Sukses


Jenis-Jenis Makanan yang Tidak Baik untuk Kesehatan Gigi

Bola.com, Jakarta - Gigi sehat merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Perawatan yang baik, seperti rajin menyikat dan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi, dapat mencegah berbagai penyakit gigi yang dapat mengganggu kualitas hidup kita.

Selain itu, pola makan memiliki peran yang besar dalam menjaga kesehatan gigi.

Tidak semua makanan baik untuk kesehatan gigi. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi.

Satu di antara jenis makanan yang tidak baik untuk kesehatan gigi adalah makanan yang mengandung banyak gula.

Gula dapat menempel pada gigi dan menyebabkan terbentuknya plak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan gigi seperti karies.

Maka itu, mengurangi konsumsi makanan manis, seperti permen, cokelat, dan minuman bersoda, penting untuk menjaga kesehatan gigi.

Masih ada beberapa makanan lainnya yang tidak baik untuk kesehatan gigi, untuk mengetahuinya Anda bisa menyimak artikel ini.

Berikut jenis-jenis makanan yang tidak baik untuk kesehatan gigi, Jumat (22/3/2024).

2 dari 3 halaman

Makanan yang Tidak Baik untuk Kesehatan Gigi

1. Gula

Gula merupakan satu di antara penyebab utama kerusakan gigi. Bakteri dalam mulut memfermentasi gula menjadi asam, yang dapat merusak lapisan pelindung gigi (email) dan menyebabkan gigi berlubang.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula, seperti permen, cokelat, minuman bersoda, atau minuman manis lainnya, secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi.

2. Asam

Makanan dan minuman asam, seperti jeruk, tomat, atau minuman bersoda, dapat melarutkan email gigi. Jika konsumsi makanan asam berlebihan, kondisi yang disebut erosi gigi dapat terjadi.

Ketika gigi tererosi, lapisan terluar yang keras menjadi tipis dan menghilang, meningkatkan kemungkinan kerusakan gigi.

3. Minuman berkafein

Minuman berkafein, seperti kopi dan teh, memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Kandungan asam dalam minuman ini dapat merusak email dan menimbulkan gigi sensitif.

3 dari 3 halaman

Makanan yang Tidak Baik untuk Kesehatan Gigi

4. Makanan keras

Makanan keras, seperti es batu atau permen karet, dapat menyebabkan keretakan pada gigi atau merusak tambalan gigi yang ada. Mengunyah makanan keras juga dapat menyebabkan gigi sensitif dan gigi yang retak.

5. Makanan lengket

Makanan lengket, seperti permen karet, karamel, atau permen lengket lainnya, dapat menempel pada permukaan gigi dan sulit dibersihkan.

Hal ini dapat menyebabkan perkembangan plak dan karang gigi yang berbahaya bagi kesehatan gigi.

6. Makanan dan minuman berwarn

Makanan dan minuman berwarna seperti kopi, teh, anggur merah, atau pewarna makanan lainnya dapat menyebabkan noda pada gigi.

Noda-noda tersebut dapat membuat gigi terlihat kusam dan membutuhkan perawatan yang lebih intensif untuk mengembalikan kecerahan gigi.

 

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer