalendar nasional PBSI.

"Kami sangat bangga menjadi bagian dari kalendar juga secara resmi dapat berkontribusi mengembangkan olahraga bulutangkis nasional dengan mencari bibit-bibit unggul melalui FISIP UI Open," ujar Semiarto Aji Purwanto.

Berdasarkan kalendar nasional PBSI, FISIP UI Open 2024 akan digelar di Balairung dan Gymasium Universitas Indonesia pada 19-24 Juni 2024.

FISIP UI Open 2024 diperkirakan bakal diikuti lebih dari 1.000 atlet pelajar dari seluruh Indonesia. Akan ada 23 nomor pertandingan, mulai dari kelompok usia dini, yaitu U-11, sampai dewasa. Hadiah yang diperebutkan mencapai Rp179 juta. Pendaftaran akan dibuka oleh PBSI mulai pertengahan Mei 2024.

3 dari 3 halaman

Jadi Ajang Perbaikan Ranking Atlet di Level Nasional

Dengan menjadi turnamen swasta nasional, FISIP UI Open akan memiliki sistem poin ranking, di mana atlet yang bertanding berkesempatan memperbaiki ranking di tingkat nasional. Penyelenggaraan turnamen ini akan menambah ragam kompetisi olahraga bulutangkis di Tanah Air.

FISIP UI Open 2024 bertujuan untuk memperkuat peran olahraga dalam lingkungan akademik dan meneguhkan posisi olahraga untuk menunjang perkembangan akademik.

Kegiatan FISIP Open ini juga sesuai dengan visi dan misi dari FISIP UI untuk menjadi kampus yang unggul di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di tingkat nasional maupun internasional.

Video Populer

Foto Populer