Sukses


Cara Mudah Bermain Catur untuk Pemula yang Bisa Dipelajari

Bola.com, Jakarta - Catur merupakan permainan strategi yang sangat populer dan telah dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Bermain catur membutuhkan ketelitian, pengamatan, dan analisis, dengan tujuan untuk menggiring raja lawan ke dalam situasi mat.

Catur dimainkan oleh dua orang dengan papan kotak berukuran 8x8 dan 32 buah bidak catur.

Secara umum, catur adalah permainan strategi yang menarik dan seru, tetapi juga bisa terlihat rumit dan sulit dipahami, terutama bagi pemula.

Meski begitu, sebenarnya ada beberapa cara mudah bagi pemula untuk memulai bermain catur. Dengan memahami beberapa cara ini, pemula dapat memulai permainan catur dengan lebih percaya diri.

Pada dasarnya, dalam menguasai catur latihan adalah kunci. Bermain dengan lebih sering, baik bersama teman, melalui komputer, maupun klub catur akan meningkatkan kemampuan kita secara signifikan.

Nikmati permainan, bersenang-senanglah, dan jadilah pemain catur yang handal.

Berikut cara mudah bermain catur untuk pemula yang bisa dipelajari, Senin (25/3/2024).

2 dari 6 halaman

Atur Papan dan Susun Bidak Catur

Dalam mengawali permainan catur, kamu harus mengatur papan dan menyusun semua bidak catur terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar permaianan dapat segera dimulai.

Penjelasan dari posisi setiap bidak catur adalah sebagai berikut:

  • Baris kedua diisi delapan pion;
  • Kedua benteng diletakkan di sudut kanan dan kiri pada baris pertama;
  • Kuda berposisi di samping benteng;
  • Gajah berada di sebelah kuda;
  • Ratu berposisi sebelah gajah dan berada pada kotak yang sesuai dengan warna bidak; dan
  • Raja mengisi kotak terakhir.
  • Urutan bidak-bidak ini harus sama pada kedua sisi papan.
3 dari 6 halaman

Ketahui Pergerakan Bidak Catur

Setiap bidak catur memiliki aturan dan caranya bergerak yang berbeda-beda. Pergerakan bidak catur ini juga wajib diketahui oleh pemain catur.

  • Raja (King)

Bidak catur raja hanya bisa bergerak satu kotak ke segala arah, baik naik, turun, samping, maupun diagonal.

Raja sangat berharga dan harus dilindungi karena termasuk satu di antara bidak catur yang terlemah.

  • Ratu (Queen) atau Menteri

Ratu atau menteri merupakan bidak catur terkuat yang paling berguna untuk melindungi buah, dan sering digunakan untuk serangan berganda.

Ratu mengombinasikan kekuatan gajah dan benteng sehingga dianggap paling berharga, selain raja.

  • Kuda (Knight)

Kuda merupakan bidak catur yang paling rumit, tetapi satu-satunya bidak yang bisa melompati buah lain. Kuda unggul untuk serangan tiba-tiba dan fork.

Kuda bergerak dengan bentuk "L" yang terdiri dua kotak horizontal lalu satu kotak vertikal, atau satu kotak horizontal dan dua kotak vertikal, ke arah manapun.

  • Gajah (Bishop)

Gajah biasanya unggul pada posisi terbuka. Buah catur ini hanya dapat bergerak secara diagonal, tetapi bisa bergerak sejauh mungkin hingga menyerang.

  • Benteng (Rook)

Benteng memiliki bentuk seperti menara istana. Bidak catur ini dapat melangkah sejauh yang diinginkannya, tetapi hanya maju, mundur, dan ke samping. Benteng bisa menyerang buah yang berada di jalurnya.

  • Pion (Pawn)

Meski pion merupakan buah catur paling dasar, pion juga sangat bagus untuk memerangkap lawan, bahkan bisa menciptakan skak mat pada raja.

