Sukses


Manfaat Senam Yoga yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Senam yoga adalah satu di antara bentuk kegiatan olahraga yang berasal dari India dan telah dikenal dan dipraktikkan di seluruh dunia.

Senam yang melibatkan gerakan tubuh dan pernapasan ini telah menjadi satu di antara cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan spiritual.

Sejarah senam yoga bermula dari sekitar 5000 tahun lalu di India. Pada awalnya, senam yoga dikembangkan oleh para pemeluk agama Hindu dan digunakan sebagai bagian dari praktik spiritual mereka.

Para yogi di India percaya bahwa dengan menggabungkan gerakan tubuh, meditasi, dan teknik pernapasan, mereka dapat mencapai kesatuan dengan alam semesta dan mencapai pencerahan spiritual.

Pada saat itu, ajaran senam yoga sebagian besar disampaikan secara lisan dari guru kepada murid. Namun, pada abad ke-2 Masehi, seorang cendekiawan bernama Patanjali merangkum prinsip-prinsip dasar senam yoga dalam karya monumentalnya yang disebut "Yoga Sutra".

Karya ini menjadi landasan bagi praktik senam yoga hingga saat ini.

Pada abad ke-19, ide mengenai senam yoga mulai menyebar ke negara-negara Barat melalui sejumlah guru India yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Sesampainya di Barat, senam yoga mulai diadopsi oleh praktisi dan umumnya dikaitkan dengan kebugaran fisik.

Secara bertahap, senam yoga menjadi kian populer di kalangan masyarakat Barat dan berkontribusi pada peningkatan kesadaran akan manfaat olahraga untuk kesehatan dan kesejahteraan holistik.

Agar lebih jelas, berikut ini macam-macam manfaat senam yoga, Kamis (21/3/2024).

2 dari 3 halaman

Manfaat Senam Yoga yang Jarang Diketahui

Meningkatkan Fleksibilitas

Senam yoga melibatkan berbagai gerakan tubuh yang merentangkan otot-otot dan meningkatkan fleksibilitas. Ini membantu meningkatkan rentang gerak sendi, mengurangi kekakuan otot, dan meningkatkan mobilitas tubuh.

Membangun Kekuatan

Kendati senam yoga terkenal karena meningkatkan fleksibilitas, banyak gerakan dalam yoga juga membantu membangun kekuatan otot.

Posisi tertentu seperti plank, down dog, dan warrior pose melibatkan penggunaan otot-otot inti, lengan, kaki, dan punggung.

Meningkatkan Postur Tubuh

Praktik yoga secara konsisten membantu meningkatkan kesadaran postur tubuh. Melalui gerakan yang disengaja dan pemusatan perhatian pada penyeimbangan tubuh, yoga membantu memperbaiki postur tubuh yang buruk dan mengurangi ketegangan otot yang disebabkan oleh postur yang tidak tepat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Senam Yoga yang Jarang Diketahui

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Satu di antara manfaat yang paling dikenal dari yoga adalah kemampuannya untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Latihan pernapasan dalam yoga, bersama dengan meditasi dan relaksasi, membantu menenangkan pikiran, mengurangi tingkat hormon stres, dan meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

Meningkatkan Keseimbangan Emosional

Praktik yoga secara teratur dapat membantu meningkatkan keseimbangan emosional dengan membantu mengatur dan mengelola reaksi emosional.

Ini dapat membantu dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari dengan lebih tenang dan penuh kesadaran.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Beberapa pose yoga dan teknik relaksasi dapat membantu meredakan ketegangan otot dan mengurangi kecemasan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas tidur.

Praktik yoga sebelum tidur dapat membantumu bersantai dan mempersiapkan tubuh untuk tidur yang nyenyak.

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Melalui latihan meditasi dan kesadaran, senam yoga membantu meningkatkan kemampuan fokus dan konsentrasi. Ini membantu meningkatkan produktivitas, kinerja mental, dan kejernihan pikiran.

 

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer