Sukses


Bacaan Doa untuk Anak Perempuan dalam Tulisan Arab dan Latin, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Doa merupakan satu di antara bentuk ibadah yang penting dalam kehidupan setiap muslim. Doa juga sangat dianjurkan untuk dipanjatkan orang tua kepada anaknya.

Satu di antara doa yang bisa dipanjatkan orang tua untuk anaka mereka adalah doa untuk anak perempuan.

Doa ini bertujuan agar anak perempuan tumbuh menjadi wanita yang salihah, pintar, dan berakhlak mulia. Doa ini juga akan melindungi mereka dari segala macam bahaya dan kesulitan dalam hidup.

Doa untuk anak perempuan bisa menjadi pengingat bagi mereka tentang pentingnya beribadah dan menjalani hidup yang baik.

Dalam doa ini, kita mohon perlindungan dari Allah dan meminta agar mereka diberikan kebahagiaan dan keberkahan dalam hidupnya.

Selain itu, doa untuk anak perempuan bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dalam doa ini, kita mohon agar Allah senantiasa melindungi dan membimbing mereka menuju jalan yang benar. 

Berikut bacaan doa untuk anak perempuan beserta artinya yang perlu diketahui, Jumat (22/3/2024).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa untuk Anak Perempuan

1. Doa untuk Anak Perempuan agar Menjadi Anak yang Pintar

Memberikan akses pendidikan kepada anak adalah satu di antara kewajiban orang tua. Selain menyekolahkan anak ke sekolah formal, sebagai orang tua juga tetap harus membimbing proses belajarnya di rumah.

Selain mengusahakan pendidikan anak yang berkualitas, memanjatkan doa untuk kecerdasan anak perlu dilakukan.

Berikut doa untuk anak perempuan agar tumbuh pintar dan bermanfaat bagi umat yang bisa Anda lafalkan:

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

“Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”

Artinya: "Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

2. Doa untuk Anak Perempuan Agar Rajin Beribadah

Selain mengupayakan ilmu pengetahuan bagi perkembangan anak, orang tua juga harus selalu mengajarkan dan mencontohkan praktik ibadah kepada Allah Swt. sejak dini.

Ada doa dari Nabi Ibrahin a.s. yang beliau bacakan untuk anak cucu serta keturunannya agar senantiasa selalu mendirikan salat dan rajin beribadah.

Doa ini sebagaimana firman dalam Al-Qur'an surah Ibrahim ayat 40 yang dipanjatkan oleh nabi Ibrahim kepada Allah Swt. agar beliau dan anak cucunya tekun mengerjakan salat dengan sebaik mungkin. Orang tua juga bisa membacakan doa ini untuk anak perempuannya.

Berikut bacaan doanya:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

“Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.”

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa untuk Anak Perempuan

3. Doa untuk Anak Perempuan Agar Selalu Beriman dan Bertakwa

Doa untuk anak perempuan agar selalu beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. juga penting dilakukan. Sebagai orang tua, tentu ingin memastikan bahwa anaknya tumbuh dengan iman dan takwa yang kuat kepada Allah Swt.

Dengan iman dan takwa, kehidupan akan menjadi makin berkah dan selalu tenang. Selain mengajarkan cara beriman dan bertakwa kepada Allah Swt., orang tua bisa membarenginya dengan berdoa.

Berikut bacaan doa untuk anak perempuan yang bisa dilafalkan:

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

“Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”

Artinya: "Dan orang-orang yang berkata: 'Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa'."

4. Doa untuk Anak Perempuan Memohon Kebaikan

Dalam setiap langkah kehidupan, para orang tua pasti menginginkan hal-hal baik mengitari buah hatinya. Tak ada orang tua yang ingin anaknya tumbuh di lingkungan yang buruk dan penuh hal-hal negatif. Untuk itu, sebagai orang tua harus selalu mengupayakan perbaikan dalam setiap aspek hidup sekeluarga.

Selain itu, orang tua pasti menginginkan anak selalu aman dan dilindungi dari orang-orang jahat. Kebaikan dan keselamatan anak di mana pun berada adalah prioritas yang harus selalu diperhatikan.

Berikut adalah doa untuk anak perempuan memohon kebaikan yang bisa dipanjatkan kepada Allah Swt.:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

“Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.”

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka."

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer