Sukses


Jenis-Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Buka Puasa

Bola.com, Jakarta - Buka puasa merupakan momen yang dinantikan oleh umat muslim setelah seharian menahan lapar dan haus.

Ketika buka puasa, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Satu di antara makanan yang perlu dihindari saat buka puasa adalah makanan yang mengandung banyak lemak jenuh, seperti gorengan dan makanan berlemak tinggi sebaiknya dihindari saat buka puasa. 

Selain itu, makanan dengan kandungan gula berlebih juga sebaiknya dihindari saat buka puasa. Mengonsumsi makanan yang tinggi gula dapat menyebabkan lonjakan gula darah secara cepat dan menurunkannya dengan drastis. 

Dalam memilih makanan saat buka puasa, penting untuk memperhatikan kesehatan tubuh dan menjaga pola makan yang seimbang. 

Berikut jenis-jenis makanan yang harus dihindari saat buka puasa, penting diketahui, Kamis (21/3/2024).

2 dari 4 halaman

Makanan yang Harus Dihindari saat Buka Puasa

1. Makanan Berlemak Tinggi

Hindari makanan yang tinggi lemak seperti makanan cepat saji, gorengan, dan makanan yang digoreng dalam minyak berlebih. Makanan berlemak tinggi sulit dicerna dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau merasa kenyang berlebihan.

2. Makanan Tinggi Gula

Rendahnya kadar gula dalam tubuh setelah berpuasa dapat membuat kita mudah merasa lelah dan lesu. Maka, hindari makanan yang tinggi gula seperti minuman bersoda, jus buah yang manis, dan makanan penutup yang mengandung banyak gula.

3. Makanan Pedas

Saat berbuka puasa, sebaiknya hindari makanan yang terlalu pedas. Makanan pedas dapat meningkatkan risiko iritasi lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Jika kamu menyukai makanan pedas, pilihlah yang tetap dapat dijangkau oleh tubuh seperti sambal cabai hijau atau pedas ringan.

 

3 dari 4 halaman

Makanan yang Harus Dihindari saat Buka Puasa

4. Makanan Berprotein Tinggi

Sebaiknya hindari makanan yang tinggi protein, seperti daging merah, selama berbuka puasa. Ketika tubuh berpuasa, produksi asam lambung dapat meningkat, dan mengonsumsi makanan tinggi protein dapat menyebabkan kelebihan asam lambung dan perut kembung.

5. Minuman Berkafein

Menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi adalah penting selama bulan puasa.

Kafein dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat kita merasa lebih lelah.

6. Makanan Cepat Saji

Hindari makanan cepat saji selama berbuka puasa. Makanan cepat saji umumnya tinggi lemak, gula, dan garam, serta rendah serat.

Mengonsumsi makanan cepat saji secara teratur dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Harus Dihindari saat Buka Puasa

 

7. Makanan Tinggi Garam

Batasi konsumsi makanan yang tinggi garam saat berbuka puasa. Makanan yang mengandung banyak garam, seperti keripik, makanan kalengan, dan saus khusus dapat menyebabkan retensi air, kenaikan tekanan darah, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

8. Makanan Manis Buatan

Hindari makanan yang menggunakan pemanis buatan, seperti aspartam dan sukralosa, saat berbuka puasa. Meski rendah kalori, pemanis buatan dapat menyebabkan peningkatan hasrat makan yang tidak sehat dan meningkatkan risiko obesitas.

9. Makanan bersantan

Makanan yang mengandung santan, seperti gulai, rendang, dan masakan berkuah santan lainnya, sebaiknya dihindari saat berbuka puasa.

Makanan bersantan yang tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, makanan bersantan cenderung berat dan sulit dicerna.

 

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer