Sukses


6 Keutamaan Salat Tahajud di Bulan Ramadhan yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan, merupakan waktu yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia.

Selain menjalankan puasa wajib, Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. melalui berbagai ibadah sunnah, salah satunya adalah Salat Tahajud.

Salat Tahajud merupakan ibadah yang dilakukan pada malam hari, setelah tidur sejenak, kemudian bangun kembali untuk melaksanakan salat.

Keutamaan Salat Tahajud di bulan Ramadhan begitu besar, karena bulan ini memiliki keistimewaan tersendiri dalam mendatangkan rahmat dan ampunan Allah Swt.

Berikut keutamaan salat Tahajud di bulan Ramadhan yang perlu diketahui umat muslim, Jumat (22/3/2024).

 

2 dari 4 halaman

Keutamaan Salat Tahajud di Bulan Ramadhan

1. Doa akan Dikabulkan

Keutamaan salat Tahajud di bulan Ramadhan yang pertama yaitu doa akan dikablukan. Nabi Muhammad saw. bersabda:

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barang siapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barang siapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barang siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

2. Jembatan untuk Masuk Surga

Berikut bunyi hadis yang dikatakan oleh Rasulullah saw. saat itu kepada Abdullah Ibnu Muslim berkaitan dengan keutamaan salat Tahajud di bulan Ramadhan:

“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah salat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

 

3 dari 4 halaman

Keutamaan Salat Tahajud di Bulan Ramadhan

3. Amalan yang Membantu di Akhirat

Keutamaan salat Tahajud di bulan Ramadhan selanjutnya yaitu amalan yang akan membantu di akhirat kelak. Hal ini merujuk pada Al-Quran surah Az-Zariyat ayat 15-18, yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah Swt. berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

4. Kebiasaan yang Dilakukan Orang Saleh

Keutamaan salat Tahajud di bulan Ramadhan juga merupakan kebiasaan orang-orang yang saleh. Seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut:

“Biasakanlah dirimu untuk sholat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad).

5. Menjaga Kesehatan Rohani

Keutamaan salat Tahajud di bulan Ramadhan juga dapat dirasakan oleh rohani manusia. Allah Swt. telah berfirman dalam Al-Qur'an surah Al-Furqan ayat 63-64:

“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

 

4 dari 4 halaman

Keutamaan Salat Tahajud di Bulan Ramadhan

 

6. Menghapus Dosa

Selama menjalani kehidupan di dunia, manusia tidak pernah luput dari dosa, baik dosa besar dan dosa kecil. Dengan keistimewaan salat tahajud di bulan Ramadan, ada kesempatan untuk menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh hadis mengenai keistimewaan salat Tahajud di bulan Ramadhan yang dapat menghapus dosa:

“Lakukanlah salat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang salih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)

Setelah mengerjakan salat Tahajud di bulan Ramadhan, berdoalah kepada Allah Swt. Memohon ampunan atas dosa-dosa yang pernah diperbuat selama ini. Berdoa hingga menangis mengakui dosa bisa membuatmu tenang karena pada saat itu Allah Swt. berada sangat dekat denganmu.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Husnul Abdi. Editor: Anugerah Ayu Sendari. Published: 27/3/2023).

Baca artikel seputar Ramadhan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer