Sukses


Pelita Jaya Rekrut Mantan Pemain NBA untuk Bersaing di BCL Asia 2024

Bola.com, Jakarta - Pelita Jaya yang berstatus sebagai runner-up IBL 2023 mendapatkan tempat untuk mewakili Indonesia di kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 bersama Prawira Bandung. Pelita pun merekrut mantan pemain NBA untuk berlaga di ajang tersebut. 

Klub basket ibu kota itu harus melalui babak kualifikasi terlebih dulu melawan tim dari Asia Timur dan Tenggara untuk dapat lolos ke putaran final BCL Asia.

Kualifikasi BCL Asia akan dilaksanakan di dua tempat, yakni di Mongolia dan Indonesia. Putaran pertama kualifikasi akan berlangsung di Ulaanbaatar pada 3-7 April 2024. Sementara itu putaran kedua diadakan di Jakarta pada tanggal 23-26 April 2024.

Putaran kedua akan menggunakan format single-round robin dan dua klub teratas akan lolos ke Liga Champions Bola Basket Asia (BCL Asia).

Menghadapi kejuaraan basket paling bergengsi se-Asia tersebut, Pelita Jaya mempersiapkan timnya dengan serius. Tim yang menjuarai IBL 2017 itu memperkenalkan dua pemain asing teranyar mereka pada jumpa pers di Garden Avenue Rasuna, Rabu (20/2/2024).

Dua nama tersebut adalah JaQuori McLaughlin dan Justin Donta Brownlee yang disiapkan Pelita Jaya untuk berlaga di kualifikasi BCL Asia dan sisa laga IBL musim ini.

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Rekam Jejak Pemain Anyar

JaQuori McLaughlin yang berposisi sebagai guard pernah membela klub NBA, Dallas Mavericks. Namun, pemain berusia 26 tahun itu hanya semusim berseragam klub asal Dallas tersebut setelah kontraknya dilepas pada Januari 2022.

Meskipun bermain sebentar, JaQuori membukukan sejumlah penghargaan di musim tersebut, di antaranya adalah Big Honorable Mention All-American – AP (2021) dan West tournament MVP (2021).

Selain JaQuori McLaughlin, Pelita Jaya juga merekrut pemain timnas basket Filipina, Justin Donta Brownlee. Pemain yang pernah membela New York Knicks di NBA Summer League 2012 ini merupakan pemain yang cukup tajam. Saat berseragam San Miguel Alab Pilipinas pada 2018, Brownlee mencatatkan 21,8 poin per laga, tertinggi sepanjang kariernya.

 

3 dari 4 halaman

Alasan Boyong 2 Pemain Impor

Kemampuan yang dimiliki oleh dua pemain asing tersebut diharapkan dapat mendongkrak kualitas klub yang telah berusia 30 tahun itu dalam menghadapi kualifikasi BCL Asia. Manajemen Pelita Jaya pun mengungkapkan ingin membawa klubnya dapat melaju jauh ke BCL Asia musim ini.

“Kenapa ada dua pemain impor, alasannya kami mau berangkat dan membentuk tim yang membuat kami lolos ke ronde berikutnya. Pelita Jaya sangat antusias sekali menghadapi BCL, bukan hanya untuk berangkat saja,” ungkap Andiko Purnomo, Presiden Pelita Jaya, kepada awak media, dalam konferensi pers, Rabu (20/3/2024). 

Andiko juga menambahkan Pelita Jaya akan rela berdarah-darah demi mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Selain kepada pemainnya, ia juga berharap media juga dapat mengawal tim dengan memberikan dukungan dalam bentuk apa pun.

Pelita Jaya akan fokus untuk berlaga di kualifikasi putaran pertama yang berlangsung di Mongolia. Tim berseragam oren itu tergabung ke dalam Grup B bersama Hi-Tech Basketball Club (THA), Adroit Club (SG), Pelita Jaya Basketball (IDN), dan juara Liga Mongolia musim 2023/2024.

4 dari 4 halaman

Sistem Kualifikasi

Dalam perjuangan di babak kualifikasi, Prawira Harum Bandung tergabung di Grup A bersama wakil dari Malaysia (NS Matrix Deers), Hong Kong (Hong Kong Eastern) dan Mongolia (runner up kompetisi di Mongolia).

Kemudian untuk Pelita Jaya akan bersaing mulai dari Grup B dengan wakil Thailand (Hi-Tech Basketball Club), juara kompetisi Mongolia, dan Singapura (Adroid Club).

Pada babak kualifikasi pertama di Mongolia, setiap tim akan bermain sebanyak tiga pertandingan. Peringkat pertama Grup A dan B akan lolos ke babak kualifikasi yang kedua di Jakarta. Sementara peringkat dua dan tiga di tiap grup akan bertemu kembali secara silang, untuk memperebutkan tiket babak kualifikasi kedua di Jakarta.

Dengan begitu, empat tim akan bersaing di Jakarta untuk memperebutkan tiket ke BCL Asia 2024. Dua tim yang lolos dari babak kualifikasi di Jakarta akan bersaing kembali dengan tim-tim juara di masing-masing negara dari Korea Selatan, Jepang, China, dan Filipina. (Rayhan Nur Hakim)

Video Populer

Foto Populer