Pion hanya dapat melangkah satu kotak ke depan, kecuali pada langkah pertama yang dapat melangkah ke depan dua kotak. Pion tidak dapat bergerak dengan langkah mundur.

Pion hanya memukul buah catur lain yang ada di depannya satu petak secara diagonal. Jika ada buah catur lain tepat di depannya, pion tak bisa melewatinya atau memukulnya.

4 dari 6 halaman

Siapa yang Melangkah Lebih Dahulu

Cara bermain catur yang ketiga yang perlu diketahui oleh pemula adalah menentukan siapa yang melangkah terlebih dahulu untuk memulai pertandingan tersebut.

Dalam permainan catur, pihak yang mendapatkan bidak berwarna putihlah yang membuat langkah pertama dan memulai pertandingan. Oleh sebab itu, biasanya pemegang bidak berwarna putih akan ditentukan terlebih dahulu sebelum permainan dimulai.

Biasanya, untuk menentukan siapakah pihak yang memainkan bidak berwarna putih, bisa menggunakan cara melempar koin ataupun menebak warna bidak catur yang disembunyikan.

Bila sudah menentukan siapakah yang mendapatkan bidak putih, permainan akan dimulai dengan pemain yang mendapatkan bidak putih membuat langkah pertamanya.

Kemudian, barulah pemain dengan bidak berwarna hitam melangkah. Kedua belah pihak kemudian saling bergantian menjalankan bidak mereka.

5 dari 6 halaman

Pahami Peraturan Dasar

Setelah mengetahui siapa yang melangkah lebih dahulu, kini kamu harus mengetahui apa saja aturan dasar dalam bermain catur.

Peraturan dasar dalam bermain catur adalah sebagai berikut.

  • Permainan catur memiliki dua orang pemain.
  • Ketika melakukan permainan, pemain harus melangkah bergantian dan pemain dengan bidak catur berwarna putih berjalan duluan.
  • Bidak tidak dapat melewati kotak yang sudah diisi bidak lain, kecuali bidak kuda yang memang memiliki langkah yang berbeda dan dapat melompati bidak lain.
  • Bidak yang sudah dipegang harus dijalankan, kecuali bidak tersebut tidak mungkin untuk dijalankan, seperti terhalang bidak lain atau kotak di depannya sudah terisi.
  • Setiap bidak memiliki nilai masing-masing,

- Pion bernilai 1;

- Kuda bernilai 3;

- Gajah bernilai 3;

- Benteng bernilai 5;

- Ratu bernilai 9; dan

- Raja menentukan pemenang.

  • Promosi; Ketika pion dapat mencapai kotak terakhir atau kotak pertama milik lawan, kamu dapat melakukan promosi. Promosi adalah mengganti pion tersebut dengan bidak yang lebih kuat, seperti benteng, kuda, gajah, bahkan ratu.
  • Check (Skak); Istilah atau tanda ketika bidak lawan berada dalam posisi yang dapat menyerang raja.
  • Dalam permainan, kamu  harus mengeluarkan raja dari skak dengan keluar dari kotak, memblokir dengan bidak lain, atau menyerang balik bidak penyerang.
  • Checkmate (Skakmat); Istilah untuk memberikan tanda bahwa raja dalam keadaan Skak, tetapi tidak bisa untuk dilindungi lagi.
  • Posisi raja dalam keadaan terkunci sehingga tidak bisa diblokir dan tidak dapat berpindah kotak. Menempatkan raja lawan dalam "skakmat" adalah satu-satunya cara untuk memenangkan permainan.
6 dari 6 halaman

Berlatihlah dengan Banyak Bermain

Hal terpenting yang dapat dilakukan agar kemampuan caturmu meningkat adalah banyak-banyak bermain catur.

Tak masalah apakah bermain di rumah dengan teman atau keluarga, maupun bermain online, kamu harus banyak bermain untuk dapat berkembang. Zaman sekarang mudah sekali menemukan permainan catur online.

 

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer