Sukses


Bacaan Doa Masuk dan Keluar Toilet Menurut Agama Islam

Bola.com, Jakarta - Doa adalah satu di antara ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Sebagai umat muslim, penting bagi kita untuk mengiringi setiap aktivitas kita dengan doa, termasuk saat melakukan rutinitas sehari-hari seperti masuk dan keluar toilet.

Bacaan doa masuk dan keluar toilet merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah saw. kepada umatnya, dengan tujuan untuk mengingatkan kita akan pentingnya kebersihan dan menjaga kesehatan, serta merendahkan diri di hadapan Allah Swt.

Bacaan doa masuk toilet adalah doa yang diajarkan agar terhindar dari gangguan makhluk halus dan agar diberikan kemudahan serta kebersihan saat menggunakan toilet.

Sedangkan bacaan doa keluar toilet merupakan doa yang diajarkan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Allah Swt. atas kemudahan yang diberikan dalam urusan hajat, serta untuk memohon ampunan dan perlindungan.

Berikut bacaan doa masuk dan keluar toilet menurut agama Islam, Rabu (20/3/2024).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Masuk Toilet

Allâhumma innî a’ûdzu bika minal khubutsi wal khabâitsi

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina."

Bacaan doa masuk toilet ini didasarkan pada hadis Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika masuk kamar kecil, beliau mengucapkan, "Allâhumma innî a’ûdzu bika minal khubutsi wal khabâits".

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Keluar Toilet

Tak hanya ketika masuk toilet saja, saat keluar dari toilet, kita juga harus membaca doa yang telah diajarkan.

Bacaan doa keluar toilet adalah sebagai berikut:

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi

Artinya: "Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan menyehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina)."

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer